Anggaran 10 Juta Keluarga Penerima PKH 2018 Di teken Presiden Joko Widodo

Oleh | Pada April 5, 2017

Presiden Joko Widodo setuju usulan Kementerian Sosial untuk menambah keluarga penerima Program Keluarga Harapan (PKH) di Indonesia.

Pemerintah sudah menyiapkan anggaran besar untuk penambahan penerima PKH tahun 2018 mendatang tersebut.

“Akan kita tambah anggaran (demi penambahan PKH),” ujar Jokowi dalam pembukaan sidang kabinet paripurna di Istana Negara, Jakarta, Selasa (4/4/2017).



Saat ini, penerima PKH se-Indonesia mencapai 6 juta keluarga. Tahun 2018, pemerintah akan menambah jumlah penerima menjadi 10 juta keluarga.

“Sekali lagi (penerima PKH) ditingkatkan sasarannya dari 6 juta menjadi 10 juta keluarga,” ujar Jokowi.

Meski demikian, Jokowi tidak menjelaskan berapa jumlah biaya yang akan digelontorkan pemerintah untuk penambahan penerima PKH tersebut.

Pemerintah rela menggelontorkan banyak anggaran untuk program tersebut karena dinilai ampuh mengatasi persoalan kemiskinan.

“PKH ini efektif mengurangi angka kemiskinan. Makanya saya ini minta ditingkatkan,” ujar Jokowi.

Diketahui, target 10 juta penerima PKH merupakan di atas usulan Kemensos. Sebelumnya, Kemensos mengusulkan penambahan penerima PKH pada tahun 2018 mencapai 9 juta keluarga saja.

Jokowi ingin, agar penerima program tersebut yang saat ini baru mencapai 6 juta keluarga, ditingkatkan menjadi 10 juta keluarga. “Ini program efektif mengurangi kemiskinan, dan pasti perlu tambahan anggaran,” katanya dalam Sidang Kabinet Paripurna tentang Pagu Indikatif 2018 di Istana Negara, Selasa (4/4).

Selain meningkatkan jangkauan program tersebut, agar program pengentasan kemiskinan bisa efektif, Jokowi juga memerintahkan menterinya untuk mengefesienkan penyaluran subsidi, baik gas, pupuk, benih. Dia ingin, subsidi tersebut tepat menyasar ke 40% lapisan masyarakat ekonomi terbawah.

“Jangan lari ke tempat lain, apalagi justru dinikmati lapisan menengah atas,” katanya.

sumber http://nasional.kompas.com/read/2017/04/04/17491851/jokowi.teken.anggaran.penerima.pkh.2018.tembus.10.juta.keluarga

Join our list

Masukan Email aktif anda dan dapatkan pemberitahuan lewat email

Selamat Cek email Klik * Konfirmasi Ikuti*

Something went wrong.

Category: PKH TERKINI

Close