300 e-Warung Siap Melayani Penerima PKH di Tahun 2016

| September 26, 2016 | 0 Comments | 624 views

Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa mengatakan, tahun 2016 ini untuk program new initiative ditargetkan akan mencapai 300 warung elektronik atau e-warung di seluruh Indonesia.

“Tahun 2016 ini, program new initiative ditargetkan mencapai 300 e-warung, sedangkan untuk 2017 akan ditingkatkan menjadi 3.000, ” ujar Mensos di Palembang, Sumatera Selatan, Ahad (21/8).

New initiative, kata Mensos, dari Direktorat Jenderal (Ditjen) Penanggulangan Fakir Miskin (PFM) berupa Bantuan Pengembangan Sarana Usaha (BPSU) untuk Kelompok Usaha Bersama (KUBE).



“Insya Allah target tersebut akan dicapai dengan dukungan dari perbankan dan sekaligus bisa menjalin kerja sama penyediaan fasilitas untuk pengembangan BPSU-KUBE,” ucap Khofifah.

Perubahan format pencairan dana Conditional Cash Transfer (CCT) atau Program Keluarga Harapan (PKH) menjadi berbasis keuangan digital ternyata banyak membawa dampak positif. yakni semakin tepat jumlah, tepat sasaran, serta tepat kualitas.

Penerima PKH akan menerima kartu seperti ATM yang bisa bertransaksi di e-warung menggunakan mesin Electronic Data Capture (EDC), sekaligus bisa melakukan pengecekan jenis bantuan yang diterima.

“Penerima PKH akan menerima kartu seperti ATM dan bisa digunakan untuk membeli empat kebutuhan pokok, yaitu beras, gula, minyak serta terigu di e-warung terdekat,” kata Khofifah.

Saat ini, Kota Malang sudah selesai 100% pelaksanaan e-warung dan Palembang merupakan kota ke-11 di Indonesia yang telah meluncurkan program serupa.

“Alhamdulillah telah selesai peluncuran e-warung di Palembang, semoga para penerima PKH bisa lebih merasakan manfaat dan kemudahan untuk memenuhi kebutuhan pokok yang berkualitas, ” tandas Khofifah.

Selain itu, penyerahan bantuan sosial (bansos) berupa KKS dari Mensos untuk penerima manfaat 3 orang, paket sembako 3 orang, KUR dari BRI untuk 3 orang.

Bantuan untuk Kabupaten Empat Lawang, berupa 160 KUBE @20 juta Rp 3,2 milyar; bantuan untuk Kabupaten Banyuasin, berupa 160 KUBE @20 juta  Rp 3,2 milyar dan RS-RTLH 90 unit @15 juta Rp 1,3 milyar.

Sedangkan, bantuan untuk Kabupaten Oku Selatan, berupa 140 KUBE @20 juta Rp 2,8 milyar; bantuan di Kabupaten Lahat, berupa 60 KUBE @20 juta  Rp 1,2 milyar; Bantuan di Kabupaten Pali, berupa RS-RTLH 50 unit @15 juta Rp 750 juta.

Acara dilanjutkan dengan peninjauan ke lokasi dan peresmian e-warung di rumah Ibu Masunah dan ujicoba penarikan tunai, serta ujicoba pembelian sembako.

Comments

comments

Category: Berita Utama

Close