BANTUAN SEMBAKO DAN PAKAIAN BAGI PESERTA PKH DI KEC. MELAYA

| Februari 6, 2018 | 0 Comments | 2.490 views

Melaya/5/1/2018–Sebagai bentuk perhatian dan juga tanggungjawab sosial dalam profesionalisme kerja, tentu sebagai seorang Pendamping Sosial PKH tidak hanya berkutat diwilayah-wilayah formalistik semata. Banyak hal yang bisa dilakukan untuk merealisasikan perhatian dan tanggungjawab profesionalisme kerja tersebut.  Apalagi jika Pendamping Sosial PKH diwilayahnya masing-masing memiliki potensi-potensi sumberdaya manusia maupun sumberdaya ekonomi yang dapat dimanfaatkan untuk membantu masyarakat yang membutuhkan.

Bersama alasan tersebut, Pendamping Sosial PKH Kec. Melaya melakukan gerakan inisiatif untuk mencari para donatur-donatur yang perduli terhadap masyarakat yang memang benar-benar membutuhkan atau peserta PKH pada khususnya yang memang benar-benar layak menerima bantuan tersebut. Berkaitan dengan hal itu, adapun bantuan yang  kemudian diperoleh dan diberikan adalah berupa sembilan bahan pokok [sembako] dan pakaian.

Salah satu peserta PKH yang kali ini menjadi penerima bantuan adalah Ni Luh Kasiani yang beralamat di Br. Katulampa, Ds. Manistutu, Kec. Melaya. Ibu Ni Luh Kasiani sebagai salah satu peserta PKH yang pekerjaannya hanya sebagai buruh tani tersebut selain bermasalah dalam perekonomiannya, Ia juga memiliki seorang putra dan putri yang mengalami disabilitas berat. Namun demikian, Ibu Ni Luh Kasiani bukanlah sosok ibu yang lemah, bahkan sebaliknya melalui realita kehidupan keluarganya itu, Ibu Ni Luh Kasiani tampak jelas menunjukkan diri sebagai seorang ibu yang sangat tegar di dalam menghadapi dinamika kehidupannya.



Pendamping Sosial PKH Kec. Melaya Menyerahkan Bantuan Sembako dan Pakaian kepada Ibu Ni Luh Kasiani

Hal ini dapat diperhatikan melalui pernyataannya di sela-sela penyerahan bantuan sembako dan pakaian tersebut, Ibu Ni Luh Kasiani menyampaikan bahwa:

“…saya berusaha ngatur waktu dengan suami saya, kalau saya kerja, maka suami yang ngurus anak di rumah, kalau suami kerja, saya yang ngurus anak di rumah. Walaupun keadaan ekonomi saya seperti ini ditambah saya punya anak yang disabilitas, saya tidak mau menyerah…. Saya mengucapkan banyak terimakasih kepada PKH, apalagi sekarang ditambah dengan bantuan sembako dan pakaian seperti ini….”

Kedatangan Pendamping Sosial PKH Kec. Melaya untuk menyerahkan bantuan sembako dan pakaian ke rumah Ni Luh Kasiani, di sertai juga oleh Kepala Seksi Sosial dan Budaya selaku Ketua PPKH Kec. Melaya, Kepala Desa Manistutu dan Koordinator PPKH Kab. Jembrana (Korkab). Pada kesempatan itu pula, Ketua PPKH Kec. Melaya Bapak Wayan Sukadana sangat mengapresiasi gerakan inisiatif Pendamping Sosial PKH Kec. Melaya yang terus berkreasi untuk membantu masyarakat di Kec. Melaya. Ia pun memberikan penegasan bahwa kegiatan semacam ini harus terus dilakukan dan pihak dari Kec. Melaya siap mendukung sepenuhnya.

Demikian pula apa yang disampaikan oleh Kepala Desa Manistutu Putu Suamba, bahwa:

“…saya selaku Kepala Desa Manistutu mengucapkan banyak terimakasih atas perhatian Pendamping Sosial PKH Kec. Melaya atas bantuan yang diberikan kepada warga saya, semoga Pendamping Sosial PKH Kec. Melaya diberikan umur panjang, sihingga semakin banyak masyarakat yang memang benar-benar membutuhkan dapat dibantu….”.

Di akhir acara penyerahan sembako dan pakaian, Pendamping Sosial PKH Kec. Melaya berpesan kepada Ibu Ni Luh Kasiani agar benar-benar memahami dan memaknai hakikat dari bantuan sembako dan pakaian tersebut. Melalui bantuan-bantuan yang diberikan semacam ini, jangan sampai menjadikan diri kita menjadi lemah dan selalu berharap untuk dibantu atau melalui bantuan semacam ini jangan sekalai-kali berpikir untuk terus bergantung pada harapan menerima bantuan. Berdoa dan berusaha harus tetap menjadi prioritas dalam hidup. Demikian pula Pendamping Sosial Kec. Melaya berharap dukungan dari Ketua PPKH Kec. Melaya, Kepala Desa Manistutu dan juga Korkab, karena bantuan semacam ini akan tetap dilanjutkan kepada peserta PKH lainnya.

***by. I PUTU HERI DIANANDIKA [KEC. MELAYA, KAB. JEMBRANA, PROV. BALI]

Comments

comments

Tags: , ,

Category: PKH Inspiration

Close