Bimbingan Pemantapan SDM Pelaksana PKH Tahun 2018 Di Aston Imperium Purwokerto Dan Java Heritage Purwokerto

BIMBINGAN PEMANTAPAN SDM PELAKSANA PROGRAM KELUARGA HARAPAN TAHUN 2018 DI ASTON IMPERIUM PURWOKERTO DAN JAVA HERITAGE PURWOKERTO, Kementerian sosial mengadakan kegiatan Bimbingan Pemantapan SDM Pelaksana PKH Tahun 2018 bagi seluruh Pendamping Sosial. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 1 April 2018 sampai 4 April 2018 yang dihadiri oleh seluruh pendamping sosial wilayah Jateng I yang berjumlah 417 orang terdiri dari Kabupaten Banyumas 111 orang, Kabupaten Banjarnegara 64 orang, Kabupaten Purbalingga 45 orang, Kabupaten Cilacap 56 orang, Kabupaten Kebumen 104 orang, dan Kabupaten Purworejo 37 orang.  Kelas terbagi menjadi 7, kelas 1-4 berada di Aston Imperium Purwokerto dan kelas 5-7 di Java Heritage Purwokerto.

 




Kegiatan ini dibuka oleh Bapak Nur Pujianto selaku Direktur Jaminan Sosial Keluarga RI. Beliau sangat mendukung kegiatan ini, dan berharap setelah diberikan bimbingan pemantapan ini Pendamping Sosial menjadi lebih memahami dan dapat mempraktikan bisnis proses PKH dilapangan dengan baik. Pendamping sosial harus teliti dalam menyelesaikan setiap tahapan bisnis proses PKH, karena pendamping sosial merupakan ujung tombak dari keberhasilan program PKH dalam pengentasan kemiskinan.

Selain itu Bapak Moch Slamet Santoso selaku Kepala Seksi Pemantauan dan Evaluasi Kepesertaan juga memberikan arahan dan motivasi kepada Pendamping Sosial agar selalu mensukseskan bisnis proses PKH, dan meminta agar Pendamping sosial dapat menjadi agen perubahan dalam upaya merubah mindset KPM, hal ini dapat dilakukan melalui kegiatan Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga (P2K2) setiap bulannya. Keberhasilan program PKH dapat dilihat melalui bisnis proses PKH dan P2K2.

Acara ini diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars PKH, serta dimeriahkan dengan penampilan tari Rumeksa dari anak-anak peserta PKH Desa Kalicupak, Banyumas. Pembukaan acara ditandai dengan penyematan secara simbolis kepada perwakilan Pendamping Sosial dan pemukulan kentongan secara bersama-sama oleh narasumber dan fasilitator .

 

Pemberian materi pada Bimbingan Pemantapan  SDM Pelaksana PKH Tahun 2018 oleh para Narasumber dan Fasilitator dari unsur Praktisi, Tenaga Ahli Kementerian Sosial, Dosen STKS Bandung, Koodinator Kabupaten dan Koordinator Wilayah. Materi yang diberikan meliputi:

  1. Pengetahuan dan Kebijakan Pelaksanaan PKH
  2. Mekanisme Pelaksanaan PKH
  3. Pertemuan Awal
  4. Validasi Calon Peserta PKH
  5. Penyaluran Bantuan Sosial PKH
  6. Verifikasi Komitmen
  7. Pendampingan PKH
  8. Pemutakhiran Data
  9. Pencatatan dan Pelaporan Pelaksanaan P2K2
  10. Sistem Pengaduan Masyarakat
  11. Monitoring dan Evaluasi PKH 2018

Pada Bimbingan Pemantapan ini mendapatkan tambahan materi sebagai pengetahuan baru yang diberikan oleh Dr. Hanny Harjulianti dari Kementerian Sosial tentang “Penanggulangan HIV AIDS Di Kalangan Generasi Muda”. Hal menarik lainnya adalah mengurangi penggunaan kertas, HP sebagai salah satu media untuk belajar, salah satunya digunakan dalam kegiatan Pre Test dan Post Test. Tujuan dilakukan kegiatan tersebut adalah tolak ukur keberhasilan kegiatan Bimbingan Pemantapan bagi SDM PKH.

 

Kami sangat berterimakasih kepada seluruh panitia, narasumber dan fasilitator yang telah memberikan materi dan sharing pengalaman dalam bekerja, dimana pemberian bimbingan ini sangat diperlukan sebagai bekal dalam bekerja di wilayah pendampingan masing-masing. Selain itu, dengan adanya bimbingan pemantapan ini kita dapat bersilaturahmi, berbagi pengalaman dengan seluruh pendamping sosial wilayah Jateng I, dan saling bertukar pikiran dalam menyelesaikan permasalahan yang ada dilapangan untuk menjadikan program PKH lebih baik lagi.

 

Salam dari PKH Kabupaten Banyumas Nurlaili Ramadhany

 

Join our list

Masukan Email aktif anda dan dapatkan pemberitahuan lewat email

Selamat Cek email Klik * Konfirmasi Ikuti*

Something went wrong.

Komentar

Category: PKH 2018

Close

Join our list

Masukan Email aktif anda dan dapatkan pemberitahuan lewat email

Selamat Cek email Klik * Konfirmasi Ikuti*

Something went wrong.

No thanks. I don't want.