KEBIJAKAN PELAKSANAAN PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH)

| September 30, 2016 | 0 Comments | 1.212 views

KEBIJAKAN PELAKSANAAN PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH), Program Keluarga Harapan (PKH) merupakan sebuah program bantuan tunai bersyarat kepada keluarga miskin (KM), atau dalam istilah internasional dikenal dengan Conditional Cash Transfers (CCT).

PKH New Initiative

  • Pengeluaran keluarga miskin dapat meningkat manakala mereka memiliki anggota keluarga penyandang disabilitas berat dan atau lanjut usia tidak produktif (70 tahun ke atas).
  • New Initiatives PKH diwujudkan dengan menyediakan komponen bantuan kepada anggota keluarga PKH yang menyandang disabilitas berat dan lanjut usia berumur 70 tahun ke atas.
  • Dengan perspektif baru ini maka bantuan pelayanan PKH tidak hanya mencakup komponen kesehatan dan pendidikan bagi ibu hamil dan anak, tetapi juga mencakup komponen kesejahteraan sosial berupa dana untuk pemeliharaan pendapatan (income maintenance) khususnya bagi penyandang disabilitas dan lanjut usia.

KEBIJAKAN PELAKSANAAN PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH)

Untuk menjaga kualitas pelaksanaan PKH maka diperlukan perbaikan sistem pengendalian pelaksanaan PKH yang meliputi peningkatan jumlah dan kualitas pendamping, pelibatan organisasi kelompok masyarakat dalam penguatan pendampingan, penguatan kapasitas pengelolaan SDM dan MIS pusat dan daerah, penyempurnaan bisnis proses PKH, perbaikan pemantauan dan evaluasi, dan perbaikan mekanisme pengaduan. untuk lebih jelas apa itu KEBIJAKAN PELAKSANAAN PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH) Simak video diatas



Comments

comments

Tags: ,

Category: Berita Utama

Close