Kerajinan Kain Rasfur “Rayras Craft” KPM PKH Desa Lemahbang Kulon Kec. SIngojuruh Kab. Banyuwangi

Jiwa entrepreneurship sudah muncul mulai dari masa remaja sampai terbawa ke jenjang pernikahan, menjadi seorang ibu rumah tangga tidak menjadi halangan yang serius bagi seorang Fitriyani untuk menuangkan ide-ide dan kreativitas. Dimulai dengan membuat jajanan tradisional yang mudah dibuat, higienis, dan tentunya murah meriah, seperti klepon, es lapis pernah dijalaninya diawal rumah tangganya yang kebetulan pada saat itu tinggal di daerah Kulon Progo, Yogyakarta.

Beberapa tahun tinggal di Kulon Progo, Yogyakarta membuat Fitriyani rindu akan kampung halamannya di Banyuwangi, sehingga sekitar tahun 2008 an pulang ke Banyuwangi bersama keluarga kecilnya. Wanita yang dikarunia 2 orang putra ini memiliki kemampuan yang unik khususnya di bidang kerajinan tangan, sempat menggeluti jenis bros dengan bahan baku monte sampai akhirnya yang sekarang ini berbahan dasar Rasfur




Kerajinan berbahan dasar Rasfur ini dimulai pada tahun 2016 yang terinspirasi dari sepupunya sendiri yang kebetulan pada saat itu membeli di media online, disaat itupun muncul ide-ide untuk membuat yang lebih unik, dan tentunya lebih murah. Modal awal pada saat itu sekitar ± 500 ribu, perlahan usaha yang dirintis Fitriyani mulai terlihat hasilnya, sistem pemasarannya juga dari mulut ke mulut, konsumen awal juga berasal dari keluarga sendiri, tetangga-tetangga, dan berlanjut ke wilayah se Desanya.

Beralamatkan di Desa Lemahbang Kulon Kec. Singojuruh Kab. Banyuwangi, kerajinan kain Rasfur milik Fitriyani ini unik dan cantik-cantik, mulai banyak pesanan dari luar desa, bahkan tidak jarang toko-toko di pasar mulai memesan produk hasil olahan tangan wanita 39 tahun ini. Pendamping Sosial PKH Sdr. Danang Iksan Maulana ikut mensupport usaha kerajinan tangan ini dengan memberikan motivasi dan juga memberikan saran kepada yang bersangkutan agar bisa memberdayakan keluarga penerima manfaat (KPM) PKH yang lain.

Fitriyani merupakan keluarga penerima manfaat (KPM) PKH kohort 2018, meskipun terbilang masih muda secara keanggotaan tetapi beliau sudah dipercaya oleh Pendamping Sosial PKH wilayahnya menjadi Ketua Kelompok di Dusun Sukorejo Desa Lemahbang Kulon, semoga usaha yang bernama RAYRAS CRAFT” menjadi awal mula berdayanya KPM Desa Lemahbang Kulon, sehingga berangsur-angsur mulai dari Fitriyani dan KPM PKH lainnya siap untuk Graduasi Mandiri. Bismillahirrohmanirrohim, PKH Banyuwangi Jayaaaa!

 

oleh Danang  Iksan Maulana Address:Kecamatan Singojuruh Kabupaten Banyuwangi

Join our list

Masukan Email aktif anda dan dapatkan pemberitahuan lewat email

Selamat Cek email Klik * Konfirmasi Ikuti*

Something went wrong.

Komentar

Category: PKH Inspiration

Close

Join our list

Masukan Email aktif anda dan dapatkan pemberitahuan lewat email

Selamat Cek email Klik * Konfirmasi Ikuti*

Something went wrong.

No thanks. I don't want.