Peran Pendamping PKH Dalam Menambah Pendapatan KPM

Oleh | Pada September 1, 2018

Budidaya Lele Menambah Pendapatan KPM PKH Menerima uang bantuan PKH dalam setiap tahapnya (sekali dalam tiga bulan) adalah suatu perkara mudah. Namun lain halnya bahwa mengarahkan uang bantuan tersebut menjadi lebih produktif bukanlah perkara yang mudah. Hal ini sebenarnya yang menjadi permasalahan penting dalam proses bisnis PKH. Memang jumlah bantuan yang diberikan tidak begitu besar (Rp 500.000/tahap). Akan tetapi jumlah bantuan tersebut diharapkan dapat meringankan perekonomian para KPM.

Para pendamping seharusnya dapat melihat potensi dari KPM PKH dampingannya untuk bisa dikembangkan secara ekonomis. Karena seyogyanya tugas pendamping bukannya hanya sebatas penyaluran bantuan, verifikasi, ataupun pemutakhiran. Namun sebagai advokasi harus bisa mendorong dan membantu para KPM dampingannya untuk keluar dari garis kemiskinan atas kemampuan mereka sendiri/mandiri.

Saya selaku pendamping PKH di salah satu kecamatan di Kabupaten Padang Lawas Utara Provinsi Sumatera Utara terus berupaya melakukan pendampingan dengan fokus pada pengembangan usaha bersama secara mandiri. Karena pada dasarnya KPM dampingan ini memiliki kemauan dalam meningkatkan taraf kehidupannya. Untuk itu saya selaku pendamping telah mencanangkan Usaha Ekonomi Produktif di sektor perikanan, yaitu Budiaya Lele Sistem Bioflok.



Pendamping Bersama Para KPM Mengisi Air Kolam Secara Gotong Royong

 

Dengan bermodalkan tekad yang kuat dan semangat gotong royong, telah terbentuk Kelompok Usaha Bersama di Desa Pangirkiran. Usaha budidaya lele tersebut beranggotakan 6 KPM PKH diketuai oleh Ibu Rahmi yang telah sepakat untuk menjalankan usaha ini. Sementara modal awal untuk usaha ini bersumber dari iuran sebesar Rp. 100.000 dari setiap anggota yang diperoleh dari uang bantuan PKH tahap I dan II tahun 2018. Pada awal penebaran bibit Budidaya Lele ini dilakukan sebanyak 3000 ekor bibit untuk kolam ukuran 2×6 meter. Dan sekarang sudah memasuki periode kedua sebanyak 5000 ekor bibit (19/08/2018).

Sumber air yang cukup tersedia di desa dampingan ini semakin mendukung pelaksanaan Usaha Budidaya Lele dari para KPM ini. Ditambah lagi dengan kondisi kebutuhan konsumen terhadap ikan lele di kabupaten tersebut semakin meningkat menjadikannya target pasar yang strategis. Dengan adanya usaha tersebut telah menambah pendapatan para KPM anggotanya cukup signifikan dan ini sudah mulai dirasakan oleh mereka. Dimana target utama saya selaku pendamping adalah memfasilitasi agar setiap anggota dapat memiliki kolam lele masing-masing. Sehingga memudahkan mereka keluar dari kemiskinan/graduasi dari PKH. Namun untuk mewujudkan hal tersebut dibutuhkan dukungan dari pemerintah daerah maupun pusat.

Oleh Pendamping PKH Kab. Padang Lawas Utara Sumatera Utara: Doli Parlindungan Siregar

Join our list

Masukan Email aktif anda dan dapatkan pemberitahuan lewat email

Selamat Cek email Klik * Konfirmasi Ikuti*

Something went wrong.

Tags:

Category: KUBE PKH

Close