Agus dan Ogik, Kakak Beradik Berprestasi Program Keluarga Harapan Asal Sukawati

Oleh | Pada November 6, 2018

Agus dan Ogik, Kakak Beradik Berprestasi Program Keluarga Harapan Asal Sukawati,  I Putu Agoes Andika Putra dan I Kadek Oggy Kusuma Putra merupakan anak dari pasangan suami istri I Wayan Putra dan Gusti Ayu Made Agung Budariani. Keluarga harmonis ini mendapatkan bantuan PKH sejak awal tahun 2018 dibawah pendampingan I Made Winarta pendamping PKH Kecamatan Sukawati. Agus dan Ogik sapaan akrab mereka, merupakan kakak beradik yang tercatat sebagai siswa kelas 3 SMA N 1 Sukawati dan kelas 3 SMP N 3 Sukawati. Kakak beradik ini memiliki segudang prestasi di bidang non akademis yaitu olahraga tenis meja. Kemampuan Agus dan Ogik bermain tenis meja terlihat saat keduanya duduk dibangku Sekolah Dasar, dari sinilah berbagai usaha dilakukan dua bersaudara ini agar menjadi pemain tenis meja yang handal. Tiada hari tanpa latihan tenis meja, sepulang sekolah mereka menyediakan waktu untuk berlatih, dihari liburpun dua bersaudara ini tetap semangat berlatih.

 Keterangan foto: Agus dan Ogik saat menjuaraiperlombaan tenis meja



Orangtua menjadi sistem sumber internal untuk kesuksesan anak-anaknya. Orangtua menjadi orang terdekat yang memberikan dukungan emosional dan materiil kepada anak-anak untuk mencapai cita-cita. Sama halnya dengan orangtua Agus dan Ogik, mereka selalu memberikan dukungan untuk buah hatinya. Ayah kedua anak laki-laki ini bekerja sebagai buruh dan sang ibu bekerja sebagai pembuat banten (sesajen untuk sembahyang adat Bali). Pendapatan mereka tidak tentu setiap bulannya, bisa makan dan minum saja mereka sudah bersyukur. Ketika tidak memiliki uang, mereka mencari pinjaman uang agar buah hatinya tetap bersekolah dan tetap berlatih di klub olahraga tenis meja. Tentunya usaha yang dilakukan orangtua Agus dan Ogik tidak sia-sia. Saat ini Agus dan Ogik telah menjadi pemain tenis meja yang layak diperhitungkan.

Berikut adalah prestasi yang didapatkan Agus:

  1. Juara II Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) SD Cabor Tenis Meja Tingkat Provinsi Bali tahun 2012.
  2. Juara I Pekan Olahraga dan Seni (PORSENI) Pelajar Cabor Tenis Meja Kabupaten Gianyar tahun 2014.
  3. Juara III Kejuaraan Nasional Tenis Meja Bali Open tahun 2013.
  4. Juara I Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) SMP Cabor Tenis Meja Tingkat Provinsi Bali  tahun 2015.

Prestasi yang didapatkan Ogik:

  1. Juara III Pekan Olahraga dan Seni (PORSENI) Pelajar Kabupaten Gianyar tahun 2014.
  2. Juara II Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) SD Cabor Tenis Meja Tingkat Provinsi Bali  tahun 2014.

Atas kerja kerasnya, Agus dan Ogik mendapatkan sejumlah uang pembinaan dari perlombaaan yang diikuti. Uang tersebut digunakan untuk memenuhi keperluan sekolah, ditabung dan diberikan kepada orangtua untuk memenuhi keperluan rumah tangga. Dua bersaudara ini juga mendapatkan beasiswa dari sekolah, sehingga mereka tidak perlu membayar uang SPP. Bahkan Agus mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan pendidikan ke Universitas Udayana. Sungguh kebanggaan bagi orangtuanya melihat buah hatinya berprestasi dan membantu memperbaiki perekonomian keluarga.

Sama seperti anak-anak lainnya, Agus dan Ogik memiliki cita-cita yang harus mereka wujudkan. Agus bercita-cita menjadi polisi dan Ogik bercita-cita menjadi dokter. Mari kita doakan bersama, agar cita-cita kakak beradik ini tercapai.

Oleh: Ditya Insani Uji, S.Tr.Sos (Pekerja Sosial Supervisor Kab. Gianyar-Bali)

Join our list

Masukan Email aktif anda dan dapatkan pemberitahuan lewat email

Selamat Cek email Klik * Konfirmasi Ikuti*

Something went wrong.

Tags:

Category: PKH Inspiration

Close