FESTIVAL KELUARGA HARAPAN 2017 PKH Kabupaten Sukoharjo

FESTIVAL KELUARGA HARAPAN 2017 PKH Kabupaten Sukoharjo Dalam pelaksaannya, PKH lebih menitikberatkan keterlibatan dan peran aktif seorang ibu dalam mendorong perubahan perilaku positif pada keluarganya. Padahal jika jika diarahkan dengan baik dan benar, anak-anak KPM PKH juga dapat dipandang sebagai manifestasi agent of change yang menjanjikan dalam memutus rantai kemiskinan antar generasi di Indonesia di masa yang akan datang dengan cepat. Bersama peran aktif seorang ibu dan meningkatnya kesadaran serta motivasi anak-anak KPM PKH, maka memutus rantai kemiskinan antar generasi dengan cepat bukanlah hal yang mustahil.

Oleh karena itu, diperlukan suatu kegiatan terobosan yang dapatĀ  meningkatkan motivasi ibu dan anak-anak KPM PKH guna meningkatkan kualitas pribadi sebagai bekal untuk menggapai masa depan yang lebih baik dan sejahtera. Salah satu kegiatan terobosan tersebut adalah melalui peningkatan semangat dan kepercayaan diri bagi ibu-ibu KPM PKH serta peningkatan kegiatan membaca dan menulis untuk anak-anak KPM PKH. Dimana kegiatan membaca buku dan menulis memiliki keterkaitan erat dengan kemajuan suatu bangsa.

Berdasarkan realitas di atas, Pendamping dan Operator PKH Sukoharjo mengadakan rangkaian kegiatan yang diberi nama FESTIVAL KELUARGA HARAPAN 2017 yang terdiri dari Lomba Paduan Suara, Lomba Menulis Cerita Pendek Inspiratif dan Launching Komunitas Generasi Harapan dalam rangka memperingati hari Kartini serta hari Anak Nasional. Dengan diadakannya kegiatan ini, diharapkan dapat meningkatkan motivasi KPM PKH dan anak-anak KPM PKH Sukoharjo untuk semakin bersemangat dalam meningkatkan kualitas pribadi dan anggota keluarga yang lain untuk meraih masa depan yang lebih baik dan sejahtera. Selain itu, kegiatan ini juga diharapkan dapat menjadi wadah bagi anak-anak KPM PKH Sukoharjo untuk menggali dan meningkatkan potensi yang dimiliki.




FESTIVAL KELUARGA HARAPAN 2017 merupakan rangkaian kegiatan yang diselenggarakan oleh Pendamping dan Operator PKH Sukoharjo dalam rangka memperingati hari Kartini yang jatuh pada tanggal 21 April dan hari Anak Nasional yang jatuh pada tanggal 23 Juli. Diharapkan kegiatan ini dapat meningkatkan semangat kebersamaan, kerja sama dan percaya diri KPM PKH Sukoharjo dalam meraih masa depan yang lebih baik. Selain itu, kegiatan ini juga diharapkan dapat mewadahi dan mengembangkan minat serta bakat menulis putra-putri KPM PKH Sukoharjo sebagai bentuk apresiasi terhadap putra-putri KPM PKH Sukoharjo. FESTIVAL KELUARGA HARAPAN 2017 memiliki beberapa kegiatan antara lain:

  • LOMBA PADUAN SUARA

Merupakan ajang kompetisi paduan suara yang akan diikuti oleh 250 peserta KPM PKH Sukoharjo dalam rangka memperingati hari Kartini yang jatuh pada tanggal 21 April. Lomba dilaksanakan pada tanggal 30 April 2017.

  • LOMBA MENULIS CERITA PENDEK INSPIRATIF

Merupakan ajang kompetisi menulis cerita pendek inspiratif yang akan diikuti oleh 3000 siswa-siswi SMP dan SMA. Dimana 3000 siswa-siswa tersebut merupakan putra-putri KPM PKH Sukoharjo yang memiliki banyak potensi jika diarahkan dengan baik. Cerita pendek inspiratif yang akan dibuat oleh peserta akan mengangkat tema mengenai Life on PKH, yaitu mengenai pengalaman kehidupan menjadi Keluarga Penerima Manfaat (KPM) PKH. Mereka akan bercerita tentang pengalaman inspiratif sebagai anak-anak KPM PKH, apa keinginan dan cita-cita di masa yang akan datang dan bagaimana mereka memandang kehidupan sosial di sekitar mereka.

Lomba menulis cerita pendek inspiratif ini akan dilakukan dalam satu tahap. Dimana peserta dapat mengumpulkan naskah cerita pendek inspiratif kepada panitia melalui email atau melalui pendamping masing-masing sesuai batas waktu yang telah ditentukan. Selanjutnya naskah akan diseleksi oleh panitia dan dipilih 40 naskah cerita pendek inspiratif terbaik. Selanjutnya, 40 naskah terbaik akan dinilai oleh dewan juri yang kemudian akan dipilih 25 naskah terbaik. Dari 25 naskah cerita pendek inspiratif tersebut, akan dipilih 6 naskah terbaik yang berhak memenangkan kompetisi. Pengumuman pemenang akan diumumkan pada saat acara puncak pada Seremonial Penyerahan Hadiah Pemenang Lomba Menulis Cerita Pendek Inspiratif yang bertepatan dengan Peringatan Hari Anak Nasional tanggal 23 Juli 2017 dan 25 naskah cerita pendek inspiratif terbaik karyanya akan dibukukan.


Berikut gallery Video

[Youtube_Channel_Gallery feed=”playlist” user=”PLYJwEukhaOGkYqnxkQ1QlHEvnsdIAYfLC” key=”AIzaSyDzjsEtuIxA04xiS3qvNDENSEmDmhnoQgc” maxitems=”20″ thumb_columns_ld=”3″ title=”1″]

 

Join our list

Masukan Email aktif anda dan dapatkan pemberitahuan lewat email

Selamat Cek email Klik * Konfirmasi Ikuti*

Something went wrong.

Komentar

Tags: , ,

Category: UMUM

Close

Join our list

Masukan Email aktif anda dan dapatkan pemberitahuan lewat email

Selamat Cek email Klik * Konfirmasi Ikuti*

Something went wrong.

No thanks. I don't want.