Program Keluarga Harapan Kembangkan Sayap Kerjasama Untuk Kesejahteraan Keluarga Penerima Manfaat

Jakarta (6/1/2017) – “Kementerian Sosial membuka akses kepada seluruh lembaga yang memiliki kesamaan visi untuk mensejahterakan Keluarga Penerima Manfaat (KPM) PKH” terang Direktur Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial, Harry Hikmat saat menjadi pembicara pada pembukaan Rapat Kerja Nasional Usaha Kecil Menengah Industri Kecil Menengah (UKM IKM) di Kantor Kementerian Perindustrian, Senin (6/1).

Keberhasilan Program Keluarga Harapan (PKH) selama ini sudah banyak dilirik oleh lembaga-lembaga sosial, baik dalam negeri maupun luar negeri. Setelah sebelumnya, The German Organisation for International Cooperation (GIZ), Worldbank, Australian Development Bank (ADB) melakukan kerjasama dalam pengembangan dan penguatan PKH, kini “UKM IKM Nusantara” melirik keberhasilan PKH.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Umum UKM IKM Nusantara, Chandra Manggih Rahayu menyampaikan “melihat keberhasilan PKH dalam upaya peningkatan kapasitas KPM PKH, kami juga ingin ambil bagian dalam hal tersebut. Terutama dalam peningkatan kapasitas ekonomi sosial KPM.”



Dihadapan peserta Rakernas UKM IKM, Harry menyampaikan prospek kerjasama yang dapat dilakukan antara Kementerian Sosial bersama UKM IKM Nusantara sangat besar.

Kapasitas dan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) PKH dan KPM PKH dapat ditingkatkan secara berkelanjutan dan berkesinambungan. Selain itu, secara bersama dapat meningkatkan daya saing produk “home industri” KPM PKH, sehingga secara tidak langsung dapat mempersiapkan masa transisi KPM PKH untuk lebih mandiri secara sosial ekonominya melalui ekonomi produktif serta mempersiapkan proses graduasi KPM PKH dengan penguatan sosial ekonomi melalui jejaring UKM IKM Nusantara.

“Kita harus mengembangkan jiwa enterpreuner kepada semua KPM PKH, termasuk pendamping PKH itu sendiri. Sehingga, pendamping PKH tidak hanya menjadi penonton, tapi juga berperan aktif lagi dalam melakukan pendampingan kepada KPM,” tambah Harry.

Untuk merealisasikan prospek kerjasama antara Kementerian Sosial dengan IKM UKM Nusantara, akan segera ditindaklanjuti dengan penandatanganan nota kesepahaman.

“Kami telah membuat draf nota kesepahaman dengan Kementerian Sosial. Dan rencananya akan ditandatangani oleh Menteri Sosial secara langsung pada saat event nasional, ujar Chandra. (KAS/JSK)

 

Comments

comments

Tags: ,

Category: Berita Utama, PKH TERKINI

Close