Secercah Asa Diujung Pena

PKHInspiration (6/11/2017) – Seiring mentari terbit di ufuk timur, kabut masih menyelimuti Kota Tatar Galuh hiruk pikuk mulai terasa. Anak sekolah melangkahkan kaki berjuang meraih impian. Para pekerja pergi mencari segengam rejeki untuk keluarganya.

Hal yang sama pun dilakukan oleh Tina Agustina, Pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) dari Kota Tatar Galuh. Kota yang berada di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, ini Tina melaksanakan tugas. Tugas untuk melakukan  pemutakhiran data kondisi sosial ekonomi tahun 2017 pada KPM PKH Saturasi 2013.




Ditengah menjalankan tugasnya, Tina merasakan hati begitu trenyuh kala menemukan salah satu Keluarga Penerima Manfaat (KPM) PKH dampingannya sedang tergolek sakit.

Tri Astuti (31 tahun) KPM PKH yang tinggal di rumah sederhana di Dusun Cimentek, Desa Sindangasih, Kecamatan Banjarsari terbaring menahan sakit. Dengan penuh kesabaran, Tina menanyakan kondisi keluarga KPM tersebut sembari memperhatikan keadaan Tri yang masih dalam tahap pemulihan usai dirawat inap sebab sakit yang dideritanya. Tri merupakan KPM PKH yang memiliki seorang anak dan tinggal bersama suaminya Komar.

Keadaan kesehatan Tri berserta suaminya bisa dibilang tidak dalam keadaan fit, sehingga mereka menderita gejala tipes dan dirawat beberapa hari di Puskesmas untuk menjalani rawat inap.

Dalam kondisi mereka sakit dan harus banyak istirahat, maka untuk kebutuhan sehari-hari keluarga ini dibantu oleh saudara dan tetangganya. Sungguh suatu perbuatan yang mulia, bahwa dalam ketiadaan mereka masih bisa saling bantu membantu.

Dengan kondisi seperti saat ini Tri memiliki asa untuk bersandar pada ujung pena pendamping yang melaksanakan kegiatan pemutakhiran. Karena dalam setiap goresan pena, akan menentukan nasib mereka.

Dan rasa iba yang tumbuh dalam sanubari Tina setelah melihat kondisi serta keadaan KPM dampingannya  tersebut harus ditekan agar ego iba tidak mengganggu dalam menjalankan  tugas kewajibannya sebagai pendamping PKH.

Hadapi mereka serta ulurkan tangan kita untuk mereka meraih asa. (KAS/JSK)

 

Join our list

Masukan Email aktif anda dan dapatkan pemberitahuan lewat email

Selamat Cek email Klik * Konfirmasi Ikuti*

Something went wrong.

Komentar

Tags: ,

Category: PKH Inspiration

Close

Join our list

Masukan Email aktif anda dan dapatkan pemberitahuan lewat email

Selamat Cek email Klik * Konfirmasi Ikuti*

Something went wrong.

No thanks. I don't want.