November Tuntas, Cermin Keberhasilan Agustus Tuntas

Oleh | Pada Oktober 28, 2017

Pencairan bantuan sosial non-tunai Program Keluarga Harapan (PKH) tahap 4 akan segera dilaksanakan pada bulan November.

“Agustus Tuntas akan kita terapkan lagi di November Tuntas” ungkap Harry Hikmat, Direktur Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial, Kementerian Sosial RI.

Seperti diketahui, Bulan Agustus lalu adalah pencairan tahap 3 Program Keluarga Harapan (PKH) di tahun 2017 ini dan hal tersebut cukup memberikan dampak positif dalam penyaluran bantuan sosial non-tunai PKH dan kesuksesan tersebut akan kembali diulang pada Bulan November mendatang, terang Harry pada saat memaparkan Kebijakan Validasi Kepesertaan PKH pada kegiatan Coaching Fasilitator Bimbingan Teknis Validasi 2017 di Jakarta, kemarin.



Kegiatan yang diselenggarakan oleh Direktorat Jaminan Sosial Keluarga tersebut berlangsung selama 4 hari, sejak 27 Oktober s.d 30 Oktober 2017 dan diikuti oleh 672 orang. Terdiri dari Koordinator Wilayah, Kooodinator Kabupaten, dan Koordinator Kota PKH se-Indonesia.

Bagi Kemensos, penerima bantuan sosial non-tunai tidak hanya untuk kalangan masyarakat yang mempunyai Nomor Induk Kependudukan (NIK) tetapi mereka yang tidak mempunyai NIK sangat berhak untuk mendapatkannya.

Itupun yang di inginkan oleh Harry Hikmat agar bantuan tepat sasaran diberikan kepada masyarakat yang benar – benar membutuhkan, “Bagi masyarakat yang tidak punya NIK harus menjadi KPM yang diusulkan oleh PendampingnPKH” imbuh Harry.

Terkait validasi calon KPM di tahun 2018 akan dilakukan oleh pendamping sosial yang mengikuti Bimbingan Teknis Validasi. Selanjutnya, kegiatan validasi komponen PKH dilaksanakan bersama-sama dengan validasi Know Yours Costumer (KYC) oleh petugas Himpunan Bank Negara (Himbara). (OHH/Linjamsos)

Sumber _https://www.kemsos.go.id/berita/november-tuntas-cermin-keberhasilan-agustus-tuntas

Join our list

Masukan Email aktif anda dan dapatkan pemberitahuan lewat email

Selamat Cek email Klik * Konfirmasi Ikuti*

Something went wrong.

Category: Berita Utama

Close