Ketimpangan sosial, PKH jadi solusi efektif dalam menanggulangi ketimpangan masalah sosial

Program Keluarga Harapan (PKH) merupakan program yang sangat inovatif dan paling efektif dalam menanggulangi ketimpangan masalah sosial yang terjadi di Indonesia.

Dengan adanya inovasi tersebut, maka PKH menjadi sangat efektif dalam menurunkan kemiskinan dan gini rasio sampai pada wilayah yang remote area. Salah satunya inovasi baru dalam penyaluran Bantuan Sosial secara Tunai menjadi Non Tunai dengan menggunakan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) yang juga berfungsi sebagai kartu Debit, untuk penarikan tunai di ATM Bank.

Selain itu, terobosan inovasi teknologi penyaluran bantuan sosial non tunai telah dilakukan Kementerian Sosial bersama Himpunan Bank Negara (Himbara) untuk menjangkau penyaluran PKH wilayah blankspot. Salah satu yang terbaru adalah meluncurkan mesin EDC offline guna memperluas jangkauan dan memudahkan penyaluran bantuan sosial non tunai.




“Dari hasil survey, terlihat jelas bahwa PKH efektif menanggulangi kemiskinan dan menurunkan gini rasio” ucap Direktur Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial, Harry Hikmat saat menghadiri diskusi publik yang diselenggarakan oleh Pasca Sarjana Jurusan Kesejahteraan Sosial, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Universitas Indonesia (UI).

Harry saat memberikan materi diskusi

Diskusi publik yang mengangkat tema tentang “Kemiskinan dan Jalan Panjang Bantuan Sosial” ini diikuti oleh mahasiswa UI, alumni UI serta praktisi dari Sekolah Tinggi Kesejahteraan Sosial (STKS).

“Sebelumnya penggunaan EDC sangat mengandalkan sinyal selular. Namun, dengan keberadaan EDC offline ini maka hambatan tersebut dapat teratasi. Mengingat masih adanya wilayah di Indonesia yang berkategori blankspot”, lanjut Harry.

Salah satu tujuan dari adanya PKH ialah agar para KPM melakukan perubahan sikap dan perilaku untuk menjadi mandiri, “Kemandirian dalam keluarga sangat penting, para pendamping juga menumbuhkan sikap kemandirian dan mengedepankan budaya malu kepada para KPM” imbuh Harry. (KAS/JSK)

Join our list

Masukan Email aktif anda dan dapatkan pemberitahuan lewat email

Selamat Cek email Klik * Konfirmasi Ikuti*

Something went wrong.

Komentar

Tags: ,

Category: PKH TERKINI

Close

Join our list

Masukan Email aktif anda dan dapatkan pemberitahuan lewat email

Selamat Cek email Klik * Konfirmasi Ikuti*

Something went wrong.

No thanks. I don't want.