Anak Penerima Manfaat Program Keluarga Harapan Peraih medali emas di Asian Games 2018

Oleh | Pada Agustus 28, 2018

RIO Risky Darmawan, atlet dayung peraih medali emas pada Asian Games 2018, merupakan anak dari pasangan Rasna, 39, dan Nasir A, 40, Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH). Yang tergabung dalam team Tim dayung putra Indonesia  bersama dengan  Tanzil Hadid, Muhad Yakin, Rio Rizki Darmawan, Jefri Ardianto, Ali Buton, Ferdiansyah, Ihram, Ardi Irsadi, dan Ujang Hasbulloh yang tampil di nomor kelas ringan delapan putra

Rio Risky Darmawan adalah anak dari Ibu Rasna (39 tahun) dan Ayahnya Nasir A (40 tahun), Keluarga Penerima Manfaat (KPM) PKH tahun 2018. Lahir di desa Tompi Bugis 27 November 1998.  Anak pertama dari empat bersaudara ini, di kenal sangat ramah dengan orang lain.  Rio Risky memiliki adik bernama Roi Fitrawan (13 tahun) Sekolah di SMP 13 Palu, Khazana (8 Tahun) sekolah di SDI Tompi Bugis, dan Akifa Naila (4 tahun) yang masih TK.



“Rio tidak ada niat terbayang-bayang mau jadi atlet dayung, dia hanya direkrut oleh Pak Jufri sebagai kepala sekolah. Sejak awal, dia sama sekali tidak memiliki hobi itu. Di kampungnya juga enggak ada danau atau laut untuk berlatih atau semacamnya. Setelah direkrut Pak Jufri tahun 2014, barulah Rio menjadi tertarik dan mengikuti banyak pelatihan hingga sejumlah perlombaan,” ujar Aziz Wilkerson, pendamping keluarga Rio di Program Keluarga Harapan (PKH), Tentu, emas dan segudang prestasi yang ditorehkan, bukan tercipta secara instan. Butuh waktu selama empat tahun untuk mematangkan bakat Rio. Terlebih untuk dipilih menjadi salah satu kontingen di Asian Games, Rio harus bersaing dengan puluhan atlet.

Lahir dari keluarga kurang mampu, dibesarkan dan didik oleh orang tua dirumah sederhana, hidup di daerah pegunungan bukan menjadi penghalang bagi Rio Risky untuk meraih prestasi.  Dia tidak pernah bercita-cita untuk menjadi seorang atlet dayung yang membawa nama Indonesia di ajang terbesar se ASIA (ASIAN GAMES). Tahun 2014 sejak masuk di PPLP Sul-teng berdasarkan rekomendasi oleh seorang bapak Muh. Jufri yang kini telah menjadi Kepala Sekolah SMANOR tadulako Palu, Rio Risky menemukan bakat mendayungnya.  Sejak itulah Rio Risky memulai kariernya menjadi seorang atlet dayung Indonesia.


Sebelum meraih medali emas pada ASIAN GAMES Jakarta-Palembang 2018 pada cabor Dayung Rowing LM8+, sudah banyak lomba-lomba dan event-event yang diikuti oleh Rio Risky dan meraih prestasi diantaranya

  1. POPNAS PPLP Tahun 2014 di Makasar, meraih juara 4
  2. POPNAS XII di Jawa Barat tahun 2015, meraih 1 perak
  3. KEJURNAS Dayung antar PPLP/PPLPD Tahun 2015 di Ambon, meraih 2 emas
  4. PON XIX 2016 di Jawa Barat meraih perunggu
  5. South East Asian Rowing Federation (SEARF) di Viet Nam tahun 2017 meraih perak
  6. ASIAN Rowing CUP di Palembang tahun 2017 meraih 1 emas.
  7. ASIAN CUP II di Singapura tahun 2018 meraih 2 emas.

Rio Risky yang merupakan alumni SMANOR Tadulako Palu tahun 2017 itu, SMP 6 Sigi (2014), SDI Tompi Bugis (2011), membuktikan bahwa segala keterbatasan yang dimilikinya, keterbatasan ekonomi keluarga, keterbatasan daerah kulawi selatan, Sigi yang tidak memiliki laut dan danau, keterbatasan akses, jauh dari perkotaan, bukanlah menjadi penghalang untuk “mendayung semangat perjuangan” sampai menuju kesuksesannya.

Harapan Aziz tak begitu muluk. Dia hanya menginginkan Rio mendapat perhatian lebih dari pemerintah, seperti fasilitas beasiswa atau tabungan pendidikan. Pasalnya, keluarga Rio kini tercatat sebagai penerima Keluarga Penerima Manfaat Program Keluarga Harapan (KPM PKH)

Semoga Rio Risky, menjadi inpirasi dan semangat bagi anak-anak dan Keluarga Penerima Manfaat (KPM) PKH di Indonesia bahwa tidak ada yang mustahil selagi masih ada kemauan. Rio Risky.. Teruslah berjuang dan mengharumkan nama BANGSA INDONESIA…!

KLIK DISINI LIHAT DI INTAGRAM : @PROGRAM KELUARGA HARAPAN – PKH

Dari Pegunungan Kec. Kulawi Selatan, Mendayung Kebanggaan Hingga Ke ASIAN GAMES Jakarta-Palembang 2018
Oleh: Azis Wilkerson (Pendamping PKH Kec. Kulawi Selatan. Sigi)

 

Baca Juga Medali Emas Asian Games 2018, Anak Penerima Manfaat Program Keluarga Harapan

Join our list

Masukan Email aktif anda dan dapatkan pemberitahuan lewat email

Selamat Cek email Klik * Konfirmasi Ikuti*

Something went wrong.

Tags: , ,

Category: PKH Inspiration

Close