Kerjasama Tim PPKH Kab. Kendal, TKSK, Satgas Kecamatan, dan Pemerintah Desa Tersalurkannya Rastra

| Januari 31, 2018 | 0 Comments | Dibaca 59 kali

Kerjasama Harmonis Dinas Sosial Kabupaten Kendal, Tim PPKH Kab. Kendal, TKSK, Satgas Kecamatan, dan Pemerintah Desa  terbayarkan dengan Tersalurkannya Rastra sesuai Prosedur, 

Kendal-Kemiskinan masih menjadi PR besar bagi bangsa Indonesia, itulah kenapa Pemerintah Indonesia begitu gencar dalam menggelontorkan berbagai program bantuan sosial yang bertujuan untuk mengentaskan kemiskinan. Salah satu program besar Pemerintah Indonesia yang bulan ini sedang berjalan adalah penyaluran Bantuan Sosial (Bansos) Beras Sejahtera (Rastra). Sesuai ketentuan yang ditetapkan pemerintah, penyaluran rastra tahun 2018 ini, berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Setiap KPM (Keluarga Penerima Manfaat) yang mendapatkan rastra, hanya akan menerima jatah rastra sebanyak 10 kilogram. Berbeda dengan tahun sebelumnya, dimana masing-masing KPM mendapatkan 15 kilogram beras. Namun dengan pengurangan tersebut, setiap KPM tidak lagi dikenakan biaya tebus sebesar Rp. 1.600,- per kg. Dengan demikian, dalam penyaluran rastra kali ini, masing-masing KPM tidak perlu lagi mempersiapkan uang untuk biaya tebus. Semuanya gratis.

Data dan Prosedur Penyaluran Rastra di Kabupaten Kendal




Kabupaten Kendal adalah salah satu Kabupaten yang bertekad untuk menyalurkan rastra sesuai dengan prosedur dan peraturan serta Pedoman Umum (Pedum) Penyaluran Rastra 2018 dimana Penerima Manfaat Bansos Rastra adalah Keluarga dengan kondisi sosial ekonomi 25% terendah di daerah pelaksanaan yang selanjutnya disebut Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Bansos Rastra yang nama dan alamatnya termasuk di dalam Daftar KPM dan ditetapkan oleh Menteri Sosial RI. Sumber data KPM Bansos Rastra adalah Data Terpadu Program Penanganan Fakir Miskin, selanjutnya disebut DT-PPFM, yang merupakan hasil Pemutakhiran Basis Data Terpadu (PBDT) di tahun 2015.

Di Kabupaten Kendal sendiri, KPM Rastra ada sejumlah 63.963 KPM yang tersebar di 20 Kecamatan di Kabupaten Kendal. Dari data KPM Rastra tersebut 39% diantaranya atau sejumlah 24.779 KPM adalah KPM PKH aktif per Tahap 1 2018 yang tidak boleh dikeluarkan dari Daftar Penerima Manfaat (DPM) Bansos Rastra. Hal ini sudah jelas tercantum dalam Pedum Rastra 2018 halaman 34 poin 3. Artinya, bila Pemerintah Desa tidak menghendaki KPM PKH tersebut mendapatkan Bansos Rastra, KPM tersebut harus dikeluarkan dari kepesertaan PKH (di Non Eligible (NE)-kan) dengan menggunakan Surat Keterangan Tidak Miskin yang ditandatangani langsung oleh Kepala Desa. Hal ini tentu saja bukan tanpa alasan, karena seluruh peserta PKH merupakan Klaster terbawah dari Keluarga Miskin (bahkan untuk Kohor 2012 menjadi Kluster terbawah dari Rumah Tangga Sangat Miskin) yang wajib mendapatkan seluruh Komplementaritas Program, agar kemiskinan benar-benar dapat dientaskan.

Hal inilah yang sempat harus digarisbawahi beberapa kali ketika dilaksanakan Rapat Koordinasi Bansos Rastra Kabupaten Kendal yang dilaksanakan di Aula Dinas Sosial Kabupaten Kendal (24/01) dengan mengundang Kepala Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Daerah Kab. Kendal; Kepala Dinas Pemberdayaan dan Desa Kab. Kendal; Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kab. Kendal; Kepala BPS Kab. Kendal; Kepala Satuan Intelejen Keamanan Polres Kendal; Ka.Bag. Administrasi dan Perekonomian Setda Kendal; Ka. Sub. Drive Bulog Wil. I Semarang; Ka. Gudang Kaliwungu; Ka. Gudang Mangkang; Camat se-Kabupaten Kendal; TKSK se-Kab. Kendal; Koordinator PKH Kabupaten; dan Pendamping PKH Kecamatan.

Suasana Saat Korodinasi dengan Tim Koordinasi Bansos Pangan di Beberapa Kecamatan dan Desa di Kabupaten Kendal (Sumber: Dokumen Pribadi Pendamping Sosial PKH Kabupaten Kendal)

Dari Rapat Koordinasi tersebut, dihasilkanlah Jadual Penyaluran Rastra sebagai berikut:

  • Jumat, 26 Januari 2018
    1. Kecamatan Kaliwungu Selatan
    2. Kecamatan Brangsong
    3. Kecamatan Kendal
    4. Kecamatan Weleri
  • Senin, 29 Januari 2018
    1. Kecamatan Boja
    2. Kecamatan Patean
    3. Kecamatan Kaliwungu
    4. Kecamatan Plantungan
    5. Kecamatan Cepiring
  • Selasa, 30 Janurai 2018
    1. Kecamatan Gemuh
    2. Kecamatan Limbangan
    3. Kecamatan Pageruyung
    4. Kecamatan Singorojo
    5. Kecamatan Rowosari
  • Rabu, 31 Januari 2018
    1. Kecamatan Sukorejo
    2. Kecamatan Ringinarum
    3. Kecamatan Kangkung
    4. Kecamatan Patebon

Untuk Kecamatan Ngampel dan Pegandon, tidak tercantum dalam Jadual di atas, karena Penyaluran Bansos Rastra telah diselesaikan sebelum adanya Rakor Rastra.

Rastra dari Bulog, Kualitas Belum Sesuai Harapan

Perum Bulog Divisi Regional Jawa Tengah menyalurkan 41 ton bantuan sosial, beras sejahtera atau Rastra ke Kabupaten Kendal, Jumat 19 Januari 2018 kemarin. Dalam rangka meningkatkan efektivitas dan ketepatansasaran program, Rastra diamanatkan agar dapat bertransformasi dari pola subsidi menjadi pola bantuan sosial (pangan). Hal ini disampaikan oleh Presiden RI pada Rapat Kabinet Terbatas (Ratas) tentang Program Penanggulangan Kemiskinan dan Ketimpangan Ekonomi tanggal 16 Maret 2016, agar bantuan sosial dan subsidi disalurkan secara non tunai. Dari sisi penerima manfaat, penyaluran bantuan sosial non tunai akan mendorong perilaku produktif penerima bantuan dan mewujudkan akumulasi aset masyarakat melalui fleksibilitas waktu penarikan bantuan dan kesempatan menabung.

Suasana saat Peluncuran Bansos Rastra di Gudang Bulog Mangkang Kulon (19/1) yang dihadiri langsung oleh Kepala Dinas Sosial Kab. Kendal(Sumber: https://www.radioidola.com/)

Sementara itu, dari sisi pemerintah, penyaluran bantuan sosial non tunai menggunakan sistem perbankan dimaksudkan untuk meningkatkan transparansi dan akuntabilitas program untuk kemudahan mengontrol, memantau, dan mengurangi penyimpangan. Oleh karena itu, sistem penyaluran Bansos Rastra ini secara bertahap akan diganti dengan sistem Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dengan menggunakan Kartu Keluarga Sejahtera atau KKS, dimana subsidi akan langsung disalurkan ke rekening Penerima Manfaat. Jika pada program rastra sebelumnya penerima manfaat mendapat 15 kilogram beras dan Januari 2018 ini mendapatkan 10 kilogram beras, maka di BPNT yang diperkirakan akan mulai cair setelah Maret 2018 mendatang setiap KPM akan mendapat jatah Rp110 ribu per bulan di KKS-nya melalui mekanisme uang elektronik yang digunakan hanya untuk membeli bahan pangan dipedagang bahan pangan atau disebut e-warong  yang bekerja sama dengan bank penyalur. Dalam hal ini, untuk Kabupaten Kendal sendiri, Bank Penyalur BPNT adalah Bank BTN yang sudah menjadi Bank Penyalur Bantuan Sosial Program Keluarga Harapan (PKH) sejak Tahap I Tahun 2017.

Kualitas Bansos Rastra di Salah Satu Kecamatan di Kabupaten Kendal (agak kuning dan kurang baik)

Sayangnya, Rastra dari Bulog ini, kualitasnya masih belum sesuai dengan yang diharapkan. Banyak Pendamping Sosial yang langsung terjun di lapangan dan mendampingi proses penyaluran Rastra ini menyayangkan hal tersebut. “Kualitas beras yang diberikan saat penyaluran rastra berbeda dari yang diperlihatkan Bulog di Gudang Sumberejo Kecamatan Kaliwungu”, komentar salah satu Pendamping Sosial Kendal yang memperlihatkan foto kualitas beras yang diterimakan oleh KPM.

Harapan Selanjutnya: Kerjasama Seluruh Pekerja Sosial Semakin Harmonis Semata untuk Melihat Senyum Bahagia para KPM

Tidak ada yang lebih membahagiakan bagi para Pekerja Sosial di lapangan selain melihat senyum bahagia (bahkan sampai menangis saking bahagianya) para KPM yang mendapatkan bantuan sosial yang disalurkan. Harapan selanjutnya, tentu saja data akan lebih valid tanpa adanya exclussion dan inclussion errors, anomali data 0%, juga yang paling penting adalah agar kerjasama harmonis seluruh pekerja sosial di Kabupaten Kendal ini tidak hanya berlangsung ketika bantuan sosial akan disalurkan, tetapi terus berlangsung hingga tidak ada lagi kemiskinan di Kabupaten Kendal. Semoga seluruh perkerja sosial Kabupaten Kendal dan keluarganya diberkahi oleh Allah SWT. Amiinnn…

 

Dikirim oleh Oleh: Fitri Hidayah M. Pd. Penulis adalah Operator PPKH Kabupaten Kendal Kohor 2012 melalui form artikel

Join our list

Masukan Email aktif anda dan dapatkan pemberitahuan lewat email

Selamat Cek email Klik * Konfirmasi Ikuti*

Something went wrong.

Komentar

Category: PKH TERKINI

Close