MUSYAWARAH DESA MENJADI PINTU PERTAMA UPDATE DATA TERPADU KEMISKINAN DI DESA LEMAHBANG KULON KAB. BANYUWANGI

| Februari 24, 2018 | 0 Comments | 8.421 views

MUSYAWARAH DESA MENJADI PINTU PERTAMA UPDATE DATA TERPADU KEMISKINAN DI DESA LEMAHBANG KULON KAB. BANYUWANGI Lokasinya berada di ujung timur pulau jawa, Kabupaten Banyuwangi khususnya kecamatan Singojuruh dan lebih tepatnya di Desa Lemahbang Kulon. Desa kecil yang memiliki berbagai prestasi baik regional maupun nasional. Bersyukur sekali Desa ini menjadi pengabdian pertama saya sebagai seorang Pendamping Sosial PKH, langkah awal yang saya lakukan adalah segera berkoordinasi ke Stakeholder terkait, mulai dari Dinas Sosial Kab/ Kota, UPPKH Kab/ Kota, Kecamatan, Desa, Ketua Kelompok sampai pada Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Menurut data awal yang saya dapat dari Pendamping Sosial terdahulu yaitu Sdr. Siti Nur Aisyah, bahwasanya Data KPM Lama dan Baru sejumlah 160 peserta. Menurut banyaknya peserta PKH tersebut sesuai rasio pendampingan 150-300 masuk dalam kategori lokasi Mudah atau Normal, selain berdasarkan rasio pendampingan yang terbilang sedikit juga berdasarkan lokasi Desa yang cukup mudah dijangkau, baik dari pusat kecamatan maupun dari pusat kota kabupaten.

Ada salah satu yang menarik yang bisa dilihat diawal pengabdian saya ini di Desa Lemahbang Kulon, Bapak Agin Sunyoto (Kepala Desa) yang terbilang kreatif dan mampu mengkoordinir warga untuk bersama-sama dalam Musyawarah Desa yang dilakukan baru-baru ini menghasilkan salah satu produk yang pro masyarakat, yaitu mengupdate data terpadu khususnya dalam bidang kemiskinan. Karena setiap kali ada pemberian program sosial seperti Beras Sejahtera (RASTRA), Beras Bersubsidi (RASIDI), sampai ke Program Keluarga Harapan (PKH) banyak menimbulkan problem di lapangan karena keakuratan data yang dipertanyakan.



Dalam Musyawarah Desa yang di hadiri oleh Perwakilan Kecamatan, Bhabinkamtibmas, Ketua BPD, Ketua Dusun, dan Kepala RT/RW benar-benar menghasilkan data yang akurat yang nantinya akan dijadikan pijakan dalam melangkah dan menentukan kebijakan disaat ada kegiatan sosial di lingkungan Desa Lemahang, misalnya dalam program Beras Bersubsidi (RASIDI) dari Pemprov Jawa Timur melalui Dinas Sosial masing-masing, program tersebut bersifat kondisional sehingga data yang turun dari Pemprov masih bisa diolah oleh pemerintah desa dengan memperhatikan data terpadu tersebut hasil dari Musyawarah Desa.

Bagi Pendamping Sosial PKH sendiri, update data terpadu kemiskinan ini merupakan hal yang perlu diapresiasi, karena semakin akurat data kemiskinan dimasing-masing Desa sehingga bisa menjadi rujukan atau referensi tersendiri, selain itu efisiensi dan efektivitas dalam tugas dan pokok fungsi seorang Pendamping Sosial PKH. Melalui data terpadu kemiskinan bisa dilihat skala prioritas dalam pengambilan keputusan kedepan baik bagi seorang pendamping maupun pembuat kebijakan lainnya seperti Badan Pusat Statistik (BPS) dalam survey Kemiskinan dan Pemutakhiran Basis Data Terpadu (PBDT).

Program BPS terakhir yang disebutkan diatas merupakan data awal yang dijadikan acuan penetapan sasaran kepesertaan program-program perlindungan sosial dan penanggulangan kemiskinan pada skala nasional dan daerah. Program Keluarga Harapan (PKH) termasuk didalamnya, data PKH rujukan dasarnya pada survey PBDT dan terakhir update data tersebut di tahun 2015 yang lalu, sehingga harapan kami selaku Pendamping Sosial PKH dengan adanya Musyawarah Desa tentang update data terpadu kemiskinan di Desa Lemahbang Kulon kab. Banyuwangi menjadi pintu pertama dalam perbaikan sistem pendataan kemiskinan.

Dikirim oleh

Nama : Danang Iksan Maulana
Address: Desa Lemahbang Kulon Kecamatan Singojuruh Kab. Banyuwangi

Comments

comments

Tags: ,

Category: PKH TERKINI

Close