Graduasi Mandiri Sri Kustinah Usaha Kos-Kosan , Resmi Menjadi Mantan KPM PKH

GRADUASI MANDIRI; SRI KUSTINAH RESMI MENJADI MANTAN KPM PKH BOYOLALI, SRI KUSTINAH (40) Desa Babadan, kecamatan Sambi, kabupaten Boyolali. KPM PKH yang sudah resmi keluar dari bantuan PKH karena dirasa sudah dapat mencukupi kebutuhan hidup bersama keluarganya.

“Terimkasih mas mbak pendamping dan juga kementerian sosial yang sudah memberikan  bantuan kepada kami”, tutur ibu Sri ketika pekerja sosial supervisor ikut mendatanginya bersama pendamping sosial.

Berawal dari ketidakmampuan untuk memenuhi kebutuhan , Sri Kustinah bersama keluarga akhirnya mendapatkan bantuan PKH ditahun 2015. Suami yang bekerja sebagai penjual mainan keliling, 5 orang anak yang masih sekolah dan yang satu masih balita. Ingin sekali menambah pendapatan sebagai buruh tani, tetapi masih kurang untuk memenuhi kebutuhan.




Bersamaan dengan adanya pabrik baru yang ada di daerah dekat rumahnya, yaitu PT PAN BROTHER Tbk. Semua mulai berubah. Sri Kustinah mulai ingin berwirausaha karena melihat peluang bahwa lahan yang dimilikinya dapat dibuat kos-kosan untuk para karyawan pabrik tersebut. Berawal dari meminjam uang dibank untuk membangun kamar kosannya, serta bantuan yang diterima dari PKH sebagian dimanfaatkan untuk dibelikan kasur atau lemari. Sedikit demi sedikit mulai terkumpul untuk mengisi kamar yang telah terbangun.

Sering berjalannya waktu, kosannya mulai ramai oleh karyawan pabrik. Saat ini kamar berjumlah 23 dan yang terisi 13. Harga sewa kos perbulan dipatok harga 250ribu hingga 350ribu, tergantung fasilitas dan ukuran. Pernah semua kamar  terisi oleh karyawan pabrik kata ibu sri, tetapi saat ini banyak masyarakat yang ikut membangun kosan dan menjadikan kosannya tidak penuh lagi.

Karena dirasa kebutuhan pokok keluarga sudah dapat terpenuhi secara mandiri dan sudah memantapkan diri ketika ditanya oleh pekerja sosial supervisor, maka dengan ini menyatakan keluarga ibu Sri Kustinah mengundurkan diri dari bantuan PKH, dan masuk dalam daftar graduasi KPM Mandiri Sejahtera PKH kabupaten Boyolali.

 

 Septyan Adhi Putra S.Tr.Sos, Pekerja Sosial Supervisor, Boyolali

Join our list

Masukan Email aktif anda dan dapatkan pemberitahuan lewat email

Selamat Cek email Klik * Konfirmasi Ikuti*

Something went wrong.

Komentar

Category: PKH Inspiration

Close