Enggan Miskin Kembali, KPM PKH Graduasi Mandiri

| September 27, 2018 | 0 Comments | Dibaca 806 kali

Sri Hartuti, S.Pd (48) memilih untuk keluar dari Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) yang digagas Kementrian Sosial (Kemensos) RI. Warga Dusun Gonjong, Desa Kawo, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah itu merasa sudah mandiri dan secara sukarela mengundurkan diri dari kepesertaannya dalam program PKH.

“Sebenarnya sejak tahun lalu saya sudah ikhlas apabila tidak dapat bantuan lagi pak, cukup lah alhamdulillah penghasilan saya saat ini. itung itung gantian saja dapat bantuannya dengan ibu-ibu lain” kata ibu 2 anak ini.

Nur tercatat sebagai anggota KPM di wilayahnya sejak 2011. Selama itu nominal bantuan yang didapat berubah ubah sesuai dengan kebijakan dari Kementrian Sosial. dan sejak 2017 sampai saat ini Sri mendapat bantuan dana Rp. 1.890.000 per tahun Sebenarnya sejak tahun 2010 sri sudah mendapat sertifikasi guru dari Madrasah Aliyah NW Kawo tetapi pada saat itu penghasilannya dirasa belum cukup. Dan sejak tahun lalu ibu Sri membuka usaha kecil kecilan dirumahnya dan juga menerima pesanan kue-kue kering saat lebaran atau acara acara lain. Usaha ini cukup banyak membantu menambah pendapatan ibu Sri dan itulah yang menyebabkan ia rela melepas kepesertaannya di PKH.




Keberhasilan graduasi mandiri ini juga tak lepas dari kinerja pendamping PKH yang selalu memberikan motivasi dan pemahaman agar KPM mempunyai mental ‘kaya’ agar bisa maju. Pendamping Desa Kawo yaitu Arpinasari Kumawa Dewi, S.Pd menuturkan

“memang sudah tugas kita untuk selalu mengingatkan KPM agar mengundurkan diri sebagai penerima apabila sudah dirasa cukup mampu” tutur ibu yang sudah menjadi pendamping sejak 2011 ini.

Hal ini juga dibantu dengan adanya kegiatan Family Development Session (FDS) atau Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga (P2K2) yang diadakan setiap bulannya. Didalam kegiatan FDS ini KPM banyak modul yang dibahas salah satunya adalah modul ekonomi “pengelolaan keuangan dan perencanaan usaha”, sehingga setelah kegiatan ini diharapkan KPM dapat mengelola bantuan yang diberikan dan juga bisa merencanakan untuk berwirausaha.

Join our list

Masukan Email aktif anda dan dapatkan pemberitahuan lewat email

Selamat Cek email Klik * Konfirmasi Ikuti*

Something went wrong.

Komentar

Tags: , , ,

Category: PKH Inspiration

Close