Bimbingan Pemantapan SDM Pelaksana PKH Tahun 2018 di Hotel Lor In Surakarta

Oleh | Pada April 3, 2018

Pendamping PKH se Karesidenan Surakarta Mengikuti Bimbingan Pemantapan SDM Pelaksana PKH Tahun 2018 di Hotel Lor In Surakarta,  Sabtu, 31 Maret 2018 Kementrian Sosial PKH mengadakan Bimbingan Pemantapan SDM Pelaksana PKH Tahun 2018 bagi Pendamping Sosial. Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh pendamping sosial se Karisidenan Surakarta yang berjumlah 297 orang, terdiri dari peserta Kabupaten Klaten sebanyak 67, Kabupaten Boyolali 58 orang, Kabupaten Karanganyar 46 orang, Kota Salatiga terdiri 1 orang, Kabupaten Sukoharjo 36 orang, Kabupaten Wonogiri 29 orang, Kota Surakarta 9 Orang, dan Kabupaten Sragen 51 Orang.

Acara ini dibuka langsung oleh Bapak Idrus Marham selaku Mentri Sosial RI. Beliau sangat senang dengan rangkaian kegiatan ini, dengan harapan agar semua pendamping sosial PKH dapat belajar dan mengupgrade keilmuannya. Bapak Idrus berpesan agar seluruh pendamping selalu semangat menjalankan tugas sebagai pendamping, karena pendamping merupakan garda terdepan dan menjadi tolak ukur keberhasilan program dalam pengentasan kemiskinan. Pendamping Sosial PKH harus dapat memberikan semangat dan optimisme hidup bagi seluruh KPM dampingan masing-masing. Seperti dalam Yel-Yel Indonesia yang menegasakan bahwa kita sebagai orang Indonesia harus memiliki jati diri sebagai bangsa Indonesia, visi misi mewujudkan tujuan program PKH, dan etos kerja untuk mendukung program pemerintah.



Selain itu Bapak Harry Hikmat selaku Dirjen Linjamsos juga memberikan banyak arahan dan motivasi bagi pendamping agar selalu mensuksekan bisnis proses PKH, dan meminta agar pendamping menjadi agen dalam upaya mengantisipasi berita hoax yang ada di masyarakat.

Acara ini dimeriahkan penampilan sendra tari dari anak-anak peserta PKH wilayah Surakarta, dan hiburan musik kentongan dari anak-anak peserta penerima manfaat wilayah Banyudono Boyolali, sekaligus sebagai penanda acara dimulai.

Selama mengikuti Bimbingan Pemantapan, peserta merasa senang dan mendapat banyak ilmu diantaranya:

  1. Tentang pengetahuan dan kebijakan PKH
  2. Mekanisme Pelaksanaan PKH, Pertemuan awal
  3. Validasi Calon Peserta PKH
  4. Penyaluran bantuan Sosial PKH, Verifikasi komitmen 2018
  5. Administrasi Database dan Pengenalan Basis Data
  6. Aplikasi dan analisis data PKH, Pemutahiran data
  7. Monitoring dan Evaluasi PKH 2018
  8. Sistem Pengaduan Masyarakat.

Hal menarik dalam pelaksanaan bimtap ini panitia menggurangi penggunaan kertas, sehingga HP menjadi salah satu media untuk belajar. Dengan demikian semua serba praktis, instan, dan tak perlu kertas, dan tak butuh alat tulis untuk mengerjakan pre test dam post test.

Pengalaman bimtap ini sangat berharga bagi pendamping, sehingga kami dapat memahami bisnis proses PKH. Tentu acara ini tidak dapat berlangsung dengan baik tanpa suport Tenaga Ahli (Trainer) yang membawakan materi dengan baik pula, serta dibantu oleh fasilitator yang terdiri dari para Koordinator Kabupaten/Kota. Setelah pelatihan, nilai hasil post test yang kami kerjakan mengalami peningkatan cukup tinggi. Tentu ini menjadi awal baik, sehingga kedepan dapat kami praktekkan di wilayah dampingan masing-masing dalam upaya pendampingan Keluarga Penerima Manfaat.

Selain itu, acara bimtap ini menumbuhkan rasa persaudaraan antar pendamping sosial PKH se Karisidenan Surakarta, sehingga kami bisa saling mengenal, berbagi info, bertukar pikiran untuk PKH yang lebih baik kedepan.

 

Salam dari PKH Klaten Monika Kristin

Join our list

Masukan Email aktif anda dan dapatkan pemberitahuan lewat email

Selamat Cek email Klik * Konfirmasi Ikuti*

Something went wrong.

Category: PKH 2018

Close