Program Keluarga Harapan (PKH) dari enam juta keluarga menjadi 10 juta KPM pada 2018

| April 14, 2017 | 0 Comments | 9.479 views

Kementerianmemperluas jangkauan penerima bantuan sosial Program Keluarga Harapan (PKH) dari enam juta keluarga  menjadi 10 juta KPM pada 2018 Kementerian Sosial siap memperluas jangkauan penerima bantuan sosial Program Keluarga Harapan (PKH) dari enam juta keluarga penerima manfaat (KPM) pada 2017 menjadi 10 juta KPM pada 2018.

“Kemensos harus mulai menyiapkannya sejak saat ini agar pada Februari 2018 bantuan tersebut dapat mulai disalurkan,” kata Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis.

Perluasan jangkauan peserta PKH tersebut sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo dalam rapat kabinet paripurna di Istana Negara, Jakarta, Selasa (4/4) yang membahas pagu indikatif RAPBN 2018.



Dalam rapat tersebut, Presiden menyampaikan sembilan arahan dimana dua di antaranya terkait subsidi untuk masyarakat ekonomi terbawah dan mengawal jalannya PKH yang kini sedang berjalan.

“Dalam rapat tersebut Presiden mengatakan PKH merupakan salah satu upaya pemerintah yang efektif dalam membantu keluarga prasejahtera. Beliau berpesan agar ada pendampingan, ada yang mengawal di situ,” ujar Khofifah.

Khofifah mengatakan perluasan jumlah KPM tentu akan berdampak signifikan dalam penurunan angka kemiskinan dan gini ratio.

“Saya yakin apabila tahun depan jumlah KPM menjadi 10 juta dan program ini dapat disinergikan dengan program subsidi yang dilaksanakan oleh Kementerian/Lembaga terkait seperti subsidi pupuk, listrik, pendidikan, kesehatan, elpiji maka diharapkan akan terwujud optimalisasi dan percepatan penurunan angka kemiskinan dan mempersempit kesenjangan,” tuturnya.

Comments

comments

Category: UMUM

Close