Penerima Manfaat PROGRAM KELUARGA HARAPAN, Menjadi Agen Kesehatan

Oleh | Pada Oktober 23, 2018

PENINGKATAN PERAN DAN POSISI TAWAR BAGI PESERTA PKH DI MASYARAKAT MELALUI “AGEN KESEHATAN”
PROGRAM UNGGULAN PENDAMPING PKH KECAMATAN JETISAgen Kesehatan”, itulah program unggulan yang dimiliki oleh para pendamping PKH Kecamatan Jetis, agen ini mulai dirintis sejak tahun 2017. Merintis Agen Kesehatan ini dilakukan secara bertahap mulai dari pengumpulan dana, penyerahan barang tensi, pelatihan, hingga Agen Kesehatan tersebut telah tersebar diseluruh dusun Kecamatan Jetis. Saat ini Kecamatan Jetis memiliki 128 Agen Kesehatan di 64 dusun, masing-masing dusun terdiri dari dua agen. Mereka telah mendapatkan pelatihan yang difasilitasi oleh Pendamping PKH yang bekerja sama dengan pihak Puskesmas.


Hal yang melatar belakangi perlu adanya “Agen Kesehatan” di setiap dusun diantaranya banyak kasus setelah melahirkan para ibu meninggal diakibatkan hipertensi/darah tinggi, ditemukannya masalah dilapangan bahwa pemeriksaan tensi hanya ada di Puskesmas sehingga KPM harus mengantri cukup lama hanya sekedar untuk memeriksakan/mengecek darah, dimana mereka tidak memiliki banyak waktu untuk menugu berjam-jam. Hal tersebutlah yang menjadi latar belakang pendamping PKH Kecamatan Jetis untuk melakukan gerak cepat dengan menyelenggarakan Agen Kesehatan di setiap Dusun, untuk mengurangi atau meminimalisir angka kematian akibat hipertensi. Pada saat itu para pendamping PKH mulai mengumpulkan dana secara bertahap, dana yang dikumpulkan berasal dari berbagai kegiatan pendamping PKH di luar misalnya menjadi fasilitator, menyisihkan uang gaji, dan lain sebagainya hingga terkumpul uang yang cukup untuk alat tensi dan diserahkan per dusun secara bertahap dalam rangka membentuk Agen Kesehatan.



Mekanisme Agen Kesehatan, adalah Agen Kesehatan dapat dilakukan setiap pertemuan kelompok PKH baik sesudah maupun sebelum kegiatan, dilakukan pada kegiatan posyandu, bahkan bila ada warga sekitar yang ingin mengecek tensi diwaktu kapanpun atau sesuai kebutuhan, pelayanan tersebut digunakan tidak hanya untuk KPM PKH saja melainkan untuk warga sekitarnya yang membutuhkan atau disebut warga yang tidak dapat PKH, tidak hanya itu saja bahkan Agen Kesehatan bisa membuatkan form rujukan untuk melanjutkan pemeriksaan ke kesehatan di Puskesmas.


Berjalannya program tersebut dapat meningkatkan Peran dan Posisi Tawar serta stimulant bagi Peserta pkh di Masyarakat melalui Program Agen Kesehatan, diantaranya menumbuhkan kesadaran kepada KPM PKH betapa pentingnya melakukan pemeriksaan tensis darah, setelah dirasakan hal tersebut penting, maka ada beberapa dusun berinisiatif membeli sendiri alat tensi atau membeli alat –alat lainnya sebagai pelengkap pemeriksaan kesehatan. KPM memiliki keterampilan penggunaan Tensi, bahkan KPM PKH yang sudah mendapatkan pelatihan mampu mengajarkan kepada KPM lainnya untuk bisa melakukan tensi kepada siapapun, sehingga dengan hal tersebutlah mengubah pandangan mereka atau pihak lain bahwa dari tidak berdaya hanya meminta bantuan saja, namun mereka mampu menjadi berdaya sebagai pelaku kesehatan.


Saat ini teman-teman pendamping PKH Kecamatan Jetis mengirimkan Program Unggulan Mereka “Agen Kesehatan” ke Satu Indonesa (salah satu program Astra Indonesia), bahkan sudah mendapatkan penilaian dimana Program tersebut terpilih menjadi Pemenang di Tingkat DIY.

Semoga tulisan ini menjadi inspirasi untuk kita semua agar selalu bekerja dengan sepenuh hati, dan selalu mengembangkan kreatifitas dalam rangka memberdayakan KPM PKH kita.

Penulis: Evi Mulyati, S.ST, M.Si Pekerja Sosial Supervisor Kabupaten Bantul DIY

Join our list

Masukan Email aktif anda dan dapatkan pemberitahuan lewat email

Selamat Cek email Klik * Konfirmasi Ikuti*

Something went wrong.

Tags:

Category: PKH Inspiration

Close