Diklat FDS Pendamping PKH Bantu Wujudkan Indonesia Hebat

Oleh | Pada November 5, 2018

Yogyakarta, 3/11/2018. Apresiasi pelaksanaan pengembangan sumber daya manusia khususnya pendamping sosial Program Keluarga Harapan (PKH) diberikan oleh Direktur Anggaran Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Purwanto,SE,M.Sc dalam kesempatan meninjau pelaksanaan pendidikan dan pelatihan Family Development Session (FDS) di Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial Regional III Yogyakarta (Sabtu,3/11).

“Pemerintah sangat concern dalam hal pengembangan sumber daya manusia untuk mewujudkan Indonesia Hebat. Program Keluarga Harapan adalah salah satu program yang terus digalakkan karena diyakini berdampak langsung pada peningkatan tingkat pendidikan masyarakat.” terang Purwanto.



“Pentingnya Peran Pendamping PKH , sebagai kepanjangan tangan pemerintah yang langsung terjun ke masyarakat, mengharuskan SDM PKH memiliki kualitas dan kompetensi. Salah satunya adalah kemampuan bersinergi dan berkoordinasi dengan berbagai stakeholder misalnya Pendamping Desa ( Program Kemendes ) , dengan Pendamping KB ( Program BKKBN). Diklat  ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para pendamping PKH”. Demikian disampaikan Purwanto kepada 160 Peserta Diklat FDS di BBPPKS Yogyakarta.

Sementara itu, Sekretaris Badan Pendidikan Penelitian dan Penyuluhan Sosial (BP3S), Heri Krissritanto menyampaikan bahwa Kemensos dalam hal ini Program PKH, menjadi Leading sektor dalam hal data dan model Pendampingan. Untuk itu Diklat FDS menjadi salah satu cara meningkatkan kompetensi Pendamping PKH. Didatangkan banyak narasumber kompeten dalam diklat FDS salah satu nya untuk meningkatkan kemampuaDiklatn dan kapasitas Pendamping PKH.

Heri Krissritanto juga mengapresiasi kesediaan Direktorat Jenderal Anggaran, Kementerian Keuangan dan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS) untuk meninjau secara langsung Praktek Belajar Lapangan yang dilaksanakan oleh Peserta Diklat FDS ke Kabupaten Klaten, melakukan Monitoring dan Evaluasi ke Kabupaten Bantul dan bertemu langsung dengan KPM (Keluarga Penerima Manfaat) Program PKH dan Pendamping PKH Wilayah  Bantul serta menghadiri Penutupan Diklat FDS angkatan 27,28,31 dan 32 di aula BBPPKS  Regional III Yogyakarta.

 

Sumber https://www.kemsos.go.id/berita/diklat-fds-pendamping-pkh-bantu-wujudkan-indonesia-hebat

Join our list

Masukan Email aktif anda dan dapatkan pemberitahuan lewat email

Selamat Cek email Klik * Konfirmasi Ikuti*

Something went wrong.

Tags:

Category: FDS PKH