Peningkatan Kemampuan Keluarga (P2K2) Memahami Perilaku Anak

Oleh | Pada Oktober 18, 2018

KPM Cirebon Belajar Memahami Perilaku Anak Kota Cirebon, (Selasa, 16 Oktober 2018) Pendamping melaksanakan Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga (P2K2) pada KPM Kecapi, Kota Cirebon untuk belajar memahami perkembangan dan perilaku anak yang diikuti oleh 27 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang di ketuai oleh Ibu Asani di RT 04, RW 18, Kelurahan Kecapi, Kecamatan Harjamukti, Kota Cirebon.

“Kegiatan ini dilaksanakan sebulan sekali, dan ketua bersama anggotanya sangat care dan kompak” Kata Mba Dian, pendamping PKH Cirebon.



KPM mengikuti kegiatan P2K2 dengan tawa dan senyum dan focus mendapatkan materi modul pendidikan dan pengasuhan anak sesi 2. Selain itu kegiatan dilanjutkan dengan pemutaran video tentang keluarga untuk memahami perkembangan dan perilaku anak. Yang disimak adalah beberapa KPM berkomentar, “ih saya banget”. Pendamping kemudian memimpin diskusi seputar beberapa cara untuk mengurangi perilaku buruk anak dan ada beberapa hal untuk memuji sifat baik anak.


Belajar memahami perilaku anak dimulai dari meningkatkan perilaku baik anak kemudian dilanjutkan mengurangi perilaku buruk anak, serta KPM juga diajak bermain bersama supervisor dan pendamping untuk membuat fokus ibu-ibu siap menerima materi kembali. Permainan yang dinamakan permainan “hujan-hujanan” ini sangat ineraktif untuk membangun semangat ibu-ibu KPM dalam kegiatan P2K2. Kemudian diakhir sesi KPM diberikan motivasi untuk bisa mempraktekan didalam keluarganya masing-masing mengenai meningkatkan perilaku baik dan mengurangi perilaku buruk anak. Karena orangtua harus dapat mengidentifikasi kelebihan anak serta orangtua juga harus memahami efek negative dari menggunakan hukuman fisik.

SPV KOTA CIREBON NUR RAHMAWATI S

Pertemuan P2K2 (Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga) atau FDS (Family Development Session) yang rutin selalu diadakan oleh pendamping dengan KPM (Keluarga Penerima Manfaat) selalu memberikan cerita yang menarik.

P2K2 menjadi salah satu kewajiban KPM yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan keluarga dilaksanakan minimal sekali dalam sebulan. Pertemuan dilaksanakan dirumah ketua kelompok ibu Ipah di Jl. Kalitanjung Penyuken RT 02/ RW 05, Kelurahan Harjamukti, Kecamatan Harjamukti yang diikuti oleh 13 KPM, P2K2 di fasilitator oleh Nurhayati selaku pendamping PKH.

Pada pertemuan kali ini membahas sesi 1 dari modul 1 tentang menjadi orangtua yang lebih baik yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman orangtua tentang pentingnya pola asuh yang baik dirumah, serta cara untuk menjadi lebih kompak sebagai orangtua dan saling bekerjasama antara ayah dan ibu dalam pengasuhan anak. “materi ini adalah tentang memahami agar menjadi orangtua yang lebih baik” kata Nurhayati.

Penekanan dalam materi ini adalah orangtua merupakan penenkanan panutan bagi anak serta orangtua memiliki pengaruh yang kuat terhadap perilaku anak sehingga diperlukan pemahaman tentang perilaku mendidik serta konsekuensi dari perilaku positif dan negative dari orangtua. Selain itu diajarkan pentingnya kerjasama kedua orangtua dalam mengasuh anak, meskipun menurut peserta “ada beberapa suami yang hanya bekerja mencari uang tetapi ada beberapa yang membantu dalam mengasuh anak dan membantu pekerjaan rumah tangga”

Selain itu, ada KPM yang seorang janda tidak bisa menjadi orangtua yang lengkap, menurut supervisor saat pertemuan “meskipun tidak menjadi keluarga yang lengkap tetap harus menjadi orangtua yang lebih baik dalam pengasuhan anak guna melahirkan anak yang lebih baik.” ujarnya

oleh Nama : Nur Rahmawati S Address: Supervisor PKH KOTA CIREBON No HP: 085210338limasempilanempat

Join our list

Masukan Email aktif anda dan dapatkan pemberitahuan lewat email

Selamat Cek email Klik * Konfirmasi Ikuti*

Something went wrong.

Tags: , , ,

Category: FDS PKH

Close