BUKU PEDOMAN PELAKSANAAN PKH 2019

Oleh | Pada Februari 12, 2019

Sejak tahun 2007 pemerintah Indonesia telah melaksanakan Program Keluarga Harapan (PKH) sebagai upaya memberi perlindungan sosial bagi keluarga miskin (KM). Sebagai bagian dari upaya penanggulangan kemiskinan melalui pemberian bantuan sosial bersyarat, dalam jangka pendek PKH diharapkan  mampu  membantu  KM  mengurangi  beban  pengeluaran.  Pada jangka menengah PKH diharapkan mampu menciptakan perubahan perilaku peserta dalam mengakses layanan kesehatan, pendidikan dan kesejahteraan sosial sehingga menghasilkan generasi yang Iebih sehat dan cerdas. Dalam jangka panjang PKH diharapkan dapat memutus rantai kemiskinan antar generasi.

Pedoman Pelaksanaan PKH Tahun 2019 ini merupakan penyempurnaan dari  Pedoman  Pelaksanaan  PKH  tahun  2017  agar  sejalan  dengan  berbagai inovasi PKH. Penjabaran teknis Pedoman Pelaksanaan PKH 2019 tertuang di dalam lampiran Petunjuk Pelaksanaan (Juklak) yakni



  1. Petunjuk Pelaksanaan Validasi  Calon  Peserta  PKH
  2. Petunjuk  Pelaksanaan  Penyaluran  Bantuan PKH
  3. Petunjuk Pelaksanaan Verifikasi Komitmen,
  4. Petunjuk Pelaksanaan Pemutakhiran  Data
  5. Petunjuk  Pelaksanaan  Pengelolaan  Sumber  Daya Manusia
  6. Petunjuk Pelaksanaan Rapat Koordinasi,
  7. Petunjuk Pelaksanaan Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga (P2K2), dan
  8. Petunjuk Pelaksanaan Penyelenggaraan Kode Etik.

Agar pelaksanaan teknis PKH berjalan dengan baik dan sesuai dengan bussiness process PKH, maka seluruh pemangku kepentingan terkait diharapkan dapat memahami seluruh isi Pedoman Pelaksanaan dan Petunjuk Pelaksanaan yang ada.

Program Keluarga Harapan yang selanjutnya disebut PKH adalah program pemberian bantuan sosial bersyarat kepada Keluarga Miskin (KM) yang ditetapkan sebagai keluarga penerima manfaat PKH.

Sebagai upaya percepatan penanggulangan kemiskinan, sejak tahun 2007 Pemerintah Indonesia telah melaksanakan PKH. Program Perlindungan Sosial yang juga dikenal di dunia internasional dengan istilah Conditional Cash Transfers (CCT) ini terbukti cukup berhasil dalam menanggulangi kemiskinan yang dihadapi di negara-negara tersebut, terutama masalah kemiskinan kronis.

Sebagai sebuah program bantuan sosial bersyarat, PKH membuka akses keluarga miskin terutama ibu hamil dan anak untuk memanfaatkan berbagai   fasilitas   layanan   kesehatan   (faskes)   dan   fasilitas   layanan pendidikan (fasdik) yang tersedia di sekitar mereka. Manfaat PKH juga mulai didorong untuk mencakup penyandang disabilitas dan lanjut usia dengan mempertahankan taraf kesejahteraan sosialnya sesuai dengan amanat konstitusi dan Nawacita Presiden RI.

Melalui PKH, KM didorong untuk memiliki akses dan memanfaatkan pelayanan sosial dasar kesehatan, pendidikan, pangan dan gizi, perawatan, dan pendampingan,  termasuk  akses  terhadap  berbagai  program perlindungan sosial lainnya yang merupakan program komplementer secara berkelanjutan. PKH diarahkan untuk menjadi episentrum dan center of excellence penanggulangan kemiskinan yang mensinergikan berbagai program perlindungan dan pemberdayaan sosial nasional.

Misi besar PKH untuk menurunkan kemiskinan semakin mengemuka mengingat  jumlah  penduduk  miskin  Indonesia  sampai  pada Maret  tahun 2016 masih sebesar 10,86% dari total penduduk atau 28,01 juta jiwa (BPS, 2016). Pemerintah telah menetapkan target penurunan kemiskinan menjadi

7-8% pada tahun 2019, sebagaimana tertuang di dalam RPJMN 2015-2019. PKH  diharapkan  dapat  berkontribusi  secara  signifikan  untuk  menurunkan jumlah penduduk miskin, menurunkan kesenjangan (gini ratio) seraya meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM). Hasil  penelitian  lain  menunjukkan  bahwa  PKH  memberikan  dampak terhadap perubahan konsumsi rumah tangga, seperti di beberapa negara pelaksana CCT lainnya. PKH berhasil meningkatkan konsumsi rumah tangga penerima manfaat di Indonesia sebesar 4,8%.

BUKU PEDOMAN PELAKSANAAN PKH 2019

 

Download  

  BUKU PEDOMAN PELAKSANAAN PKH 2019 (unknown, 940 hits)

BUKU PEDOMAN PELAKSANAAN PKH 2019

 

Download

  BUKU PEDOMAN PELAKSANAAN PKH 2019 ( VERSI BUKU ) (unknown, 288 hits)

 

Join our list

Masukan Email aktif anda dan dapatkan pemberitahuan lewat email

Selamat Cek email Klik * Konfirmasi Ikuti*

Something went wrong.

Tags: , , ,

Category: Berita Utama, PKH TERKINI

Close