Verifikasi Komponen PKH Bukan Sembarang ‘Meter’ Biasa Dalam PKH

Oleh | Pada Februari 3, 2018

VERKOM BUKAN SEMBARANG “METER” BIASA PKH Dalam setiap program yang dilaksanakan tentunya akan mengharapkan sebuah manfaat atau dampak terhadap sasaran penerimanya. Manfaat yang diharapkan tentunya bisa menjadikan penerima manfaat untuk menjadi lebih baik secara pola berfikir,pola hidup, pola asuh keluarga baik secara prilaku  maupun sosial ekonomi.

Untuk mengetahui seberapa signifikan manfaat yang diperoleh oleh Keluarga Penerima Manfaat (KPM) maka dibutuhkan beberapa indicator sebagai alat ukurnya. Salah satu indicator yang menjadikan bansos Program Keluarga Harapan (PKH) berbeda dengan Bansos lainnya yaitu Verifikasi Komitmen (Verkom). Verkom adalah merupakan salah satu kegiatan wajib yang dilaksanakan oleh Pendamping sosial PKH setiap bulannya baik di fasilitas kesehatan maupun di fasilitas pendidikan. Hasil verkom ini tiga bulan sekali akan dilaporkan ke PPKH tingkat kabupaten untuk diteruskan ke PPKH tingkat provinsi. Selain itu juga akan disampaikan ke KPM saat dilaksanakan kegiatan Pertemuan Kelompok sebagai bahan evaluasi komitmen penerima manfaat.

Jum’at, 02 Februari 2018 seluruh pendamping sosial PKH kecamatan Way Jepara melaksanakan Verkom serentak di fasilitas pendidikan (SD/MI,SMP/MTs,SMA/MA/SMK,PONPES) dan fasilitas kesehatan (PUSKESMAS,PUSTU,BINDES,POSYANDU,POLINDES) yang ada diwilayah kecamatan Way Jepara. Menurut Korcam PKH Way Jepara, Aris Ariyanto. “Verkom merupakan kegiatan wajib yang kita laksanakan untuk memastikan KPM mengakses pelayanan di faskes maupun di fasdik.selain itu juga, ini merupakan sebuah komitmen yang harus dijalankan oleh komponen KPM agar mereka bisa menjadi lebih baik dari yang sebelumnya.”pungkas Aris.



Ditempat terpisah Kepala Madrasah MIMU Sumberjo, Cipyanto,S.Pd.I mengatakan “semenjak ada PKH anak-anak lebih rajin dan aktif lagi untuk sekolah khususnya anak PKH, bahkan di Madrasah kami ini ada anak PKH yang mempunyai prestasi bagus di bidang Agama dan Akademik, mudah-mudahan pemerintah terus meningkatkan dan memperhatikan bantuan untuk para generasi penerus kita.” Pungkasnya.

Sebagai informasi tambahan pelaksanaan verkom di kecamatan Way Jepara berjalan lancar sesuai dengan arahan Korkab PKH Lampung Timur dan Korcam Way Jepara. Hal ini juga tidak terlepas dari kerja sama antara seluruh Pendamping Sosial PKH Way Jepara dan pengelola fasdik maupun faskes. (mb)

Oleh : Mustajab  Kab. Lampung Timur Kec. Way Jepara Desa Braja Fajar, jepara dan Sumbeejo

Join our list

Masukan Email aktif anda dan dapatkan pemberitahuan lewat email

Selamat Cek email Klik * Konfirmasi Ikuti*

Something went wrong.

Category: PKH Inspiration

Close