ANAK KPM PKH LAMPUNG TIMUR UKIR PRESTASI MEMBANGGAKAN

Oleh | Pada Juli 25, 2018

Belajar adalah perubahan yang relatif permanen dalam perilaku atau potensi perilaku sebagai hasil dari pengalaman atau latihan yang diperkuat. Belajar merupakan akibat adanya interaksi antara stimulus dan respon. Seseorang dianggap telah belajar sesuatu jika dia dapat menunjukkan perubahan perilaku (wikipedia). Belajar juga tidak mengenal usia,golongan, ruang dan waktu. Bahkan ada istilah pepatah yang berbunyi “Belajar dimulai dari buaian hingga sampai liang lahat”. Hal ini yang menjadi salah satu motivasi beberapa anak KPM PKH untuk terus belajar dan berprestasi meski ditengah kondisi ekonomi keluarga yang minim. Seperti yang terjadi di Kabupaten Lampung Timur ada beberapa anak KPM PKH yang mengukir prestasi akademik maupun non akademik tepatnya di kecamatan Way Jepara. kabar baik ini tidak terlepas dari peran beberapa pihak baik keluarga,sekolah,lingkungan maupun anak KPM itu sendiri.

Diah Andreani (18), Putri dari Ibu Lastri yang merupakan salah satu keluarga penerima manfaat PKH di desa Sri Rejosari. Meskipun kondisi ekonomi keluarganya sederhana namun tidak membuat dia patah semangat dan putus asa. Pembawaan yang kalem dan santun tidak banyak yang tahu bahwa ternyata dia adalah seorang pendekar bela diri atau pencak silat. Bahkan menjuarai beberapa perhelatan perlombaan mulai tingkat kecamatan,kabupaten,provinsi hingga tingkat  nasional. Beberapa prestasi yang telah berhasil ditorehkannya adalah :

  1. Juara 2 kelas b putri pencak silat Batavia utara championship 23-26 Oktober 2017 (nasional) ,
  2. Juara 2 kelas 2 b putri (perak) pencak silat Lampung championship 2017 (provinsi Lampung),
  3. Juara 3 seni tunggal putri try out pencak silat Persaudaraan Setia Hati Terate tingkat provinsi Lampung, 29-31 Desember 2016,
  4. Juara 2 cabang pencak silat tunggal putri pada Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (o2sn) 14-15 Maret 2016,
  5. Juara 3 seni tunggal putri pada Turnamen SH Cub kabupaten Lampung Timur 25-26 Februari 2017,
  6. Juara 3 kelas a putri pada Turnamen SH Cub 25-26 Februari 2017.



selain itu, siswi yang punya hobi beladiri ini baru saja diterima di perguruan tinggi Universitas Lampung (UNILA)  jurusan Tekhnik Geodesi melalui  jalur beasiswa Bidik Misi. Dia bercita-cita ingin menjadi salah satu inspirasi untuk anak-anak KPM PKH lain di lingkungannya.

Ela Nur Anisa (18), mahasiswi baru penerima beasiswa Bidik Misi jurusan Pendidikan Kimia di Universitas Lampung (UNILA). Lahir dari pasangan bapak Mustakim dan Ibu Maratus Solekah yang merupakan salah satu penerima manfaat PKH di desa Braja Sakti. Hidup ditengah keluarga yang sederhana tidak membuatnya minder dan pesimis. Bahkan, Ela sapaan akrabnya berhasil menorehkan sebuah prestasi yang membanggakan yaitu juara 2 LCT Kimia SMA/Sederajat Se-Provinsi Lampung 27 Agustus 2017 di UNILA. Prestasi ini tentunya mampu memberikan sebuah motivasi untuk dirinya maupun untuk lingkungan sekitarnya.

Lain halnya dengan Yana Setiawati (17), siswi kelas 12 MA Ash-Shidiqi Mataram Baru yang jago berbahasa Inggris dan pidato ini tinggal dan dibesarkan oleh neneknya yakni ibu Trubus yang merupakan salah satu penerima manfaat  PKH di desa Braja Fajar. Sejak kecil dia ditinggalkan oleh bapak dan ibu di tempat neneknya. Yana sapaan akrabnya, kini menjalani aktivitas belajarnya di Madrasah dan Pondok Pesantren. Tempat dimana ia menempa diri dan mengasah potensi dirinya. Walaupun ditengah keterbatasan kasih sayang dari orang tuanya tidak membuatnya minim prestasi, seperti menjuarai beberapa kegiatan perlombaan baik tingkat sekolah maupun tingkat kabupaten. Beberapa raihan prestasi yang berhasil ditorehkannya adalah :

  1. Juara 1 lomba dai kegiatan 6th Gebyar Smansawara Competition antar SMA se-Lampung 10 April 2018
  2. Juara 3 cabang Khat Hias Mushaf putri dalam MTQ XIV tingkat kabupaten Lampung Timur 24-27 November 2015
  3. Juara 2 MC dalam GEBYAR KPM IAIN Metro se-kecamatan Mataram Baru 18 Februari 2018
  4. Juara 1 lomba Tahfidz Putri (umum) Gebyar Milad Yayasan Ash-Shidqi Mataram Baru 21 April 2018
  5. Juara 1 lomba pidato tingkat MTS Darul Huda 2 dan MA Ash-Shidiqi 11 Januari 2016
  6. Juara 2 lomba Kaligrafi tingkat MTS Darul Huda 2 dan MA ash-shidiqi 11 Januari 2016
  7. Juara 2 Lomba Kaligrafi Putri Gebyar Milad Yayasan Ash-Shidiqi Mataram Baru 21 April 2018

Yana berharap kedepan dia dapat melanjutkan jenjang pedidikannya di Perguruan Tinggi setelah dia menyelesaikan pendidikannya di Madrasah. Dia bercita-cita menjadi salah satu orang yang mampu memberikan pengalaman dan ilmunya kepada orang lain khususnya di pesantren yang telah membesarkannya.

Sejak PKH direalisasikan di Kabupaten Lampung Timur yakni pada tahun 2014 telah banyak memberikan manfaat yang signifikan. Manfaat itu meliputi bidang kemandirian ekonomi melalui KUBE PKH,bidang perilaku hidup atau pola piker melalui P2K2,bidang pendidikan dan prestasi melalui penjaringan siswa-siswi prestasi dan bidik misi. Hal ini perlu lebih dioptimalkan lagi terutama oleh stakeholder terkait dan SDM PKH itu sendiri agar dapat mendapatkan capaian yang maksimal.

Penulis: Mustajab,S.Pd Pendamping Sosial Kecamatan Way Jepara Kabupaten Lampung Timur

Foto: Diah Andreani dan Pendamping Sosial Kusnudin


Foto: Yana Setiawati dan Pendamping Sosial Mustajab


Foto: Ela Nur Anisa dan Pendamping Sosial Rin Nanik

Join our list

Masukan Email aktif anda dan dapatkan pemberitahuan lewat email

Selamat Cek email Klik * Konfirmasi Ikuti*

Something went wrong.

Category: PKH Inspiration

Close