Komponen dan cakupan PKH New Initiatives

| September 28, 2016 | 0 Comments | 544 views

Apa itu Komponen dan cakupan Program Keluarga Harapan New Initiatives, Komponen  PKH selama ini mencakupkesehatan dan pendidikan. PKH diberikan agar anak baik dalam kandungan, anak balita dan prasekolah, anak SD, SMP, dan SMA dapat memiliki akses terhadap fasilitas kesehatan dan pendidikan. Dengan aksesibilitas yang baik terhadap faskes dan fasdik,anak-anak keluarga miskin menjadi anak yang sehat dan cerdas sehingga dapat menunjukkan produktivitas setara dengan anak-anak pada umumnya. Bantuan PKH yang bersyarat diberikan untuk mengurangi beban pengeluaran keluarga miskin. Dengan bantuan dana tunai tersebut, keluarga diharapkan dapat mempertahankan konsumsi minimal bagi anak-anak yang menjadi peserta PKH.

screenshot_1

  • Pengeluaran keluarga miskin dapat meningkat manakala mereka memiliki anggota keluarga penyandang disabilitas berat dan atau lanjut usia tidak produktif (70 tahun ke atas).
  • New Initiatives PKH diwujudkan dengan menyediakan komponen bantuan kepada anggota keluarga PKH yang menyandang disabilitas berat dan lanjut usia berumur 70 tahun ke atas.
  • Dengan perspektif baru ini maka bantuan pelayanan PKH tidak hanya mencakup komponen kesehatan dan pendidikan bagi ibu hamil dan anak, tetapi juga mencakup komponen kesejahteraan sosial berupa dana untuk pemeliharaan pendapatan (income maintenance) khususnya bagi penyandang disabilitas dan lanjut usia.

Pengeluaran keluarga miskin dapatmeningkat manakala mereka memiliki anggota keluarga penyandang disabilitas berat dan atau lanjut usia tidak produktif (70 tahun ke atas). Jika penanganan khusus tidak diberikankepadaanggota keluarga yang mengalamiketergantungantotaltersebut,dikhawatirkan peruntukkan dana bantuan bersyarat yang diterimakeluarga miskin akan juga mengalir kepada penyandang disabilitas berat dan lanjut usia yang menjadi beban keluarga bersangkutan.



New Initiatives PKH salah satunya diwujudkan dengan menyediakan komponen bantuan kepada anggota keluarga PKH yang menyandang disabilitas berat dan lanjut usia berumur 70 tahun ke atas. Dengan perspektif baru ini maka bantuanpelayanan PKH tidak hanya mencakup komponen kesehatan dan pendidikan bagi ibu hamil dan anak, tetapi juga mencakup komponen kesejahteraan sosial berupa dana untuk pemeliharaan pendapatan (income maintenance) khususnya bagi penyandang disabilitas dan lanjut usia.

Comments

comments

Category: Berita Utama

Close