Memberdayakan KPM Program Keluarga Harapan Melalui Koperasi

| September 25, 2018 | 0 Comments | Dibaca 1.255 kali

Pada hari selasa tanggal 28 Agustus tahun 2018 bertempat di aula kantor kelurahan Tiwugalih Kecamatan Praya Kabupaten Lombok Tengah, PPKH Kabupaten Lombok Tengah dalam hal ini PPKH Kecamatan Praya bekerjasama dengan Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Lombok Tengah menyelenggarakan penyuluhan sekaligus pengukuhan Koperasi Serba Usaha Syari’ah yang di inisiasi oleh Pendamping Sosial PKH Kelurahan Tiwugalih Abdul Haris, S. Pd. Koperasi ini beranggotakanSeluruh Keluarga Penerima Manfaat Program Keluarga Harapan Kelurahan Tiwugalih.

Wacana untuk mendirikan koperasi berawal dari kegiatan Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga ( P2K2 ) atau biasa disebut FDS ( Family Development Session) yang rutin dilakukan oleh Pendamping Sosial PKH setiap bulannya yang dimana dalam kesempatan itu Pendamping menyampaikan Berbagai jenis pengetahuan yg salah satunyamateri modul Ekonomi yang isinya antara lain memberikan pengetahuan bagaimana Cara memanfaatkan bantuan sosial PKH yang didapat sekali dalam tiga bulan agar lebih produktif, manfaat menabung, dan bagaimana memulai usaha. Sehingga dalam perjalanannya kemudian muncullah inisiatif untuk mendirikan Koperasi.




Tak lama berselang, Dibuatlah sebuah forum dimana Pendamping mendatangkan Semua KPM untuk mengambil kesepakatan untuk mendirikan Koperasi dilanjutkan dengan Pembentukan pengurus inti, Dewan Pengawas, Dewan Pembina, Menyepakati Jumlah Simpanan Pokok, menyepakati jumlah simpanan wajib, Menyepakati nama kope Burasi dan jenis koperasi yang akan dibentuk. Kegiatan ini juga dihadiri oleh Koordinator Kabupaten PKH Lombok Tengah dan Pekerja Sosial Supervisor.

 

Dalam perkembangan selanjutnya, Pendamping berkonsultasi dengan Dinas Koperasi dan UKM sehingga disepakati bahwa Dinas Koperasi siap menghadiri acara penyuluhan dan pengukuhan sebagai langkah awal pembinaan terhadap koperasi ini. Di Kabupaten Lombok Tengah sendiri, Koperasi ini merupakan Koperasi pertama dan satu satunya yang anggotanya merupakan Keluarga Penerima Manfaat Program Keluarga Harapan.

Dengan hadirnya koperasi ini yang nantinya akan bergerak di bidang Simpan Pinjam dan Penjualan Sembako dan Perlengkapan Sekolah, diharapkan mampu memberdayakan KPM PKH, karena dana awalnya saja sudah mencapai Rp. 80.000.000 yang bersumber dari simpanan pokok senilai 200.000 dari anggota yang berjumlah 400 Orang.

Dengan dana yang ada nantinya akan dipergunakan untuk memberikan pinjaman modal usaha bagi KPM yang sudah memiliki usaha maupun kepada KPM yang ingin memulai usaha tentunya dengan syarat dan ketentuan yang telah di sepakati. Karena sejauh ini di di kelurahan Tiwugalih sudah dapat teridentifikasi beberapa KPM yang memiliki usaha yang beragam mulai dari Jualan kue, anyaman, penjahit, laundry dll.

Disamping itu, Dana yang ada juga akan dijadikan modal usaha bersama yakni jual beli Perlengkapan sekolah, Sembako, mesin fotocopy dan ATK, dengan harapan segala bentuk kebutuhan KPM mulai dari Kebutuhan perlengkapan sekolah anak dan sembako bisa di beli di badan usaha koperasi ini sehingga perputaran uang KPM akan terus mengalir ke koperasi ini dari anggota untuk anggota. Apalagi di tahun 2019 Bantuan Pangan Non Tunai juga sudah akan mulai dilaksanakan di kabupaten Lombok Tengah sehingga nantinya badan usaha ini bisa menjelma juga menjadi E Warong yang siap melayani penyaluran Bantuan Pangan Non Tunai.

PENULIS : Muhammad Luthfi, S. Psi Address: Lombok Tengah dikirim  melalui Form pengiriman tulisan

Join our list

Masukan Email aktif anda dan dapatkan pemberitahuan lewat email

Selamat Cek email Klik * Konfirmasi Ikuti*

Something went wrong.

Komentar

Tags: ,

Category: PKH Inspiration

Close