Kisah Anak KPM PKH Berprestasi Menembus Bangku Perkuliahan, Semangat Mencari Ilmu Dan Berbagi Ilmu

| Oktober 9, 2018 | 0 Comments | Dibaca 754 kali

ANAK KPM PKH BERPRESTASI, MUZAHID ANSORI, S. Si. SEMANGAT MENCARI ILMU DAN BERBAGI ILMU, Sosok yang sangat menginspirasi dan memotivasi para anak KPM PKH agar tetap semangat dalam mewujudkan cita-cita mereka. Sosok anak KPM PKH yang berprestasi dan yang berhasil masuk di Universitas Lampung melalui jalur sbmptn dan lulus dengan waktu yang singkat yaitu 3 tahun 3 bulan dengan beasiswa Bidikmisi. Muzahid Ansori, S. Si. yang lahir di Desa Banjar Agung Kecamatan Jati Agung Kabupaten Lampung Selatan Provinsi Lampung. Muzahid lahir tanggal 14 April 1996 dan anak dari bapak Jadiono dan ibu Supatmi yang merupakan anak ketiga dari delapan bersaudara. Keluarga ini mendapatkan Program Keluarga (PKH) sejak tahun 2011 dan pendamping pkh nya yaitu Lilis Suryani, Spd. Muzahid berasal dari keluarga yang kurang mampu, tetapi selalu beranggapan bahwa keluarganya penuh dengan kemampuan baik dari segi pendidikan, pengasuhan orangtua dan mental. Anak ketiga ini telah diajarkan oleh orang tuanya untuk selalu disiplin dan selalu ditanamkan nilai-nilai agama, bahkan di dalam keluarganya tidak ada yang memiliki HP untuk bermain game, dan tidak mempunyai televisi karena keluarga beliau beranggapan bahwa banyak hal yang tidak bermanfaat. Semua itu dilakukan untuk melatih kedisiplinan Ayah beliau selalu berpesan bahwa orang yang ingin sukses itu harus disiplin dan jujur.

Setelah lulus SMA beliau merasa bingung ingin kuliah atau kerja karena di keluarganya belum ada yang kuliah. Tapi ayahnya berpesan kalau kamu ingin kuliah, kamu harus belajar dengan tekun. Setelah itu beliau terus belajar dan belajar, karena semangat dan usaha beliau akhirnya diterima di Jurusan Matematika Fakultas Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Lampung melalui jalur SBMPTN pada tahun 2013. Untuk biaya kuliah pada waktu itu, Muzahid dikenakan ukt sebesar 1 juta rupiah. Muzahid merasa keberatan pada waktu itu mengingat ekonomi dikeluarganya. Setelah itu, anak dari Bapak Jadiono ini mencari dan mengurus beasiswa bidikmisi dan akhirnya mendapatkan beasiswa bidikmisi selama 8 semester. Alhamdulillah Muzahid Ansori, S. Si. lulus dalam waktu 3 tahun 3 bulan. Kemudian ada uang sisa dari beasiswa bidikmisi tersebut dipergunakan untuk membantu pendidikan adik-adiknya.




Masalah prestasi Muzahid Ansori, S. Si. yaitu dari SMP ia sealalu mendapatkan juara umum 1 dan 2. Kemudian saat SMA selalu masuk 10 besar dan waktu kelulusan Muzahid ingin menunjukkan bahwa dirinya bisa menjadi yang terbaik dengan belajar dengan tekun, akhirnya mendapatkan nilai UN tertinggi di SMA N 1 JATI AGUNG. Pada saat kuliah ia juga mendapat penghargaan antara lain perwakilan dari Sumbangsel lomba Calculus Cup di UNJ walaupun tidak juara tetapi sudah masuk semifinal, hal tersebut menjadi pengalaman. Muzahid juga menjadi kontingen Olimpiade Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam di Palembang dan berhasil mendapat urutan 11 besar tingkat Nasional. Serta selama kuliah menjadi asisten dosen FMIPA Universitas Lampung selama 3 tahun.

Muzahid juga aktif dalam berorganisasi, di organisasi yang diikuti sering mendapatkan penghargaan dan sering mendapat amanah di organisasi yang dia ikuti antara lain menjadi mahasiswa anggota terresponsif, ketua pelaksana KWI merupakan salah satu acara terbesar di Universitas Lampung, menjadi Kepala Bidang HLPM di BEM FMIPA UNILA, Mahasiswa IPK tertinggi di FMIPA, kepala bidang akademik Rohis FMIPA Unila, pengajar BBQ. Setelah lulus kuliah Muzahid ingin melanjutkan pendidikan S2, tetapi karena faktor ekonomi dan mengingat adik-adiknya yang sedang sekolah akhirnya muzahid memutuskan untuk bekerja untuk membantu orang tuanya. Banyak perusahaan-perusahaan yang menawarkan pekerjaan dengan gaji yang cukup besar, tapi pekerjaan tersebut tidak sesuai dengan keinginan dia. Sekarang beliau bekerja di Bimbel terkenal yang ada di Bandar lampung. Banyak sekali pelajaran yang beliau dapat di bimbel, seperti pelantikan mengajar dan bagaimana menyampaikan ilmu dan lain-lain.

Selain itu juga Muzahid Ansori, S. Si. telah berbagi ilmu di Sanggar Belajar Desa Margo Mulyo yang dilaksanakan setiap hari Minggu. Peserta sanggar belajar Desa Margo Mulyo ada dari anak KPM PKH yang ada di Kecamatan Jati Agung kabupaten Lampung Selatan. Muzahid Ansori, S. Si. diajak bergabung di sanggar belajar Desa Margo Mulyo oleh Asep Junairi, S. Pd. yang merupakan pendamping sosial Kecamatan Jati Agung dan sekaligus salah satu pengurus sanggar tersebut. Muzahid Ansori, S. Si. ingin berbagi kepada masyarakat, ingin membangun semangat menempuh pendidikan dan meyakinkan bahwa kita tidak ada bedanya anak kota dan desa kita itu sama. Muzahid memotivasi anak-anak sanggar belajar agar dapat melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi dengan beasiswa. Anak-anak yang ikut Sanggar Belajar Desa Margo Mulyo banyak berasal dari Keluaga Penerima Manfaat (KPM) PKH yang latar belakang belajar denagan seadanya, Muzahid sangat bangga bisa berbagi ilmu di Sanggar Belajar Desa Margo Mulyo. Kemudian anak-anak yang ikut sanggar belajar ada yang berhasil masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN). “Perjalanan hidup yang sangat berat, usaha saya semangat saya dalam melanjutkan pendidikannya penuh dengan perjuangan, tetapi proses tidak akan menghianati hasil, proses yang baik akan menghasilkan hasil yang baik pula. Kemudian banyak orang-orang penting yang sangat berpengaruh kepada saya, dan instansi-instansi pendidikan yang lebih yang salah satunya dari Program Keluarga Harapan (PKH) dari Kementerian Sosial, saya sangat mersakan kebermanfaatan dari program tersebut. Jadi saya ucapkan terimakasih kepaad PKH dan sukses.” Ujar Muzahid Ansori, S. Si.

 

Oleh : Asep Junairi, S. Pd. , Kabupaten Lampung Selatan/ Kecamatan Jati Agung/ Desa Sinar Rejeki

HP: 0857558355limasatu

Join our list

Masukan Email aktif anda dan dapatkan pemberitahuan lewat email

Selamat Cek email Klik * Konfirmasi Ikuti*

Something went wrong.

Komentar

Tags: , , ,

Category: PKH Inspiration

Close