Dukungan Dana Desa Dan KPM PKH Dalam Pemberdayaan Keluarga Miskin

Oleh | Pada Januari 22, 2019

Program keluarga harapan (PKH) yang merupakan program dari Kementrian  Sosial Republik Indonesia  terus berjalan sampai dengan saat ini. Seiring dukungan pemerintah dalam program ini, pendamping PKH terus mengupayakan Keluarga Penerima Manfaat (KPM) untuk merubah pola pikir dan kebiasaan dalam menyikapi bantuan yang telah di terima di setiap tahapnya. Pendamping percaya setiap orang memiliki bakat dan skill serta kreatifitas yang bisa untuk di gali dan dikembangkan. Melalui pertemuan peningkatan kemampuan keluarga (P2K2) atau disebut juga Family Development Session (FDS) khusus pada modul pengelolaan  keuangan keluarga dan perencanaan usaha yang di lakukan pendamping di setiap bulannya memberikan semangat dan motivasi kepada para KPM untuk bisa mau dan mencoba mempraktekan setiap materi yang diberikan pendamping.

Program keluarga harapan (PKH) hadir dengan memberikan harapan dan dukungan untuk warga miskin untuk bisa terus move on dari keterpurukkan ekonomi keluarga, mendukung pendidikan dan pengecekkan kesehatan anak pada setiap bulannya, membuat kebiasaan menjadi lebih baik dalam bersosial ataupun memberi keputusan dalam mendidik anak.



Dalam kesempatannya pendamping dan keluarga penerima manfaat PKH untuk mencoba melakukan sosialisasi dengan harapan kerja sama kepada pihak  setempat untuk ikut mendukung dan memberikan pembiyaan kepada kelompok dalam menjalankan kreatifitas kelompok PKH.

Dengan dasar penggunaan dana desa berdasarkan fokus SKB 4 Menteri adalah pelakasanaan padat karya tunai di desa, mengakomodasikan penyaluran Dana Desa dengan memperhatikan kebijakan afirmatif dalam rangka mengatasi kesenjangan desa, mewujudkan sinergitas kebijakan pusat dan daerah, mewujudkan pemberdayaan perekonomian desa atau pemberdayaan koperasi dan BUMDes, mewujudkan tata kelola keuangan desa yang tertib, tepat waktu, lebih sederhana khususnya dalam penyusunan laporan pertanggungjawaban Dana Desa. Dengan adanya dukungan pemerintah desa dalam peningkatan usaha mandiri KPM akan memberikan motivasi untuk keluar dari garis kemiskinan melihat KPM PKH adalah warga miskin.

Pada hari kamis tanggal 17 Januari 2019 pendamping dan KPM PKH memperkenalkan produk hasil karya tangan KPM dengan memberikan pelatihan gratis kepada warga, tujuan ini adala untuk memberikan wawasan pada warga desa untuk melatih skill kemampuan dan bakat untuk membenatu perekonomian keluarga.

“alhamdulillah, kegiatan ini berjalan dengan lancar, saya harap pemerintah desa mau bekerja sama dengan KPM PKH dalam mengelola keuangan desa khususnya untuk BUMDes, dimana Karya dan kerajinan kami dapat di pasarkan oleh BUMDes desa dan menjadi produk desa.” Bu Saumi KPM PKH desa Pangi.

Dalam kesempatan ini juga pendamping desa Pangi Kecamatan Simpang Kanan mengundang Pendamping dan KPM PKH dari desa kecamatan lain seperti kecamatan Suro, Gunung Meriah dan Kecamatan Singkil untuk bisa mengikuti pelatihan dimana nantinya bisa di adopsi oleh KPM di kecamatan tersebut. Hal ini disambut dengan antusias oleh KPM untuk saling belajar.

“kami sangat senang bisa diundang dalam pelatihan ini, karena sebenarnya mudah dan kami bisa mempraktekannya didesa kami,saya membawa 3 KPM masing masng ketua kelompoknya, awalnya kami tidak tau dan sekarng kami sudah tau, semoga kami bisa melakukan hal yang sama untuk kelompok PKH di kecamatan Suro.” Jelas Unasya Pendamping PKH Kecamatan Suro.

Selain itu pemerintah desa Pangi juga memberikan apresiasi kepada kelompok PKH pangi, dimana untuk anggaran tahun berikutnya dana desa akan memberikan pembiayaan kembali, dan ini merupakan suatu harapan bagi KPM untuk terus berkesinambungan membuat kerajinan tangan.

Sebagai pendamping PKH desa pangi, suatu hal yang sangat membanggakan dimana sebelumnya perdana desa pangi yang mau memberikan dukungan materil untuk peningkatan keluarga penerima manfaat semoga upaya pemerintah dalam menangani kesenjangan sosial dan ekonomi dapat bejalan dan erwujud sesuai harapan dan undang-undang Republik Indonesia. (SDM)

Oleh Nama : SUMMA WARDAYA MUSI Address: Kabupaten Aceh Singkil, kecamatan Simpang kanan

No HP: 082274906sembilankosongempat

Join our list

Masukan Email aktif anda dan dapatkan pemberitahuan lewat email

Selamat Cek email Klik * Konfirmasi Ikuti*

Something went wrong.

Tags: , ,

Category: PKH TERKINI

Close