Ini Ceritaku Sebagai Pendamping PKH, ini PKH ku, ini KPM ku Luar Biasa

| Oktober 13, 2017 | 0 Comments | 36.708 views

Ini Ceritaku Sebagai Pendamping PKH, ini PKH ku, ini KPM ku Luar Biasa Pertama Kali dalam benakku ketika ditanya Apa yang kamu dapat di PKH?? Jawabku  “TAMBAHAN RASA SYUKUR” Kenapa?? Kog dapat tambahan Rasa Syukur?

Pertama  Beryukur Karna menambah saudara.Ibu- Ibu KPM desa kepyar sangat Wellcome kepada Pendamping. bahagia ketika di telphon Ketua Kelompok “ Mbak Astria Jangan Lupa besok Pertemuan Kelompok..bla..bla..bla… Ternyata mereka tak pernah melupakan Pertemuan Kelompok,mereka antusias, kita bertukar pengalaman.Mereka merindukan Aku ( Ups GR) Lebih tepatnya mereka Merindukan Saat-saat kita berbagi bercanda tawa dinpertemuan kelompok, Satu kata dari mereka “ Mbak..sekarang pertemuannya enak ya..diajari senam Lansia, Senam anti Stroke habis itu belajar Mengasuh anak, belajar tentang Ekonomi keluarga dan masih banyak lagi.( Foto no. 1)



 Kedua , Bersyukur Karna Desa Kepyar Itu Eksotik (entah apa sebenarnya makna eksotik) Intinya Kepyar Punya keindahan Alam yang patut di Banggakan, di nikmati dan Viralkan! Okee.. flashback ke beberapa bulan yang lalu saat pembagian Wilayah Jujur aku ngedumell aku perempuan dan ditempatkan di Desa yang lumayan dikenal sebagai Desa Terjauh dari Pusat pemerintahan ( baca: Kecamatan). Jalannya Terjal Naik Gunung, Oh Ya Gunung Cumbri yang Viral itu ada di Desa dampinganku . Beberapa kali aku ke wilayah Kepyar secara tidak sengaja saat pertemuan kelompok kita deket dengan “air terjun Sanginan” Akupun penasaran karna Ibu – ibu berceloteh tentang Indahnya Air Terjun Sanginan. Akhirnya aku cuzz (baca:berangkat) kesana. Subhanallahh…. Setealh melewati perkebuanan milik warga Mata langsung bening karna melihat kebeningan Air Terjun Sanginan ini. Air Terjun ini bisa dibilang masih perawan, asri, belum banyak terjamah manusia. Ooohh Ya Rabb.. Indah Nian Ciptaan MU. ( Foto No.2 ).

Belum cukup sampai disitu, ada keindahan lain dari Kepyar, ketika Perasaanku, hatiku, pikiranku lelah dengan semua aktifitasku, Disebuah Batu Raksasalah aku menumpahkan uneg-unegku ( Curhat kok sama Batu ). Entahlah apa alasannya Tapi Berteriak diatas batu besar sambil memejamkan mata itu membuat perasaanku Lega ( Ciee.. kayak di film-film). Warga Kepyar menamainya dengan sebutan “Watu Lumbung” . Lagi lagi Ibu –ibu KPM yang pertama kali menujukkan pasaku keindahan watu lumbung ini. (Foto No. 3 )

 

Satu lagi Keindahan Alam di Desa Kepyar, tapi belum banyak yang bisa kuceritakan karna aku belum sempat Heking kesana, Namanya Gunung Cumbri, Konon melihat Cumbri itu pengalaman yang luar biasa. Sampe disini ceritaku tentang Cumbri karna memang belum pernah kesana.

Ketiga, Bersyukur karena diberi kesempatan belajar menambah kelihaian bermotor naik turun Gunung.Jadi wonder woman lah istilah kerennya. Terkadang kalau ragu atau jalan tidak bisa dilalui kendaraan jalan satu-satunya adalah jalan kaki. Bersyukur karena kaki dilatih berjalan jauh bisa semakin sehat dan membakar kalori pastinya.oh ya pengalaman indah lainnya, pernah Tergelincir dijalalan yang licin waktu berangkat pertemuan kelompok, itu pelajaran berharga juga ya, agar lebih hati-hati melewati jalanan terjal.

Keempat, Pengalaman Tidur di Hotel…(Maklum wong Ndeso). Menginap pertama kali di hotel itu waktu Bimtek Pendamping dan Operator di Sunan Hotel, Kedua Bimbingan Pemantapan Di Lor In. Banyak pengalaman berharga juga sebenarnya, setelah pulang dari Bimtap banyak cerita yang kita ceritakan kepada seluruh anggota keluarga, mulai mandi air anget, sampe tidur nyenyak dikasur empuk dikamar ber AC. Terlepas banyak Ilmu juga dari para pemateri, waktu aku juga dipercaya Panitia untuk menjadi “pembawa Acara di Pembukaan dan Penutupan Bimtap” yang pastinya juga menambah kepercayaan diri saya sebagai seorang MC. (foto No.4)

Kelima, Pengalaman terindahnya sebagai pendamping adalah belajar Psykologi, belajar mengenal manusia dari berbagai macam karakter, berbagai macam kepribadian, KPM yang terkadang bawel, Miss Komunikasi dengan Perangkat Desa, sampe masalah masalah kecil dengan sesame Pendamping atau Operator. Semua harus disyukuri karena semua itu adalah proses untuk kita sebagai manusia yang lebih baik.

Sebagai Pendamping yang kekinian dia harus mengetahui keadaan mendetail tentang KPM nya demi tercapainya kesejahteraan KPM dan suksesnya Program PKH. Semoga dengan Pengalaman pengalaman berharga diatas bisa membuat saya lebih matang, lebih baik dari hari sebelumnya. Amien.. Pendamping PKH Luarrrrr Biasaaaaa……

 

Dikirim oleh Pendamping PKH Astria Vitriani, S.Pd.I, Desa Kepyar Kec. Purwantoro, WONOGIRI

 

Join our list

Masukan Email aktif anda dan dapatkan pemberitahuan lewat email

Selamat Cek email Klik * Konfirmasi Ikuti*

Something went wrong.

Komentar

Category: PKH Inspiration

Close

Join our list

Masukan Email aktif anda dan dapatkan pemberitahuan lewat email

Selamat Cek email Klik * Konfirmasi Ikuti*

Something went wrong.

No thanks. I don't want.

Join our list

Masukan Email aktif anda dan dapatkan pemberitahuan lewat email

Selamat Cek email Klik * Konfirmasi Ikuti*

Something went wrong.

No thanks. I don't want.