Graduasi Mandiri PKH Penjual Es Kelapa Muda Menyatakan Graduasi Mandiri

Oleh | Pada Februari 8, 2019

Graduasi Mandiri atau keluar dari kepersertaan PKH secara sukarela, karena keluarga penerima manfaat sadar bahwa dirinya SUDAH TIDAK LAYAK MENDAPATKAN BANTUAN dari PKH dilakukan oleh ibu sutinah yang mempunyai usaha berjualan es kelapa muda di kecamatan Sukarame Bandar Lampung. Ibu dari 4 orang anak yakni MELISA PUTRI,S.Pd yang baru tahun lalu menyelesaikan gelar sarjananya dan sekarang mengajar disebuah sekolah di Bekri, DWI PRASETYO PRAKOSO yang sekarang sedang kuliah semester 2 di STKIP Bandar Lampung, ALIYAH RAHMAWATI seorang anak disabilitas yang berusia 15 tahun, MAHESA DJENAR yang berusia 6 tahun. Ibu Sutinah dan suami mengandalkan mata pencahariannya dari berjualan es kelapa muda sejak tahun 2012. Ibu sutinah tercatat sebagai peserta PKH sejak tahun 2011.

Dan pada awal tahun 2019 Ibu sutinah secara sukararela mengundurkan diri karena merasa sudah cukup dibantu dan memberikan kesempatan pada warga yang lain yang kehidupannya dibawah ibu sutinah untuk bisa menikmati bantuan PKH. Dengan ketelatenan pendamping PKH Kec.Sukarame Tutik Agusrini,SH yang selalu memotivasi KPM nya dalam merubah mindset mereka selalu menanamkan bahwa KPM PKH harus memiliki keinginan kuat untuk keluar dari garis kemiskinan dan merubah mindset miskin menjadi kaya. Artinya merasa cukup jangan terus tergantung dengan bantuan hal ini dilakukan dalam setiap pertemuan kelompok sebulan sekali.




Jatuh bangun dalam berwirausaha merupakan suatu hal yang biasa bagi keluarga ibu sutinah yang berkelahiran di tanjung karang tanggl 12 maret 1975. Ibu empat anak ini memiliki semangat yang kuat, keyakinan, kerja keras. Kesabaran dalam menjalankan usahanya. Usahanya yang diawali berjual es kelapa muda dipojokan jalan selama 5 tahun kemudian berkat keuletannya sekarang dia memliki sebuah warung yang cukup luas dan ramai pelanggannya. Ibu sutinah kini tidak hanya berjualan es kelapa muda tapi sekarang telah dilengkapi dengan berjualan soto ayam, gorengan, pecel dan aneka minuman. Dari hasil usahanya ibu sutinah sudah mampu membeli mobil pick up yang dipergunakan untuk mengangkut kelapa muda ke lapak dagangannya dan menyetor kelapa muda ke pedagang pedagang lainnya.

 

Oleh Nama : TUTIK AGUSRNI, SH Address: KOTA BANDAR LAMPUNG/SUKARAME/SUKARAME No HP: 081272797duaduasembilan Angkatan: 2011 Artikel dikirim Dikirim melalui Form Kirim artikel

Join our list

Masukan Email aktif anda dan dapatkan pemberitahuan lewat email

Selamat Cek email Klik * Konfirmasi Ikuti*

Something went wrong.

Tags: , , ,

Category: Kisah Ispirasi PKH

Close