Jadikan Sekolah FDS , Sarana Memampukan KPM PKH

| April 25, 2018 | 0 Comments | Dibaca 35 kali

Jadikan Sekolah FDS , Sarana Memampukan KPM PKH Pernahkah kita mendengar kalimat, “harta yang tidak habis di makan tujuh generasi.” ini adalah cerita tentang besarnya harta yang dimiliki orang kaya. Kalau usia satu generasi 70 tahun, maka orang kaya itu hakekatnya telah memikirkan jumlah pendapatan yang harus ia peroleh dan pengeluaran untuk 490 tahun.

Di sekolah FDS PKH, ada satu materi yang menarik, yakni mengelola keuangan keluarga. Materi pertama dari tiga materi yang ada di buku ekonomi. Ada dua poin penting: pertama, mengajak KPM PKH agar memulai melakukan pencatatan setiap uang yang masuk, dan uang yang keluar dalam setiap bulannya.

Kedua, mengajak KPM PKH agar memulai melakukan perencanaan terhadap uang yang akan didapatkannya sekaligus merencanakan pengeluarannya satu bulan yang akan datang. Sesuatu yang tidak mudah, sebab kegiatan ini tidak biasa dilakukan oleh orang orang miskin.




Sebab lainnya, kebanyakan orang miskin tidak memiliki pekerjaan tetap, tidak pasti, yang berdampak pada tidak menentunya pendapatan. Ditambah lagi, acapkali sumber keuangan keluarga sangat bergantung pada kaum laki laki.

Sekalipun ada perempuan yang bekerja, ia hanya dibayar setengah hari. Sebagai buruh tani, yang jumlah harinya lebih banyak liburnya daripada kerjanya. Sebagian lainnya, sebagai buruh pabrik, pekerja home industri, dan asisten rumah tangga paruh waktu.

Jika orang kaya telah memikirkan hidupnya untuk setahun yang akan datang, ada yang berfikir untuk puluhan, bahkan ratusan tahun yang akan datang. Orang miskin, kita ajak memikirkan hidupnya untuk sebulan yang akan datang.

Ini dikandung maksud, agar orang orang miskin KPM PKH dengan difasilitasi oleh pendamping membiasakan diri untuk melakukan pencatatan uang masuk dan keluar di setiap bulannya, sekaligus merencanakan usaha yang memungkinkan ia akan memperoleh pendapatan di bulan bulan berikutnya.

Agar kemampuan KPM PKH di dalam mengelola keuangan keluarga nyambung dengan dapat diperolehnya pemasukan uang untuk modal hidup keluarganya di bulan bulan berikutnya, maka budaya hidup hemat dan menabung harus di galakkan.

Pesan pentingnya berhemat dan menabung harus terus menerus disampaikan kepada KPM PKH. Termasuk dalam hal ini memberikan motivasi pentingnya hidup mandiri. Hal lainnya adalah gencar memberikan pelatihan pelatihan keterampilan hidup. Dengan demikian sekolah FDS benar benar dapat memberikan manfaat riel dalam memampukan KPM PKH.

Mari kita bawa KPM PKH kita, dengan sekolah FDS yang lebih kreatif. Sekolah yang dapat menuntun mereka ke arah hidup yang lebih mandiri. KPM PKH yang mampu mencukupi kebutuhan hidup keluarga mereka untuk sebulan, dua bulan, bahkan setahun yang akan datang.

 

Oleh: Tamam Choiruddin
(Pendamping PKH Kecamatan Laren Kabupaten Lamongan)

Join our list

Masukan Email aktif anda dan dapatkan pemberitahuan lewat email

Selamat Cek email Klik * Konfirmasi Ikuti*

Something went wrong.

Komentar

Category: FDS PKH

Close