Mengenal Apa itu Kartu ATM HIMBARA

Oleh | Pada Oktober 3, 2016

Mengenal Apa itu Kartu ATM HIMBARA Untuk sementara ATM HIMBARA ini masih tahap pengenbangan sebanyak 50 jaringan mesin ATM milik 4 (empat) bank BUMN dikonsolidasikan dengan lokasi awal tersebar di seluruh wilayah Jakarta dan sekitarnya. Selanjutnya, ditargetkan sebanyak 800 jaringan mesin ATM akan terkonsolidasi di tahun 2016 ini. “Adapun brand name yang kami berikan adalah ‘Link ATM HIMBARA’,” ujar Asmawi Syam, Ketua Umum HIMBARA yang juga Direktur Utama Bank BRI. Menteri Sosial (Mensos), Khofifah Indar Parawansa, mengungkapkan e-Warong KUBE PKH bertujuan mengentaskan kemiskinan melalui sinergi Program Keluarga Harapan (PKH) dengan Kelompok Usaha Bersama (KUBE).

Khofifah memperinci  tujuan pembentukan e-Warong KUBE PKH yakni menyediakan tempat pemasaran produk-produk KUBE dan hasil usaha peserta PKH, menyediakan kebutuhan usaha dan kebutuhan pokok sehari-hari dengan harga murah bagi anggota KUBE dan peserta PKH, menyediakan transaksi keuangan secara non tunai/elektronik baik untuk pencairan bantuan sosial maupun pembayaran lainnya, serta menyediakan instrumen/sistem penyaluran bantuan sosial tanpa penyelewengan didukung dengan layanan pembayaran secara nontunai.

Dalam penyediaan bahan pokok, e-Warong KUBE PKH bekerja sama dengan Perum Bulog, sedangkan sistem penyaluran bantuan sosial bekerja sama dengan Himpunan Bank Negara (HIMBARA) yang terdiri dari BNI, BRI, Bank Mandiri, Bank Tabungan Negara.



“Keluarga miskin yang menerima bantuan PKH bisa langsung menggunakan Kartu Combo HIMBARA untuk berbelanja kebutuhan hidup di e-Warong KUBE PKH yang didirikan para penerima PKH. Dengan adanya simbiosis ini maka para penerima bansos PKH juga bisa mendapatkan manfaat, selain bisa belanja juga bisa

Keuntungan Pengguna ATM HIMBARA Mengenal Apa itu Kartu ATM HIMBARA

Pengelolaan ATM secara bersama pada satu perusahaan switching oleh BUMN perbankan ini memang memberikan banyak manfaat. “Antara lain penghematan biaya operasional bagi pihak perbankan dan penghematan biaya transaksi bagi masyarakat pengguna ATM”.

Konsolidasi ini akan menghemat biaya pengelolaan ATM hingga Rp 6,8 triliun per tahun. Sedangkan bagi masyarakat luas pengguna ATM, konsolidasi akan memangkas biaya transaksi ATM sekitar Rp 7,3 triliun per tahun. “Gambarannya, tarif transaksi transfer antar bank HIMBARA turun lebih dari 50 persen menjadi Rp 4.000,-. Sedangkan untuk tarif tarik tunai di bank lain sesama anggota HIMBARA turun lebih dari 90 persen menjadi hanya Rp 500,-,”

Harapan Kami Realisasi konsolidasi jaringan mesin ATM HIMBARA ini bisa berjalan sesuai dengan rencana yang sudah ditetapkan, yang pada akhirnya dapat memberikan manfaat yang lebih baik bagi BUMN perbankan khususnya dan bagi masyarakat pada umumnya.

Join our list

Masukan Email aktif anda dan dapatkan pemberitahuan lewat email

Selamat Cek email Klik * Konfirmasi Ikuti*

Something went wrong.

Tags: , , , ,

Category: UMUM

Close