PROFIL PROGRAM KELUARGA HARAPAN KABUPATEN SUKOHARJO

| Mei 28, 2017 | 0 Comments | 1.452 views

PROFIL PROGRAM KELUARGA HARAPAN KABUPATEN SUKOHARJO, Kabupaten Sukoharjo yang merupakan kabupaten dengan luas wilayah terkecil kedua di Jawa Tengah.  Memiliki komitmen dalam mengentaskan kemiskinan.  Sejak september 2013, Program Keluarga Harapan dan masuk ke wilayah ini dan tersebar di 12 kecamatan 167 desa. Dengan total penerima bantuan hingga saat ini sejumlah 16.975 KPM, PPKH Kabupaten Sukoharjo berusaha melaksanakan fungsi pendampingan secara maksimal. Hal ini dibuktikan dengan diraihnya PKH Award kategori Konsistensi Terbaik Pemerintah Daerah Dalam Pelaksanaan PKH. Sebagai wujud konsistensi PPKH Kabupaten Sukoharjo dalam pemberdayaan KPM

Selangkapnya simak Profil PKH kab SUKOHARJO di video berikut

 



 

 

 

FKH PKH SUKOHARJOHARI IBU dan HKSNKBB KAB SUKOHARJO

 

FESTIVAL KELUARGA HARAPAN 2017 PKH Kabupaten Sukoharjo Dalam pelaksaannya, PKH lebih menitikberatkan keterlibatan dan peran aktif seorang ibu dalam mendorong perubahan perilaku positif pada keluarganya. Padahal jika jika diarahkan dengan baik dan benar, anak-anak KPM PKH juga dapat dipandang sebagai manifestasi agent of change yang menjanjikan dalam memutus rantai kemiskinan antar generasi di Indonesia di masa yang akan datang dengan cepat. Bersama peran aktif seorang ibu dan meningkatnya kesadaran serta motivasi anak-anak KPM PKH, maka memutus rantai kemiskinan antar generasi dengan cepat bukanlah hal yang mustahil.

FESTIVAL KELUARGA HARAPAN 2017 PKH Kabupaten Sukoharjo Dalam pelaksaannya, PKH lebih menitikberatkan keterlibatan dan peran aktif seorang ibu dalam mendorong perubahan perilaku positif pada keluarganya. Padahal jika jika diarahkan dengan baik dan benar, anak-anak KPM PKH juga dapat dipandang sebagai manifestasi agent of change yang menjanjikan dalam memutus rantai kemiskinan antar generasi di Indonesia di masa yang akan datang dengan cepat. Bersama peran aktif seorang ibu dan meningkatnya kesadaran serta motivasi anak-anak KPM PKH, maka memutus rantai kemiskinan antar generasi dengan cepat bukanlah hal yang mustahil.

Oleh karena itu, diperlukan suatu kegiatan terobosan yang dapat  meningkatkan motivasi ibu dan anak-anak KPM PKH guna meningkatkan kualitas pribadi sebagai bekal untuk menggapai masa depan yang lebih baik dan sejahtera. Salah satu kegiatan terobosan tersebut adalah melalui peningkatan semangat dan kepercayaan diri bagi ibu-ibu KPM PKH serta peningkatan kegiatan membaca dan menulis untuk anak-anak KPM PKH. Dimana kegiatan membaca buku dan menulis memiliki keterkaitan erat dengan kemajuan suatu bangsa.

Berdasarkan realitas di atas, Pendamping dan Operator PKH Sukoharjo mengadakan rangkaian kegiatan yang diberi nama FESTIVAL KELUARGA HARAPAN 2017 yang terdiri dari Lomba Paduan Suara, Lomba Menulis Cerita Pendek Inspiratif dan Launching Komunitas Generasi Harapan dalam rangka memperingati hari Kartini serta hari Anak Nasional. Dengan diadakannya kegiatan ini, diharapkan dapat meningkatkan motivasi KPM PKH dan anak-anak KPM PKH Sukoharjo untuk semakin bersemangat dalam meningkatkan kualitas pribadi dan anggota keluarga yang lain untuk meraih masa depan yang lebih baik dan sejahtera. Selain itu, kegiatan ini juga diharapkan dapat menjadi wadah bagi anak-anak KPM PKH Sukoharjo untuk menggali dan meningkatkan potensi yang dimiliki.

FESTIVAL KELUARGA HARAPAN 2017 merupakan rangkaian kegiatan yang diselenggarakan oleh Pendamping dan Operator PKH Sukoharjo dalam rangka memperingati hari Kartini yang jatuh pada tanggal 21 April dan hari Anak Nasional yang jatuh pada tanggal 23 Juli. Diharapkan kegiatan ini dapat meningkatkan semangat kebersamaan, kerja sama dan percaya diri KPM PKH Sukoharjo dalam meraih masa depan yang lebih baik. Selain itu, kegiatan ini juga diharapkan dapat mewadahi dan mengembangkan minat serta bakat menulis putra-putri KPM PKH Sukoharjo sebagai bentuk apresiasi terhadap putra-putri KPM PKH Sukoharjo. FESTIVAL KELUARGA HARAPAN 2017 memiliki beberapa kegiatan antara lain:
  • LOMBA PADUAN SUARA
Merupakan ajang kompetisi paduan suara yang akan diikuti oleh 250 peserta KPM PKH Sukoharjo dalam rangka memperingati hari Kartini yang jatuh pada tanggal 21 April. Lomba dilaksanakan pada tanggal 30 April 2017.
  • LOMBA MENULIS CERITA PENDEK INSPIRATIF
Merupakan ajang kompetisi menulis cerita pendek inspiratif yang akan diikuti oleh 3000 siswa-siswi SMP dan SMA. Dimana 3000 siswa-siswa tersebut merupakan putra-putri KPM PKH Sukoharjo yang memiliki banyak potensi jika diarahkan dengan baik. Cerita pendek inspiratif yang akan dibuat oleh peserta akan mengangkat tema mengenai Life on PKH, yaitu mengenai pengalaman kehidupan menjadi Keluarga Penerima Manfaat (KPM) PKH. Mereka akan bercerita tentang pengalaman inspiratif sebagai anak-anak KPM PKH, apa keinginan dan cita-cita di masa yang akan datang dan bagaimana mereka memandang kehidupan sosial di sekitar mereka.

Lomba menulis cerita pendek inspiratif ini akan dilakukan dalam satu tahap. Dimana peserta dapat mengumpulkan naskah cerita pendek inspiratif kepada panitia melalui email atau melalui pendamping masing-masing sesuai batas waktu yang telah ditentukan. Selanjutnya naskah akan diseleksi oleh panitia dan dipilih 40 naskah cerita pendek inspiratif terbaik. Selanjutnya, 40 naskah terbaik akan dinilai oleh dewan juri yang kemudian akan dipilih 25 naskah terbaik. Dari 25 naskah cerita pendek inspiratif tersebut, akan dipilih 6 naskah terbaik yang berhak memenangkan kompetisi. Pengumuman pemenang akan diumumkan pada saat acara puncak pada Seremonial Penyerahan Hadiah Pemenang Lomba Menulis Cerita Pendek Inspiratif yang bertepatan dengan Peringatan Hari Anak Nasional tanggal 23 Juli 2017 dan 25 naskah cerita pendek inspiratif terbaik karyanya akan dibukukan.


Berikut gallery Video

[Youtube_Channel_Gallery feed="playlist" user="PLYJwEukhaOGkYqnxkQ1QlHEvnsdIAYfLC" key="AIzaSyDzjsEtuIxA04xiS3qvNDENSEmDmhnoQgc" maxitems="20" thumb_columns_ld="3" title="1"]

 

 

Sukoharjo Pada Sabtu (23/12) Keluarga Penerima Manfaat, bantuan Program Keluarga Harapan ( PKH ) ramai memadati Alun-alun Satyanegara Kabupaten Sukoharjo dalam rangka peringatan HKSN dan Hari Ibu. Dalam acara yang berlangsung sejak pagi, peserta antusias membentuk formasi tulisan PKH terbesar dengan melibatkan 10.000 orang lebih . Hal ini sebagai wujud terimakasih kepada Pemerintah atas adanya bantuan PKH. dengan tempo waktu latihan yang sangat minimal namun hasilnya maksimal dengan indah susunan huruf PKH dapat terbentu dengan melibatkan ribuan orang didalamnya, ini merupakan salah satu bukti nyata KPM PKH kabupaten Sukoharjo sangat kompak dalam 1 kesatuan, Selain  dihadiri ribuan KPM PKH acara tersebut juga dihadiri Bupati Sukoharjo H. Wardoyo Wijaya SH MH, Wakil Bupati H Purwadi SE MM, Koordinator wilayah PKH Jateng III Ibu Titik, Ketua TP PKK Sukoharjo Hj Etik Suryani, Plt Kepala Dinsos  Sarmadi, SE.M.Si dan juga sejumlah pejabat di lingkungan Pemkab Sukoharjo.

Selain itu juga diserahkan penghargaan kepada pemenang Lomba Cerpen anak penerima bantuan PKH .Cerita pendek inspiratif yang  dibuat mengenai Life on PKH, yaitu mengenai pengalaman kehidupan menjadi Keluarga Penerima Manfaat (KPM) PKH. Mereka akan bercerita tentang pengalaman inspiratif sebagai anak-anak KPM PKH, apa keinginan dan cita-cita di masa yang akan datang dan bagaimana mereka memandang kehidupan sosial di sekitar mereka. terpilihlah. 25 karya terbaik sudah dibukukan serta telah mendapat Kata Pengantar dari Menteri Sosial, Khofifah Indar Parawansa, Buku ini menceritakan tentang kehidupan anak KPM dalam merain cita citanya dan menjadi keluarga sejahtera

Sebagai rangkaian dari acara, diadakan pula pengumpulan sedekah dari para peserta melalui Komunitas Bahagia Berbagi (KBB) merupakan komunitas untuk menggugah rasa berbagi ibu-ibu anggota PKH yang ditengah keterbatasan ekonominya tapi masih sanggup untuk berbagi, KBB juga menyerahkan bantuan beasiswa prestasi kepada 38 anak dari KPM PKH. Diharapkan kegiatan ini mampu memberikan kontribusi positif untuk Indonesia sejahtera.

Diadakan pula senam maumere secara bersama di pandu oleh intruktur senam bersama pendamping operator PKH sekabupaten sukoharjo di lanjut dengan pengundian dorprise, dengan hadiah utama Sepeda, mesin cuci, kipas angin dan masih banyak lagi, dan hiburan bersama dengan ibu-ibu Penerima Manfaat, karena mayoritas anggota PKH adalah ibu-ibu, moment peringatan lantas digabungkan dengan Hari Ibu.

 
Full HD

PKH SUKOHARJO BAGIKAN 479 PAKET SEMBAKO SUKOHARJO – Sebanyak 479 paket sembako Komunitas Bahagia Berbagi (KBB) Sukoharjo dibagikan di 12 kecamatan di wilayah Kabupaten Sukoharjo pada awal hingga pertengahan bulan Februari 2018. Dalam penyaluran paket sembako, KBB melibatkan Keluarga Penerima Manfaat (KPM), Pendamping dan Operator Program Keluarga Harapan (PKH) Sukoharjo. Dimana sasaran penerima sembako KBB adalah masyarakat ekonomi menengah ke bawah yang tidak termasuk sebagai KPM PKH Sukoharjo. “Alhamdulillah,” ucap Gunarsih Lidawati, salah satu penerima paket sembako KBB. Ia mengaku senang dan bersyukur dengan adanyanya pembagian paket sembako. Meski tidak banyak, sembako tersebut sangat membantu dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari keluarganya. Terlebih ia adalah seorang janda dengan dua orang anak.

Ani Sularsih, Pendamping PKH Sukoharjo sekaligus Direktur KBB Sukoharjo mengucap syukur alhamdulillah pembagian dan penyaluran paket sembako KBB Peduli Dhuafa berjalan lancar. Ia tidak menyangka bahwa program yang digagas bersama teman-teman pendamping lainnya untuk melatih dan memfasilitasi KPM PKH Sukoharjo agar berbagi kepada sesama yang lebih membutuhkan pada awal April 2017 lalu mendapat tanggapan positif dari berbagai pihak, khususnya KPM PKH Sukoharjo. “Tidak disangka, yang dikumpulkan secara sukarela sedikit demi sedikit pada waktu pertemuan kelompok bisa menjadi banyak dan bermanfaat serta membawa suka cita bagi orang lain yang lebih membutuhkan,” ujar Yayan Hapsari, salah satu KPM PKH Kartasura ketika melihat foto-foto dokumentasi pembagian sembako KBB di berbagai tempat di wilayah Sukoharjo. Ia merasa terenyuh karena ternyata masih banyak keluarga di lingkungan sekitar yang hidupnya tak seberuntung dirinya. Meskipun ia sendiri berada dalam keterbatasan. Selain membagikan sejumlah paket sembako,

KBB yang diresmikan oleh Ibu Etty Wardoyo pada tanggal 23 Desember 2017 lalu ( PKH SUKOHARJO RAYAKAN PERINGATAN HARI IBU dan HKSN ) juga memfasilitasi sejumlah program kegiatan sosial lainnya, diantaranya Beasiswa KBB yang diperuntukkan bagi anak-anak KPM PKH Sukoharjo yang berprestasi, KBB Peduli Bencana Alam, Santunan KBB bagi yang membutuhkan, KBB Peduli Dhuafa dan Yatim. Harapannya, ke depan KBB Sukoharjo semakin maju dan semakin banyak memberikan manfaat terhadap masyarakat sekitar yang lebih membutuhkan.

 

(Nur Fitriana Sholikhah Sdm Pkh Sukoharjo )

 

 

Comments

comments

Category: UMUM

Close