Bahan Materi Pengasuhan dan Pendidikan Anak FDS PKH, P2K2 PKH

Oleh | Pada Desember 3, 2018

Bahan Materi Pengasuhan dan Pendidikan Anak FDS PKH, P2K2 PKH, Modul ini memiliki tujuan untuk meningkatkan pemahaman orangtua tentang pentingnya menerapkan pola asuh yang baik di rumah dan pentingnya pendidikan untuk kesuksesan anak di masa mendatang. Modul ini membahas 4 topik utama yaitu bagaimana menjadi orangtua yang lebih baik, memahami perilaku anak usia dini, memahami cara anak usia dini belajar, dan membantu anak agar sukses di sekolah. Dalam menyampaikan modul ini, diharapkan bahwa penyampaiannya dilakukan secara berurutan dari sesi 1 ke sesi selanjutnya. Berikut merupakan gambaran umum isi setiap sesi.

  • SESI 1: MENJADI ORANGTUA YANG LEBIH BAIK (120 MENIT)

Ada 2 pesan utama yang ingin disampaikan dalam modul ini. Pertama, orangtua merupakan panutan bagi anak. Poin pelajaran yang ingin disampaikan adalah orangtua memiliki pengaruh yang sangat kuat terhadap perilaku anak sehingga diperlukan pemahaman tentang perilaku mendidik serta konsekuensi dari perilaku positif dan negatif dari orangtua. Orangtua perlu menyadari bahwa status miskin bukan berarti tidak bisa memiliki kemampuan mengasuh anak dengan baik. Kedua, pentingnya kerjasama kedua orangtua dalam mengasuh anak. Meskipun ayah dan ibu memiliki peran yang berbeda dalam pengasuhan, namun tanggung jawab ayah dan ibu adalah sama. Peserta akan belajar berbagai macam cara untuk menjadi lebih kompak sebagai orangtua, menghindari konflik di hadapan anak, termasuk secara khusus mendikusikan bagaimana melibatkan ayah agar dapat membantu ibu dalam pengasuhan seharihari.

  • SESI 2: MEMAHAMI PERILAKU ANAK (120 MENIT)

Ada 2 pesan utama yang ingin disampaikan modul ini, yang pertama yaitu meningkatkan perilaku baik dan yang kedua yaitu mengurangi perilaku buruk anak. Dalam meningkatkan perilaku baik anak, orangtua harus dapat mengidentifikasi kelebihan anak, kemudian memahami kekuatan pujian, dan apresiasi atas perilaku baik anak. Sedangkan untuk mengurangi perilaku buruk anak, orangtua harus memahami efek negatif dari menggunakan hukuman fisik. Strategi untuk mengurangi perilaku buruk pada anak dapat diganti dengan menetapkan aturan bersama anak, menjelaskan konsekuensi yang masuk akal kepada anak, memberikan waktu menangkan diri dan mengabaikan perilaku anak yang tidak berbahaya dan ditujukan untuk mencari perhatian.



  • SESI 3: MEMAHAMI CARA ANAK USIA DINI BELAJAR (120 MENIT)

Ada 2 pesan utama yang dalam modul ini, yang pertama yaitu bermain sebagai cara anak belajar dan secara khusus pesan kedua membahas
berbagai kegiatan bermain untuk mengembangkan kemampuan bahasa anak. Orangtua akan mempelajari apa itu permainan dan bagaimana bermain sesuai dengan tahapan usia anak, serta cara menggabungkan permainan ke dalam kegiatan sehari-hari. Secara khusus orangtua akan belajar pentingnya kemampuan bahasa bagi anak dan berbagai jenis permainan untuk menstimulasi perkembangan bahasa anak.

  • SESI 4: MEMBANTU ANAK SUKSES DI SEKOLAH (120 MENIT)

Ada 2 pesan utama yang disampaikan modul ini, yang pertama yaitu pentingnya pendidikan sejak usia dini dan yang kedua cara membantu anak sukses di sekolah. Anak yang ikut dalam program PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) akan memiliki tingkat kesiapan bersekolah di jenjang pendidikan selanjutnya dibandingkan anak yang tidak mengikuti program PAUD, orangtua akan belajar manfaat lainnya dari program PAUD. Orangtua juga akan belajar berbagai cara untuk membantu anak agar sukses di sekolah, membantu anak mengatasi masalah yang mungkin muncul ketika di sekolah, dan diharapkan agar orangtua terdorong untuk menjalin komunikasi


DOWNLOAD BUKU ELEKTRONIK PKH

Panduan "BUKU ELEKTRONIK PKH"



Flipchart Edukasi


Modul Perlindungan Anak


Buku Pintar Perlindugan Anak


 Brosur Edukasi – Pengasuhan Anak


 Video Pendidikan dan pengasuhan anak

Join our list

Masukan Email aktif anda dan dapatkan pemberitahuan lewat email

Selamat Cek email Klik * Konfirmasi Ikuti*

Something went wrong.

Tags:

Category: FDS PKH

Close