MIARTINI, ANAK KPM PKH PENERIMA BIDIKMISI

Oleh | Pada Januari 22, 2019

Gantungkan cita-cita mu setinggi langit! Bermimpilah setinggi langit. Jika engkau jatuh, engkau akan jatuh di antara bintang-bintang (Ir Soekarno). Pepatah yang sering diucapkan dan didengar ketika duduk dibangku sekolah. Pepatah yang memberikan semangat dan keyakinan untuk terus berusaha mencapai cita-cita yang diimpikan. Ketika duduk dibangku sekolah dasar, pasti dengan mudah menyebutkan cita-cita ingin menjadi dokter, guru, tentara, polisi dan lain sebagainya. Namun, sejalan dengan pertumbuhan manusia pasti ada keraguan dan hambatan untuk mewujudkan cita-cita.

Anak-anak yang tumbuh dengan keterbatasan ekonomi kebanyakan tidak berani untuk bercita-cita setinggi langit. Untuk makan sehari-hari saja susah, bagaimana bisa sekolah sampai perguruan tinggi.



Harapan akan selalu ada, kini anak-anak yang kurang mampu dapat menggapai cita-citanya dan memperoleh pendidikan sampai perguruan tinggi melalui bidikmisi. Bidikmisi adalah program bantuan biaya pendidikan yang diberikan Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan kepada calon mahasiswa dari keluarga ekonomi terbatas tapi memiliki potensi akademik memadai.

Kebahagiaan terpancar dari raut wajah Ni Wayan Warni dan I Wayan Durja, Keluarga Penerima Manfaat (KPM) PKH Kecamatan Tampaksiring, Kabupaten Gianyar. Mereka sangat bersyukur dan bahagia karena anak bungsunya, Ni Wayan Tagel Miartini memperoleh bidikmisi.

Cerdas, kreatif dan ramah merupakan tiga sifat yang cocok menggambarkan sosok Ni Wayan Tagel Miartini. Remaja berusia 18 tahun ini tercatat sebagai siswa kelas XII SMK N 1 Tampaksiring, jurusan kecantikan kulit.

Hidup dengan keterbatasan ekonomi membuat Miartini berjuang lebih keras untuk menggapai cita-citanya. Dahulu ayahnya bekerja di proyek, namun saat ini tidak mampu bekerja karena penyakit yang diderita. Ibunya sehari-hari hanya membuat canang dan penghasilannya tidak seberapa. Kehidupannya hanya bergantung pada bantuan Program Keluarga Harapan (PKH).

Miartini tidak menyerah begitu saja, dia ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi tanpa membebani orangtuanya. Dia mencari informasi ke guru dan media, bagaimana cara untuk melanjutkan kuliah. Akhirnya Miartini mendapatkan informasi tentang program bidikmisi. Salah satu syarat untuk mendapatkan bidikmisi adalah harus berprestasi dan aktif di berbagai organisasi. Itu sebabnya Miartini bertekad sejak awal masuk SMK dia harus belajar dengan giat dan harus aktif mengikuti kegiatan di dalam maupun luar sekolah.

Awal masuk SMK menjadi awal perjuangan bagi Miartini, dia mengikuti segala macam organisasi kepemudaan dan mendapatkan berbagai penghargaan. Berikut adalah penghargaan yang diraih Ni Wayan Tagel Miartini:

  1. Putri Terbaik Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Gianyar Tahun 2018
  2. Putri Terbaik Kader Inti Pemuda Anti Narkoba (KIPAN) Kabupaten Gianyar Tahun 2018.
  3. Best Participant Junior Chamber International (JCI) Tahun 2018

Miartini masih aktif sebagai Kader Inti Pemuda Anti Narkoba (KIPAN) Provinsi Bali, Koor. Umum KNPI Kabupaten Gianyar, anggota Forum Pembaruan Kebangsaan dan anggota Banteng Muda Indonesia (BMI). Aktif di organisasi tidak membuat Miartini lupa dengan tugas-tugas di sekolah. Sejak kelas X, Miartini selalu mendapatkan peringkat 3 (tiga) besar.

Dukungan dari orangtuanya membuat Miartini semakin bersemangat menyelesaikan tugas-tugasnya di organisasi maupun di sekolah. Miartini memiliki keyakinan bahwa tidak ada masalah yang tidak dapat dipecahkan dan semua masalah memiliki jalan keluarnya. Kerja keras untuk meraih prestasi dan penghargaan terbayar lunas ketika Miartini direkomendasikan sekolahnya untuk mendapatkan program bidikmisi. Saat ini Miartini patut berbangga, karena dia bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Dia mendapatkan kesempatan untuk kuliah di Universitas Pendidikan Ganesha (UNDIKSHA) Singaraja, yang merupakan universitas pendidikan terbaik di Provinsi Bali.

Oleh: Ditya Insani Uji, S.Tr.Sos (Pekerja Sosial Supervisor Kab. Gianyar-Bali)

Join our list

Masukan Email aktif anda dan dapatkan pemberitahuan lewat email

Selamat Cek email Klik * Konfirmasi Ikuti*

Something went wrong.

Tags:

Category: PKH Inspiration

Close