KELUARGA BARU SDM PKH KEC. SINGOJURUH = KELUARGA CEMARA

Oleh | Pada Februari 20, 2018

Awal tahun 2018 ini menjadi awal tahun yang berbeda dari tahun-tahun terdahulu, karena pada tahuh ini saya resmi menjadi bagian keluarga besar Pendamping Sosial Program Keluarga Harapan khususnya di daerah saya sendiri yaitu Kecamatan Singojuruh Kabupaten Banyuwangi. Setelah pengumuman resmi diakhir tahun 2017 saya benar-benar mempersiapkan diri dengan berbagai macam buku referensi yang sudah bisa di download di dunia maya, karena saya ingin disaat terjun ke Keluarga Penerima Manfaat (KPM) mengerti akan tugas, pokok, dan fungsi saya sebagai Pendamping Sosial PKH.

Banyak terlintas dibenak saya akan kesulitan yang akan saya hadapi di lapangan, bagaimana mensinergikan antara saya, KPM, dan pihak-pihak terkait lainnya seperti dari Bank, Desa, Kecamatan, sampai ditingkat Kabupaten. Bahkan yang menjadi pemikiran dalam jangka pendek saya yaitu bagaimana nantinya keluarga baru Pendamping Sosial PKH di Kecamatan Singojuruh Kabupaten Banyuwangi, menerima saya dengan tangan terbuka kah?, bisa menjadi mentor saya kedepan dalam mengarungi menjadi Pendamping Sosial PKH?, dan lain-lain.

Tidak lama setelah adanya Surat Edaran dari Kemensos (awal tahun 2018) agar pihak Dinas Sosial Kab/Kota segera memanggil SDM PKH Perekrutan tahun 2017 untuk berkumpul di Aula Dinas Sosial, setelah berlangsungnya agenda tersebut saya bersama teman saya (SDM PKH penempatan di Kec. Singojuruh) segera menghadap koordinator kecamatan, respon korcam sangat baik dan seketika dihari yang sama kami diundang untuk diperkenalkan kepada Pendamping Sosial yang lain, karena kebetulan Pendamping Sosial di Kecamatan saya ini ada 6 orang sehingga ditambah perekrutan baru yang berjumlah 2 menjadi 8 orang.



Alhamdulillah korcam kami yang bernama Mas Dedy luar biasa baiknya, frendly, dan tentunya dihari pertama saya koordinasi dengan beliau, banyak hal yang saya dapat, diusia yang terbilang muda beliau sangat memahahi betul seluk beluk dari Pendamping Sosial dan tidak mengherankan karena beliau adalah SDM PKH angkatan tahun 2007 (Angkatan 1 di Kabupaten Banyuwangi), selain Mas Dedy, ada Pak Bolah, Pak Nur, Pak Supri, Mbk Ria, Mbk Aisyah, dan tentunya teman seangkatan Mbk Ratna.

Dalam pertemuan tersebut juga sudah disepakati terkait pembagian wilayah kerja masing-masing Pendamping Sosial, berhubung ada tambahan personil maka ada rolling dan perubahan pendampingan, karena di Kecamatan kami ada 11 desa dengan jumlah personil 8 sehingga masih ada salah satu Pendamping Sosial yang merangkap dalam pendampingannya. Sampai detik ini kami berdua melangkah selalu dapat bimbingan dari senior-senior, mereka sangat bijak dalam penyampaian informasi khususnya seputar karakteristik di lapangan, sehingga kami tidak terlalu kesulitan dalam menjalankan amanah sebagai seorang Pendamping Sosial PKH.

Akhirnya kami banyak mengucapkan terima kasih kepada Mas Dedy dan rekan-rekan yang lainnya, jangan lelah memberikan bimbingan pada kami, jika kami lalai dan teledor tegurlah kami, saya pribadi bahagia menjadi bagian dari Pendamping Sosial khususnya di Kecamatan Singojuruh Kabupaten Banyuwangi, ibarat keluarga ini adalah keluarga Cemara, yang akan selalu harmonis dan saling bahu membahu menjadikan PKH menjadi semakin baik lagi dan kekeluargaan terjalin baik sampai kapanpun. AAMIIN

Dikirim oleh

Nama : Danang Iksan Maulana
Address: Kecamatan Singojuruh Kabupaten Banyuwangi

Join our list

Masukan Email aktif anda dan dapatkan pemberitahuan lewat email

Selamat Cek email Klik * Konfirmasi Ikuti*

Something went wrong.

Category: PKH Inspiration

Close