TEKNOLOGI PARTISIPATIF DALAM PERTEMUAN P2K2 PROGRAM KELUARGA HARAPAN

| April 27, 2018 | 0 Comments | 2.408 views

TEKNOLOGI PARTISIPATIF DALAM PERTEMUAN PENINGKATAN KEMAMPUAN KELUARGA (P2K2) PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH), Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga dengan nama beken P2K2 merupakan salah satu katalisator dan strategi pemberdayaan dalam Program Keluarga Harapan (PKH). P2K2 memiliki substansi pemberdayaan yang efektif, terukur, terpadu dan sistematis. Mutakhirnya P2K2 dalam bentuk Modul dan Supervisi telah memberikan dukungan teknis dalam pelaksanaan Family Development Session (FDS). Apalagi sebagian besar konsep P2K2 mengadopsi Metode-Metode dalam Ilmu Kesejahteraan Sosial maupun Ilmu Pekerjaan Sosial.

Praktek P2K2 tidak hanya membutuhkan proses-proses dialog yang sifatnya cenderung monoton atau brainstroming yang terkadang terlalu pragmatis namun ternyata P2K2 dapat dikemas dengan unik dan merakyat melalui teknologi partisipatif dalam Community Work. Hal ini dapat kita lihat dari hasil dokumentasi salah satu Pendamping Sosial Program Keluarga Harapan di Desa Sukasari, Kecamatan Serang Baru, Kabupaten Bekasi, Provinsi Jawa Barat pada tanggal 18 April 2018. Berbekal tools serba apa adanya yakni Metode Partisipatif Assessment (MPA) dan  Technology of Partisipatory (ToP) sukses membedah dan menstimulus Keluarga Penerima Manfaat (KPM) untuk memiliki Character Building dan Paradigm Building  untuk keluar dari status “Keluarga Miskin”.


Gambar 1: Pendamping Sosial sedang menyampaikan Materi P2K2 Modul Pengelolaan Keuangan dan Perencanaan Usaha




Doktrinisasi materi-materi PKH dalam bentuk teori dinilai kurang relevan dengan kondisi KPM dewasa ini. Kepiawaian Pendamping Sosial menyampaikan materi dengan efektif akan mempengaruhi bagaimana progresifitas KPM untuk masuk dalam graduasi pasca menerima Program Keluarga Harapan.

Terbukti, sambutan KPM terhadap metode yang terbilang baru ini sangatlah baik. Khususnya KPM yang ada di Desa Sukasari, Kecamatan Serang Baru, Kabupaten Bekasi, Provinsi Jawa Barat begitu antusiasnya dalam mengikuti P2K2 yang pada saat itu Pendamping menyampaikan sesi 1 dengan topik Merencanakan Keuangan Keluarga pada Modul P2K2 Tentan Pengelolaan Keuangan dan Perencanaan Usaha. Partisipasi tersebut dapat dilihat dari keterlibatan aktif KPM dalam mengkalkulasikan pendapatan dan pengeluaran keluarga, menyusun anggaran dalam keluarga, mengidentifikasi kebutuhan vs keinginan serta mengendalikan anggaran.


Gambar 2: KPM dalam mengikuti MPA dan ToP


Substansi dari teknologi ini adalah strategi dalam rangka mengajak KPM untuk tidak mengkultuskan PKH sebagai manifestasi teori-teori bantuan sosial melainkan melalui PKH, Keluarga Penerima Manfaat diharapkan memiliki visi untuk keluar dari sematan “Penikmat Bantuan Semata” dan tidak lagi nyaman dengan kondisi tersebut. KPM juga dikemudian hari dapat menerjemahkan sekaligus mempraktekkan kegiatan pertolongan untuk menolong diri sendiri sebagaimana telah didapatkan melalui teknologi partisipatif.

Gambar 3: Keluarga Penerima Manfaat

Penting kita ketahui bersama bahwa pengentasan kemiskinan melalui Program Keluarga Harapan tidak hanya menitikberatkan pada proses-proses dialogis-teoritik tetapi mengkonversikannya dalam bentuk strategi partisipatif-implementatif. Sehingga pencapaian konsep pemberdayaan dalam program andalan Kementerian Sosial Republik Indonesia ini dapat menjawab tantangan konseptual dan kontekstual dalam rangka pengentasan kemiskinan yang berkelanjutan.

Selamat berjuang rekan-rekan Pendamping Sosial PKH seluruh Indonesia!

Mari Bergerak Bersama untuk Indonesia Hebat, Indonesia Sejahtera!

                                                                        Salam PKH, Salam P2K2,

                                                               Herry Pasrani Mendrofa, S.Tr.Sos. Pendamping Sosial Kecamatan Serang Baru, Kabupaten Bekasi

Join our list

Masukan Email aktif anda dan dapatkan pemberitahuan lewat email

Selamat Cek email Klik * Konfirmasi Ikuti*

Something went wrong.

Komentar

Category: FDS PKH

Close

Join our list

Masukan Email aktif anda dan dapatkan pemberitahuan lewat email

Selamat Cek email Klik * Konfirmasi Ikuti*

Something went wrong.

No thanks. I don't want.

Join our list

Masukan Email aktif anda dan dapatkan pemberitahuan lewat email

Selamat Cek email Klik * Konfirmasi Ikuti*

Something went wrong.

No thanks. I don't want.