PEDOMAN PERINGATAN HARI PAHLAWAN 2017 “PERKOKOH PERSATUAN MEMBANGUN NEGERI”

Oleh | Pada November 3, 2017

Peringatan Hari Pahlawan 10 November adalah agenda nasional yang diperingati setiap tahun baik di dalam negeri maupun luar negeri. Peringatan Hari Pahlawan juga merupakan salah satu bentuk penghormatan atas jasa dan perjuangan para Pahlawan  dan Pejuang.

Dengan semangat pantang menyerah dan tanpa pamrih, mereka rela mengorbankan jiwa dan raga demi membela dan mempertahankan kemerdekaan  Indonesia,  sebagaimana  yang  terjadi  pada  Pertempuran10 November 1945 di Surabaya.

Pertempuran 10 November 1945 di Surabaya adalah pertempuran terbesar setelah Indonesia merdeka yang menelan korban jiwa yang cukup besar. Sehingga     untuk     mengenang     peristiwa     heroik     tersebut     maka tanggal 10 November diperingati sebagai Hari Pahlawan dengan harapan masyarakat     dapat     memahami     makna     yang     terkandung     dalam peristiwa pertempuran 10 November untuk selanjutnya tergugah mengimplementasikan semangat dan nilai-nilai luhur Pahlawan dalam kehidupan sehari-hari.



Apabila setiap komponen bangsa memiliki kesadaran tersebut, maka bukan hal yang mustahil bangsa Indonesia akan dapat menghadapi ancaman, hambatan dan gangguan yang datang, baik dari dalam maupun luar negeri.

Semangat dan Nilai-nilai Kepahlawanan sangat relevan untuk terus ditumbuhkembangkan, apalagi saat ini kondisi bangsa Indonesia sangat memprihatinkan.  Banyak  masyarakat  saling  menghujat,  saling  fitnah, saling melakukan tindakan kekerasan, bahkan melakukan aksi terror yang mengancam keamanan serta tindakan lain yang dapat berakibat pada perpecahan bangsa.

Untuk itu sangatlah tepat tema Hari Pahlawan tahun 2017 adalah “PERKOKOH PERSATUAN MEMBANGUN NEGERI”, dengan harapan segenap komponen bangsa Indonesia dapat lebih mengutamakan kepentingan bangsa dan negara daripada kepentingan pribadi atau golongan. Terus memelihara persatuan dan kesatuan untuk keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang telah dengan susah payah didirikan oleh para pendiri negeri ini.

Berkenaan   dengan   hal   tersebut,   melalui   Peringatan   Hari   Pahlawan tahun 2017, diharapkan segenap komponen bangsa dapat turut berperan aktif menyemarakkan Peringatan Hari Pahlawan sesuai dengan kemampuan dan profesi masing-masing. Peran aktif tersebut kiranya bukan hanya bersifat seremonial semata, namun juga diharapkan dapat memberikan kontribusi nyata bagi pembangunan bangsa dan negara.

 

Download PEDOMAN PERINGATAN HARI PAHLAWAN 2017 “PERKOKOH PERSATUAN MEMBANGUN NEGERI”

  PEDOMAN PERINGATAN HARI PAHLAWAN 2017 “PERKOKOH PERSATUAN MEMBANGUN NEGERI” (unknown, 483 hits)

Join our list

Masukan Email aktif anda dan dapatkan pemberitahuan lewat email

Selamat Cek email Klik * Konfirmasi Ikuti*

Something went wrong.

Tags: ,

Category: Berita Utama

Close