Jalan Panjang  Kehidupan Sosial SDM PKH Wonosobo

Jakarta (8/11/2017) – Kabupaten Wonosobo merupakan salah satu Kabupaten yang berada di Provinsi Jawa Tengah. Kabupaten yang telah melaksanakan Program Keluarga Harapan (PKH) sejak tahun 2015.

Perluasan PKH tahun 2018 mendatang, telah semakin siap. Hal ini dapat dilihat Sumber Daya Manusia (SDM) PKH di Kabupaten Wonosobo secara bersama mempersiapkan kegiatan validasi calon Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Walaupun kondisi geografis untuk menuju rumah Calon KPM penuh dengan rintangan, mereka (pendamping PKH.red) dengan sigap penuh rasa tanggung jawab melaksanakan kegiatan validasi tersebut.



Selain tugas utama yang diemban mereka, mereka juga melakukan advokasi kepada masyarakat miskin yang ada di Kabupaten Wonosobo. Salah satunya dengan melakukan mediasi kepada pihak SDN 1 Dempel, Wonosobo, untuk dapat menerima anak putus sekolah bukan penerima PKH.

Serta mengunjungi masyarakat miskin bukan peserta PKH yang sudah lansia dan masih beraktifitas bekerja dengan menjadi buruh ternak yang bertempat tinggal di Kecamatan Kalibawang, Wonosobo. Penghasilan yang diterima keluarga lansia tersbut sebesar 20 ribu per hari untuk mencari pakan ternak dan bagi hasil usaha hewan ternak sebesar 500 ribu per tahun.

Dengan kondisi masyarakat yang kekurangan tersebut, SDM PKH mencoba mengusulkan keluarga lansia tersebut untuk menjadi peserta PKH dengan cara mengusulkan kepada Dinas Sosial Kabupaten Wonosobo.

“Menurunkan Ego Merangkul Sesama, Kebahagian Bathin Yang Hakiki.” (KAS/JSK)   

Comments

comments

Tags: ,

Category: PKH Inspiration

Tinggalkan Balasan

Close