SDM PKH harus bisa menjadi problem solve Penyelesai Masalah

“Jadilah seorang problem solver, bukan malah jadi provokator di media sosial!”

Begitulah yang disampaikan Dirjen Perlindungan Jaminan Sosial (Linjamsos) Dr. Ir. Harry Hikmat, M.Si dihadapan peserta Coaching Fasilitator Bimbingan Pemantapan SDM Pelaksana Program Keluarga Harapan Tahun 2018 pada Minggu malam, 18 Maret 2018 di salah satu hotel di Jakarta. Kegiatan ini sendiri diselenggarakan selama 3 hari yaitu dari dari tanggal 18 hingga 20 Maret 2018.




Hal ini diungkapkan Harry Hikmat mengingat begitu banyaknya SDM Pelaksana PKH yang sering tidak bisa menahan diri untuk memposting hal – hal yang menurut mereka tidak sesuai dengan harapan mereka di media sosial baik itu Facebook, Twitter, Instagram atau lainnya. Padahal sebagai bagian dari keluarga besar PKH sudah seharusnya mereka justru menjadi problem solver (Penyelesai Masalah) pada masalah – masalah yang ada di lapangan.

Harry Hikmat juga menekankan bahwa Pendamping PKH harus bisa memposting sesuatu yang positif (Tone Positive), bukan malah menjadi orang yang sering membuat gaduh dengan memposting sesuatu yang negatif (Tone Negative) di media sosial. Mereka harus terus diingatkan dan ditingkatkan integritas dan loyalitas tunggal pada organisasi. Oleh sebab itu dia menegaskan bahwa perilaku di media sosial akan menjadi penilaian kinerja bagi SDM pelaksana PKH. Jika hal ini dilanggar  bukan tidak mungkin akan menimbulkan konsekwensi diberikannya Surat Peringatan dari level 1, 2 bahkan 3.

Dia juga memerintahkan kepada para Peksos Supervisor PKH harus bisa menjadi meningkatkan diri dalam memberikan pelayanan sosial seperti menghadapi permasalahan di lapangan diantaranya monitoring dan meningkatkan kualitas FDS, complain handling (Menangani Pengaduan), case management (Manajemen Kasus), media promotion (Mempromosikan Keberhasilan PKH)

 

Ditambahkan oleh dia, dengan sudah diresmikannya Contact Center PKH, diharapkan segala macam pengaduan bisa diarahkan ke sana. Dia juga menekankan supaya SDM Pelaksana PKH tidak salah jalur dalam penyampaikan keluhan karena memang jalur pengaduan yang disediakan berbeda dengan jalur pengaduan untuk masyarakat. Layanan Call Center untuk SDM Pelaksana PKH berada di jalur 021 – 3144321 atau di pengaduan@pkh.kemsos.go.id, sedangkan layanan Call Center untuk masyarakat umum atau KPM PKH berada di jalur 1500-299. Dia juga mengingatkan bahwa media sosial yang disediakan oleh Kementerian Sosial itu hanya diperuntukkan untuk masyarakat umum, bukan untuk SDM Pelaksana PKH.

Baca Juga Lebih dekat dengan Contact Center PKH

Dalam kesempatan itu, Harry Hikmat juga menyampaikan bahwa Materi Pembuka Wawasan merupakan satu sinyal agar marwah PKH dibangkitkan kembali. Ada kecenderungan bahwa PKH itu dikelola dari Kemensos, untuk Kemensos, oleh Kemensos harus dihilangkan karena dari awal PKH adalah sebuah program yang mendorong sinergi dan integrasi dengan berbagai program yang mendukung untuk pengurangan kemiskinan. Oleh sebab itu unsur – unsur dari Bapennas,Koordinator Kementerian, Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Kementerian Keuangan, Kementerian Kesehatan tidak boleh ditinggalkan. Sementara di daerah,  elemen dari Bapeda, Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan dan Dinas Sosial harus dilibatkan.

Yang tidak kalah pentingnya adalah pelaksanaan FDS harus terus dikawal dan ditingkatkan kualitasnya. SDM Pelaksana PKH harus selalu update dengan kondisi masyarakat yang kekinian. Meskipun dengan peralatan yang seadanya dan terbatas, bukan berarti menyurutkan semangat SDM Pelaksana PKH dalam melaksanakan kegiatan FDS. Menumbuhkan rasa malu pada KPM PKH jika selamanya menjadi penerima manfaat PKH juga harus dilakukan oleh SDM Pelaksana PKH. Oleh sebab itu, dengan kegiatan pemutakhiran data yang dilakukan selama ini diharapkan bisa memberikan informasi yang valid mengenai kondisi KPM PKH sehingga nantinya mereka bisa lebih diberdayakan supaya bisa mandiri dalam menjalani kehidupan bersama keluarganya sehingga tujuan utama PKH yaitu mengurangi kemiskinan di Indonesia bisa tercapai. (GA)

Join our list

Masukan Email aktif anda dan dapatkan pemberitahuan lewat email

Selamat Cek email Klik * Konfirmasi Ikuti*

Something went wrong.

Komentar

Category: PKH TERKINI

Close

Join our list

Masukan Email aktif anda dan dapatkan pemberitahuan lewat email

Selamat Cek email Klik * Konfirmasi Ikuti*

Something went wrong.

No thanks. I don't want.