Apa yang ditanyakan oleh ibu-ibu KPM pada pendamping PKH di pertemuan kelompok

I HAVE TO BE A VIRUS!!   Apa yang ditanyakan oleh ibu-ibu KPM pada  pendamping PKH di pertemuan kelompok?

Believe it or not, saya sudah melakukan survey kecil kecilan dan….

  • KAPAN CAIR? It’s the most frequently ask question. Hahahaha
  • Jadi, apakah pendamping tidak  berdampak apapun selain menginformasikan bahwa rekening para KPM telah terisi. agak memalukan bukan?
  • Apa yang kurang dari pemberian pelatihan sekolah sekolah PKH/ FDS  ? Kenapa jarang muncul dari KPM pertanyaan : apa bu pelajaran kita bulan depan?




Mungkin saya terlalu muluk untuk berniat merubah pola pikir KPM dengan pertemuan kelompok yang berdurasi kurang lebih 2 jam dan 1 bulan sekali.

Tapi..bukan kah itu yang diharapkan, bukan kah itu Goal yang di inginkan?

Jadi…. Saya bertekad menjadi virus. Saya ingin menularkan apa yang saya alami , kegelisahan sekaligus solusi bagi pendamping yang baru 1,5 tahun mengemban amanah Negara ini.

apa hal itu mustahil, tentu tidak!  apa kita bisa melakukan pertemuan yang hanya kurang lebih 2 jam dan sebulan sekali itu benar benar bisa membuat KPM ketagihan dengan pengetahuan yang kita transfer?

Dimana kurang nya?

Materi yang di digodog oleh para pakar sosial sudah sangat luar biasa.. semua lini mulai dari ekonomi, pendidikan, pola asuh anak kesehatan. Terangkum apik dan sudah bisa didownload kapan saja .

Proses delivery kah?

Bisa jadi… Beberapa kali  saya mengikuti kegiatan pertemuan kelompok teman teman pendamping bisa terbilang kurang greget (termasuk saya)? Maaf jika tersinggung.

  • Kami berasal dari berbagai disiplin ilmu, dan jujur saja, apa yang menjadi tanggung jawab kami sekarang ini perlu dukungan yang besar. Kami perlu improvement,kami perlu training for being trainer .
  • Okey, mungkin ini terlalu kasar, tapi ya… kami perlu improve kami perlu upgrade, belajar dari senior itu cukup. Saya bilang : tidak!  karena kita sendiri harus banyak belajar, harus banyak membaca, sharing , gaul dll.
  • Untuk mengajarkan pola asuh anak, apakah kita harus punya anak dulu? Tentu tidak kan?

So.. ditengah era digital ini, ada banyak cara utnuk mendapatkan ilmu. E-learning, E-book dapat di download kapan saja… sebagai pendamping  I Have To Be :

  1. CONFIDENT Apakah saya confident. Jujur…. Awalnya Tidak. Ini dunia baru bagi saya! Tapi apakah bisa? Tentu saja bisa.Caranya?  Curi ilmu dari Jhon Robbet Power dan taraaaa!! Percaya diri saya naik hampir 100% gesture pun BERWIBAWA. Mudah saja, cari tips tips itu secara online!! And  practice it!
  2. COMMUNICATION SKILL , ini penting sekali. Saya berhadapan dengan berbagai lini masyarakat  mulai dari pejabat tertinggi di Kecamatan, Desa, para pendidik di sekolah sampai petugas kesehatan dan masyarakat penerima manfaat yang nota bene, saya perlu menggunakan metode pendekatan komunikasi yang berbeda. Pendamping harus bisa jadi bunglon. Bisa di terima di semua kalangan.
  3. CULTURE, bisa jadi pendamping ditempatkan dilokasi yang sesuai dengan wilayah domisili  sendiri, tapi terkadang, karena adanya kebutuhan akan pendamping di lokasi lain, bisa saja pendamping berada dilokasi yang jauh dari tempat asal. Di sini, pendamping perlu sekali mengetahi culture masyarakat setempat, ibarat kata, dimana bumi dipijak disitu langit dijunjung.
  4. CLEVER/SMART/ CAPABLE: wajib!! No question, pendamping adalah orang orang pilihan yang menjadi ujung tombak dari PROGRAM KEMENSOS TERBESAR dan TERNYATA.
  5. CREATIVE : ketika semua pelajaran FDS sudah didelivery, apa yang akan dilakukan?

Inilah guna nya web ini, kita bisa belajar banyak dari pendamping pendamping lain menjadi creative akan membuat pekerjaan ini bukan lagi hanya sekedar pekerjaan, tapi akan menjadi bagian dari kehidupan, karena anda akan mulai memikirkan orang lain, bagaimana mereka tidak jenuh dan bosan bertemu dangan anda.

Jadi.. pertanyaan “kapan cair” mudah mudahan tidak menjadi the most frequenly ask question any more. Jadikan pendamping lebih berdampak, punya impact melebihi yang anda sangka… LUAR BIASA!

AYO BELAJAR, AYO LEBIH BERDAMPAK!! HIDUP PENDAMPING PKH!! 

Nama : WIWIK SUBANDIAH – TEMBELANG JOMBANG, JAWA TIMUR

Join our list

Masukan Email aktif anda dan dapatkan pemberitahuan lewat email

Selamat Cek email Klik * Konfirmasi Ikuti*

Something went wrong.

Komentar

Category: FDS PKH

Close

Join our list

Masukan Email aktif anda dan dapatkan pemberitahuan lewat email

Selamat Cek email Klik * Konfirmasi Ikuti*

Something went wrong.

No thanks. I don't want.