Pendamping Sosial Dampingi Meretas Kemandirian Kelompok Usaha Bersama Produksi Kopi

Oleh | Pada Oktober 19, 2018

Pendamping Sosial Dampingi Meretas Kemandirian Kelompok Usaha Bersama Produksi Kopi Kelompok usaha bersama berlokasi di Tonggolari Sidomulyo. Kelompok usaha bersama ini merupakan dampingan Fifi S, Kecamatan Batu Kota Batu.

‘’Kelompok usaha bersama yang ditekuni keluarga penerima manfaat Program Keluarga Harapan tersebut yaitu produksi kopi. Memilih produksi kopi dikarenakan itu disesuaikan ketrampilan keluarga penerima manfaat dalam kelompok tersebut,’’Ujar ketua kelompok tersebut ialah Sri Rochmawati. Produksi dilaksanakan seminggu dua kali. Proses produksinya dijadwal, setiap produksi terdiri dari tiga anggota.



Kelompok usaha bersama produksi kopi (Foto : Pendamping sosial PKH)

Selanjutnya untuk mengatur proses produksi lebih baik ada jadwal. Pembagian jadual dimaksudkan agar ada keteraturan dan tidak ada ketimpangan dalam pelaksanaan, setiap anggota kelompok usaha bersama mendapat bagian secara bergantian. Setiap kemasan dijual Rp.13.000 per 250 gram. Kelompok usaha mengambil Rp.1000 per kemasan.

Pembinaan oleh Dinas Sosial bidang perlindungan jaminan sosial Kota Batu telah diupayakan dalam berbagai bentuk stimulus program. Bentuknya diantaranya pertama motivasi usaha melalui pembinaan sarana dan prasarana di Hotel Seulawah, kedua pemberian bantuan alat usaha kelompok bersama seperti alat selep, dan siler. Produksi yang dihasilkan berupa kopi dalam kemasan 250 gram. Konsumen yang dituju masih menengah ke bawah, sesuai proses perkembangan unit kelompok usaha bersama.

Pemasaran yang dilakukan masih di sekitar masyarakat, warung. Kemasan yang dilakukan masih sederhana seiring dengan waktu. Sistem pemasaran pun masih konvensional belum online.

Pendamping Sosial Program Keluarga Harapan kunjungi produksi kopi

‘’ Design kemasan stiker kemasan pemasaran di berbagai kalangan, mengontrol rasa kopi sebagai bagian produksi, Bagian peneliti produksi, Digiling brapa kali dlm produksi akan berbeda hasilnya. Karna sudah punya alat jd produksi giling lebih maksimal bisa berulang ulang biar hasilnya bagus dan halus. Mengajari bagaimana menjual di online’’ Urai Fifi selaku pendamping sosial Kecamatan Batu Program Keluarga Harapan.

Kopi bubuk ini aman karena tidak ada pengawet, produksi keluarga penerima manfaat kelompok usaha bersama. Pemberdayaan ekonomi dan sosial ini akan menjadi stimulus meretas kemandirian ekonomi.

Pekerja sosial supervisor Program Keluarga Harapan Kota Batu
Moch. Ferry Dwi Cahyono

Join our list

Masukan Email aktif anda dan dapatkan pemberitahuan lewat email

Selamat Cek email Klik * Konfirmasi Ikuti*

Something went wrong.

Tags: ,

Category: KUBE PKH

Close