Menghidupkan Kembali Warung Kelontong dengan Kube Jasa Mandiri Agen 46/E-Warong Mandiri

| Agustus 10, 2018 | 0 Comments | Dibaca 30.093 kali

Menghidupkan Kembali Warung Kelontong Yang Lama Mati Melalui Kube Jasa Mandiri Agen 46/E-Warong Mandiri,  Terinspirasi oleh sistem Elektronik Warung Gotong Royong atau disingkat E-WARONG dan berkat dorongan Koordinator Program Keluarga Harapan (untuk selanjutnya disingkat KORKAB PKH) Kabupaten Lumajang Akbar Alamin, Syahrul Ramadhan Pendamping PKH sekaligus merangkap sebagai Korcam PKH Kecamatan Jatiroto menghidupkan warung kelontong yang lama mati melalui Kube Jasa Mandiri Agen 46/E-Warong Mandiri yang diberi nama Justitia Omnibus. Justitia Omnibus ini sengaja di pakai oleh pendamping karena ada ketidaksesuaian kondisi dilapangan terkait Bantuan Sosial Sembako baik itu dengan istilah Beras Miskin (untuk selanjutnya disebut RASKIN) atau Beras Sejahtera (untuk selanjutnya disebut RASTRA). Banyak Keluarga Penerima Manfaat (untuk selanjutnya disebut KPM) tidak mendapatkan RASTRA sekalipun ada namanya dalam daftar penerima RASTRA. Sehingga dipakailah Justitia Omnibus yang berarti keadilan bersama.


Kube Jasa Mandiri menurut Korkab PKH Kabupaten Lumajang Akbar Alamin adalah kelompok usaha bersama dibidang jasa yang modalnya bukan dari pemerintah. Artinya Agen 46/E-Warong ini modal awalnya dari Keluarga Penerima Manfaat sendiri yang tergabung dalam Kelompok yang mempunyai visi dan misi sama untuk berusaha bersama. Menurut Syahrul Ramadhan Kube Jasa agen 46/E-Warong Mandiri Justitia Omnibus (untuk selanjutnya disebut E-WARONG MANDIRI JUSTITIA OMNIBUS) ini didirikan semata-mata untuk membantu KPM agar terlepas dari ketidakmampuan secara ekonomi sehingga perekonomian KPM tersebut segera meningkat. Karena Pendamping PKH bukan hanya memastikan Bantuan tepat sasaran, peserta PKH dapat bantuan Komplementaritas, atau hanya memberi materi Family Development Session (FDS) serta lain-lain yang menjadi tugas utama sebagai pendamping. Melainkan Pendamping PKH harus lebih dari itu yaitu langkah kongkret untuk mensejahterahkan KPM sehingga tujuan dari Pemerintah khususnya dalam PKH tercapai.
Alhamdulillah berkat dasar pemikiran tersebut terbentuklah beberapa E-Warong Mandiri di Kabupaten Lumajang dalam hal ini termasuk E-Warong Mandiri Justitia Omnibus yang di dampingi oleh Syahrul Ramadhan. Kube Jasa E-Warong Mandiri Justitia Omnibus terletak di Desa Kaliboto Lor Kecamatan Jatiroto Kabupaten Lumajang yang pengurus aktifnya sebanyak 5 orang. Kube Jasa ini bertempat dirumah salah satu KPM PKH di Dusun Krajan I RW 3 RT 17 Desa Kaliboto Lor Kecamatan Jatiroto Kabupaten Lumajang bernama Kasiyati. Ibu Kasiyati di dalam pengurusan E-Warong Mandiri Justitia Omnibus sebagai pemilik warung kelontong yang sempat tutup/mati sekaligus bendahara E-Warong Mandiri Justitia Omnibus. E-Warong Mandiri Justitia Omnibus di ketua oleh Ibu Fatimah yang hari-harinya juga berjualan sembako di rumah yang dia diami.

Terkait itu ternyata melalui E-Warong Mandiri Justitia Omnibus warung yang dulunya mati sekarang hidup kembali dengan modal bersama dari Ibu-Ibu KPM yaitu Ibu Fatimah (ketua), Ibu Wagini (sekretaris), Ibu Kasiyati (bendahara), Ibu Hartatik dan Ibu Indriyati (anggota). E-Warong Mandiri Justitia Omnibus ini berdiri pada Bulan Februari 2018 dan mampu menambah penghasilan pasti bagi 5 pengurus sebesar seratus ribu rupiah perbulan. Penghasilan tersebut murni dari hasil jualan sembako belum lagi dari gesek ATM yang menurut Pak Andre salah satu perwakilan BNI 46 Kantor Cabang Lumajang per geseknya seribu rupiah yang akan diberikan secara kumulasi pada setiap akhir tahunnya. Secara bertahap mereka mempunyai cita-cita dengan pola pendampingan dari PKH menyamai toko-toko waralaba yang semakin menjamur dan bisa menjadi KPM Graduasi yaitu keluar dari kepersertaan PKH.




 

Nama : SYAHRUL RAMADHAN, S.H. Address: LUMAJANG/JATIROTO/DESA KALIBOTO LOR

Join our list

Masukan Email aktif anda dan dapatkan pemberitahuan lewat email

Selamat Cek email Klik * Konfirmasi Ikuti*

Something went wrong.

Komentar

Category: PKH TERKINI

Close

Join our list

Masukan Email aktif anda dan dapatkan pemberitahuan lewat email

Selamat Cek email Klik * Konfirmasi Ikuti*

Something went wrong.

No thanks. I don't want.