Belajar Bersama Pendamping PKH Memahami Pengasuhan dan Pendidikan Anak

Oleh | Pada Oktober 14, 2018

Belajar Bersama Pendamping PKH Memahami Pengasuhan dan Pendidikan Anak  Supervisor belajar bersama dengan pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) Kota Cirebon di aula Kecamatan Harjamukti  dengan modul pengasuhan dan Pendidikan Anak  yang dihadiri oleh 31 pendamping.

Pelaksanaan coaching dilakukan selama 4 jam yang diawali dengan perkenalan isi modul pengasuhan dan pendidikan anak di setiap langkah dan sesinya, karena Pertemuan peningkatan kemampuan keluarga yang sering disebut dengan P2K2 bertujuan untuk meningkatkan kehidupan keluarga dan merubah pola pikir bagi keluarga penerima manfaat (KPM).



Sebelum coaching di mulai  supervisor  bersama pendamping melakukan permainan “Door” untuk membangkitkan semangat dan membuat fokus sebelum menerima materi modul pengasuhan dan pendidikan anak.

Selanjutnya coaching dimulai dari sesi 1 menjadi orang tua yang lebih baik dengan menggunakan metode simulasi sesuai langkah perlangkah  dan menggunakan alat peraga yang lengkap yaitu flipchart, film, modul, dan buku pintar. Kemudian sesi 2 memahami perkembangan dan perilaku anak dalam sesi ini untuk meningkatkan perilaku baik anak dan mengurangi perilaku buruk anak masih sama menggunakan simulasi permainan dan simulasi sesuai langkah dalam modul agar memudahkan pendamping. Sesi yang ke 3 yaitu  memahami cara anak usia dini belajar dalam sesi ini lebih banyak simulasi bermain kepada pendamping, karena sesi ini diajarkan bagaimana cara bermain  dengan memanfaatkan kesempatan sehari-hari bersama anak. Pada sesi ini melakukan bermain “rantai kata” gunanya untuk melatih konsentrasi dan menambah perbendaharaan kata baru dan permainan juga dapat dilakukan orangtua bersama anak dirumah.  Selanjutnya adalah sesi yang terakhir yaitu sesi 4 membantu anak sukses di sekolah terdiri dari 7 langkah dan memberitahukan kepada orangtua bahwa membantu anak disekolah adalah peran penting sebagai orangtua dan memberikan pentingnya pendidikan sejak dini. Pada sesi ini melakukan permainan “pesan berantai” yang dimaksud  dari permainan ini adalah melatih konsentrasi peserta dan semakin cepat informasi tersampaikan sesuai pesan hal ini maksud semakin cepat anak mendapatkan pendidikan sejak dini dan mendapatkan informasi hal ini membuat manfaat besar bagi anak.

Kegiatan berlangsung secara interaktif antara supervisor dengan pendamping PKH, coaching menggunakan metode simulasi permainan dan simulasi sesuai langkah yang ada dalam modul. Hal ini dilakukan agar pendamping lebih memahami dan mengerti apa isi modul yang nantinya lebih mudah di implementasikan ke KPM dampingannya masing-masing.

Kemudian perwakilan pendamping menyampaikan pendapat dengan diadakan coaching modul pengasuhan dan pendidikan anak oleh supervisor PKH Halida pendamping kecamatan lemahwungkuk menyampaikan pendapatnya “diadakan coaching PKH kota Cirebon sebagai pendamping sangat bermanfaat dan menambah pengetahuan teknis di lapangan sesuai proses P2K2 yang sesuai. agar saat pelaksanaan P2K2 bersama KPM lebih variasi ditambahnya ada permainan biar lebih semangat kepada KPM” ujarnya

Bukan hanya itu saja, menurut Ervi Koordiantor Kecamatan Kejaksan, “coaching P2K2 diadakan agar bermanfaat untuk memudahkan mengaplikasikan dalam keluarga dan lingkungan”

Lain hal dengan iis pendamping Kecamatan Kejaksan “coaching dilakukan menambah pengetahuan pendamping dalam melaksanakan P2K2 yang nantinya disampaikan ke KPM masing-masing” Dijelaskan kembali oleh supervisor bahwa materi P2K2 sangat beragam dan sampai sekarang baru masuk ke modul pertama yaitu pengasuhan dan pendidikan anak.

Nur Rahmawati S, Supervisor PKH Kota Cirebon. 0852103385sembilanempat

Join our list

Masukan Email aktif anda dan dapatkan pemberitahuan lewat email

Selamat Cek email Klik * Konfirmasi Ikuti*

Something went wrong.

Tags: , , ,

Category: FDS PKH

Close