Rapat Pekerja Sosial Supervisor Program Keluarga Harapan

Oleh | Pada Juni 29, 2018

Peningkatan motivasi, optimalisasi, pembekalan tindak lanjut kinerja sumber daya manusia pelaksana Program Keluarga Harapan pekerja sosial supervisor pagi cerah itu berlangsung cukup serius dalam suasana senyum, santai penuh kekeluargaan mengingat masih nuansa syawal 1439 H. Pelaksanaan kegiatan tersebut difasilitasi oleh Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur Bidang Perlindungan  dan  Jaminan Sosial setelah ada komunikasi, koordinasi dengan koordinator regional Program Keluarga Harapan. Ruangan rapat Gedung A yang digunakan selama kegiatan pelaksanaan.

Pembukaan acara diawali menyanyikan lagu Indonesia Raya, mars dan yel-yel. Kemudian sebagai pembuka sambutan awal diberikan oleh kepala bidang oleh kasi perlindungan dan jaminan sosial.

Peserta undangan dalam rapat koordinasi tersebut ialah pekerja sosial supervisor sejumlah 53 orang dari 38 kabupaten kota di Jawa Timur. Setiap wilayah juga memiliki koordinator wilayah sebagai sarana mengkomunikasikan pelaksanaan kegiatan supervisi dalam Program Keluarga Harapan Kementerian Sosial Republik Indonesia.



Kesempatan yang ceria tersebut memberikan ruang diskusi masing untuk memperkenalkan, merepresentasikan monitoring pelaksanaan pertemuan peningkatan kemampuan keluarga (P2K2), baik itu secara perorangan maupun kelompok memastikan kegiatan setiap bulan keluarga penerima manfaat oleh pendamping diisi oleh modul baik pengasuhan anak, ekonoomi keluarga, kesejahteraan sosial, disabilitas dan lanjut usia. Pembekalan materi setiap bulan dalam pertemuan kelompok diharapkan memberikan pemikiran juga mindset perubahan baik sikap dan perilaku menuju kehidupan keluarga lebih baik sehingga graduasi secara mandiri bisa terlaksana secara alami karena telah memiliki bekal pengetahuan oleh pendamping juga telah dibekali ketrampilan melalui stimulus pembinaan unit kelompok bersama baik Dinas Sosial kota Batu maupun oleh Provinsi Jawa Timur. Bahkan untuk memaksimalkan pelaksanaan pertemuan bulanan Kementerian Sosial melalui Balai Besar Pembinaan dan Pendidikan Kesejahteraan Sosial atau disebut BBPPKS setiap regional mengadakan pelatihan secara komprehensif holistik interatif baik secara dalam jaringan (daring) dan luar jaringan tatap muka (laring) dipandu oleh widyaiswara setempat.

Koordinator regional Anang juga memberikan pengarahan dihadapan undangan 53 pekerja sosial supervisor Program Keluarga Harapan selama kurang lebih 60 menit. Penekanan peranan, koordinasi dengan Dinsos dan sumber daya manusia lain baik pendamping, operator dan koordinator kabupaten kota perlu diperhatikan. Komunikasi dengan Dinas Sosial tempat bertugas menjadi penting karena sebagai pembina di tingkat wilayah masing penempatan. Bahkan pembekalan materi baru berupa pertemuan peningkatan kemampuan keluarga atau familly development session fokus juga telah disampaikan.  Penanganan managemen kasus, pengaduan masalah ‘complain handling’, media dan promosi perlu diasah setiap waktu seperti yang disampaikan masing koordinator wilayah.

Akhir rapat koordinasi tersebut diharapkan setiap pekerja sosial supervisor senantiasa memaksimalkan peran, fungsi guna memaksimalkan komunikasi dengan seluruh sumber daya manusia pelaksana. Komunikasi menjadi bagian penting dalam mensinergikan usulan, perencanaan, inovasi, berjejaring dalam melaksanakan kinerja.

*Pekerja sosial supervisor Program Keluarga Harapan Kota Batu
Moch. Ferry Dwi Cahyono, S. Sos.

Join our list

Masukan Email aktif anda dan dapatkan pemberitahuan lewat email

Selamat Cek email Klik * Konfirmasi Ikuti*

Something went wrong.

Category: PKH TERKINI

Close