Latar Belakang Dan Tujuan VALIDASI Program Keluarga Harapan

| November 4, 2017 | 0 Comments | 5.747 views

LATAR BELAKANG Dalam rangka percepatan penanggulangan kemiskinan sekaligus pengembangan kebijakan di bidang perlindungan sosial, Pemerintah Indonesia mulai tahun 2007 telah melaksanakan Program Keluarga Harapan (PKH).

PKH dikenal di negara lain dengan istilah Conditional Cash Transfers (CCT) atau bantuan sosial bersyarat. PKH bukan merupakan kelanjutan program Subsidi Langsung Tunai yang diberikan dalam rangka membantu penerima manfaat mempertahankan daya belinya pada saat pemerintah melakukan penyesuaian harga BBM.

PKH lebih dimaksudkan kepada upaya membangun sistem  perlindungan sosial kepada masyarakat miskin. Pelaksanaan di Indonesia diharapakan akan membantu penduduk termiskin, bagian masyarakat yang paling membutuhkan uluran tangan dari siapapun juga. Pelaksanaan PKH secara berkesinambungan setidaknya hingga tahun 2017 akan mempercepat pencapaian Tujuan Pembangunan Millenium.



TUJUAN dari kegiatan Validasi adalah untuk memastikan bahwa data calon peserta keluarga miskin yang diperoleh berdasarkan basis data terpadu (BDT)  memenuhi kriteria komponen PKH yaitu Eligible (memenuhi syarat sebagai penerima PKH) baik dalam komponen kesehatan, pendidikan atau kesejahteraan sosial. Proses validasi ini diharapkan mendapatkan data yang tepat dan akurat sesuai dengan data real dilapangan. Pengecekan data dilakukan oleh pendamping yang dihadirkan dalam pertemuan awal. Hasil pertemuan awal menjadi ketetapan apakah keluarga tersebut eligible atau non eligible.

Comments

comments

Tags: ,

Category: Berita Utama

Close