‘Amukan’ Pendamping untuk Coaching P2K2 PKH Kabupaten Gorontalo Utara

| Februari 6, 2018 | 0 Comments | 3.999 views

GORUT- Pendamping Sosial Kab. Gorut mengikuti coaching P2K2 yang dilaksanakan oleh Korkab PKH Gorut, Supervisor PKH Gorut dan Tim Diklat FDS Kab. Gorut bekerjasama dengan Dinas Sosial Kab. Gorontalo Utara. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatan pemahaman pendamping dalam melaksanakan praktek P2K2 dan mengatasi permasalahan-permasalahan yang dihadapi dalam setiap pertemuan kelompok. Tujuan lain adalah untuk penyesuaian praktek P2K2 dengan modul P2K2 yang memiliki sesi dan langkah dengan memperhatikan metoda dan teknik penyampaian untuk para KPM.

Teknik dan metoda praktek yang dilakukan dalam kegiatan ini berpedoman langsung pada modul panduan P2K2/FDS. Sebelum kegiatan ini terlaksana para pendamping telah di coaching kelas besar pada tanggal 1 Februari 2018 dengan menjelaskan dasar P2K2/FDS, tujuan, manfaat dan apa keuntungan yang diperoleh baik dari pendamping dan juga untuk KPM. Coaching kelas besar dilakukan oleh Korkab PKH Kab. Gorut, Tim Diklat PKH Kab. Gorut, dan Supervisor PKH Kab. Gorut. Peserta keseluruhan adalah para pendamping yang super antusias dari Kab. Gorut.

Proses praktek dalam kegiatan ini adalah perencanaan lanjutan untuk melihat seberapa jauh pemahaman pendamping dalam proses pelaksanakan P2K2. Telah ditekankan lebih awal bahwa dalam proses latihan lapangan ‘tak ada yang salah’ atau menjadi bahan evaluasi dari tim PPKH Kab. Gorontalo Utara sebagai perbaikan kedepan. Tahap evaluasi menjadi sangat penting untuk dapat memetakan masalah dan mencari solusi perbaikan kedepan.



Kegiatan ini secara resmi dibuka oleh Kepala Dinas Sosial Kab. Gorut, Moh. Suprizal Jusuf, Senin, 5 Februari 2018 pukul 09.00 WITA bertempat di Lokasi Apel Dinas Sosial Kab. Gorut. Beliau sangat mengapresiasi kegiatan ini karena dapat membantu mempercepat proses pengembangan SDM PKH di Kab. Gorut. Beliau juga menyampaikan bahwa PKH merupakan program tangguh dari pemerintah melalui Kementrian Sosial untuk penurunan gini ratio secara drastis, khususnya di Kabupaten Gorontalo Utara.

Seluruh pendamping terbagi mnjadi 3 (tiga) kelompok kecil dan berpraktek di 3 (tiga) tempat, yakni Desa Molingkapoto, Desa Molingkapoto Selatan, dan Desa Botungobungo Kec. Kwandang, Kab. Gorut. Terlihat dalam proses pembuatan kelompok hingga proses pelaksanaan di lapangan para pendamping sangat antusias mengikuti pengarahan awal hingga seluruh proses kegiatan selesai.

Para KPM sangat antusias dalam merespon kegiatan yang dilakukan oleh pendamping PKH, terlihat dalam satu sesi diskusi dalam P2K2, KPM merespon aktif pertanyaan dari para pendamping. “saya ingin anak bersekolah dengan baik, anak senang bermain dengan saya, saya harus selalu bisa manahan amaran, berpikir yang baik baik, tidak langsung pukul anak apabila salah, dan saya berdoa semoga anak saya menjadi polisi, sesuai dengan kemauan besarnya” – tanggap Ibu Sinta (KPM) disesi diskusi P2K2 di Desa Molingkapoto Selatan.

Setelah kegiatan ini diharapkan para pendamping mampu mengembangkan serta berkreasi baik dari teknis maupun non teknis yang ada di lapangan terkait pelaksanaan proses P2K2. Hasil dan langkah awal kami seluruh elemen PKH di Kabupaten Gorontalo Utara untuk peningkatan kesejahteraan sosial di Indonesia, khususnya di Kab. Gorontalo Utara tercinta.

Salam PKH
Salam P2K2 PKH
Dari wilayah Gorontalo Bagian Utara kami melaporkan.

Penulis: RIZMAL HAMIDJUN, S.Tr.Sos – Supervisor Kab. Gorontalo Utara, Gorontalo

Comments

comments

Tags:

Category: FDS PKH

Close