Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga (P2K2) di Junwatu Kecamatan Junrejo Kota Batu

| September 1, 2018 | 0 Comments | Dibaca 30.099 kali

Menurut Havighurst (Monks,1988) pada setiap tahapan perkembangan manusia terdapat tugas-tugas perkembangan yang perlu dipenuhi agar individu dapat berkembang dengan optimal dan siap menghadapi tugas perkembangan berikutnya. Jika tidak, maka akan menghambat perkembangan dalam diri individu yang bersangkutan. Anak usia dini salah satu proses pertumbuhan anak yang sangat perlu diperhatikan tumbuh kembang dalam perjalanannya. Masa keemasan dalam usia tersebut, maka penting orang tua memperhatikan setiap periodenya.

Salah satu cara untuk memaksimalkan tumbuh kembang anak yaitu dengan melakukan aktifitas bermain. Jenis permainan pun sekarang sudah beragam benuknya mulai konvesional sampai modern. Permainan (play) adalah suatu kegiatan yang menyenangkan yang dilaksanakan untuk kepentingan kegiatan itu sendiri ( Santrock, 2002). Erikson dan Freud : Permainan adalah suatu bentuk penyesuaian diri manusia yang sangat berguna menolong anak menguasai kecemasan dan konflik. Piaget melihat permainan sebagai suatu metode yang meningkatkan perkembangan kognitif anak-anak.


Monitoring pertemuan peningkatan kemampuan keluarga di rumah keluarga penerima manfaat Program Keluarga Harapan – memahami cara anak usia dini bermain oleh pendamping Junrejo Indra Yuniarti dihadiri 16 KPM. Kegiatan tersebut dilakukan rutin setiap bulan sebagai salah satu kewajiban kepesertaan sebagai keluarga penerima manfaat Program Keluarga Harapan.




Beberapa manfaat bermain bagi anak pertama dari aspek fisik, meningkatkan kelincahan anak karena dengan bermain anak mengekspresikan geraknya secara maksimal baik berjalan, bergerak maupun melompat kedua, aspek bahasa meningkatkan kemampuan memperluas kosakata karena anak mengeksplor setiap kata baik lama dan baru, ketiga aspek emosi mengenalkan anak bersosialisasi dengan teman sebayanya. Bermain ini perlu diperhatikan oleh orang tuanya karena banyak aspek positif tumbuh kembang anak dipengaruhi salah satunya dengan bermain.


Pertemuan bulanan tersebut dalam pelaksanaannya setidaknya pendamping menyampaikan materi selama 1 jam 30 menit. Materi tersebut disesuaikan dengan komponen yang ada dalam Program Keluarga Harapan. Bahkan pendamping menyajikan materi dengan baik dalam bentuk diskusi kelompok untuk meningkatkan partisipasi bagi keluarga penerima manfaat secara baik. Ibu-ibu juga turut berpartisipasi dalam bentuk bertanya bagaimana cara meningkatkan tumbuh kembang anak lebih baik. Memaksimalkan tumbuh kembang anak bisa dengan permainan sederhana yang mudah didapat tidak harus mahal.

Pekerja sosial supervisor PKH Kota Batu,
Bidang Informasi Komunikasi Ikatan Pekerja Sosial Profesional Indonesia (IPSPI) Jawa Timur
Moch. Ferry Dwi Cahyono

Join our list

Masukan Email aktif anda dan dapatkan pemberitahuan lewat email

Selamat Cek email Klik * Konfirmasi Ikuti*

Something went wrong.

Komentar

Tags: ,

Category: FDS PKH

Close

Join our list

Masukan Email aktif anda dan dapatkan pemberitahuan lewat email

Selamat Cek email Klik * Konfirmasi Ikuti*

Something went wrong.

No thanks. I don't want.